Tips memanggil Salon Mobil Panggilan

Pecinta otomotif mungkin sering mengeluhkan cat mobil yang sudah kusam, interior pada jok/ plafon/ karpet kotor, atau bagian mesin sangat kotor... Pecinta otomotif bisa membersihkan atau membenahi eksterior/ interior/ mesin yang kotor tersebut di salon mobil atau Autodetailing.
Salon mobil biasanya memiliki alat yang lengkap untuk mengangkat kotoran bahkan sampai di dalam busa jok mobil atau mengangkat permukaan cat yang sudah kusam.
Tarif Salon Mobil Bervariasi
Tarif untuk membersihkan satu bagian misalnya bagian cat luar mobil bervariasi tergantung dari harga rata-rata di kota tersebut dan juga jenis mobil yang dibersihkan.
Misalnya mobil jenis city car (mobil kecil) seperti Honda Brio atau Mitsubishi Mirage biasanya paling murah, lalu mobil dengan dimensi lebih besar dari city car seperti avanza/ ertiga/ mobilio lebih mahal, lalu untuk mobil-mobil MPV atau SUV seperti fortuner/ innova biasanya lebih mahal dari kelas avanza/ ertiga. Yang paling mahal adalah mobil-mobil yang masuk kategori mewah misalnya BMW/ Mercedes/ dll yang masih belum ada 10 tahun.
Selain jenis mobil harga salon mobil juga tergantung harga pasaran di kota masing-masing, misalnya untuk kota Jakarta harga sekali bersihkan cat kusam mobil city car mencapai 1 juta rupiah akan tetapi di Kota Malang hanya 300 ribu rupiah. Harga juga dipengaruhi oleh patokan yang diterapkan masing-masing salon, misalnya untuk salon A dan B dalam satu kota bisa berbeda
Yang terakhir harga salon mobil juga dipengaruhi oleh spesifikasi kualitas yang ditawarkan, ada salon mobil yang memang memakai alat yang bagus dan cairan pembersih berkualitas sehingga harganya bisa berlipat-lipat, misalnya jika salon biasa 200 ribu maka salon yang berkualitas bisa sampai 350 ribu.
Kendala waktu ke Salon Mobil
Saat membawa mobil ke salon mobil biasanya salon mobil membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk membersihkan mobil (tergantung juga ada yang 2 jam, bisa sampai 7 jam), selain waktu pengerjaan kita juga terkendala waktu perjalanan menuju tempat salon mobil tersebut.
Nah alternatifnya yang tidak ingin mengorbankan waktunya yakni dengan memanfaatkan jasa salon mobil panggilan, yakni dengan memanggil jasa salon mobil untuk membersihkan di tempat kita... dengan cara ini paling tidak kita bisa lebih hemat waktu dan tenaga
Manfaatkan Salon Mobil Panggilan
Tinggal telepon, janjian waktunya, alamat lengkap...saat waktunya tiba maka salon mobil panggilan akan mengerjakannya di rumah kita. Pesan jasa salon mobil panggilan biasanya dilakukan 2 hari sebelum penyalonan mobil dilakukan (jangan terlalu mendadak), kalau mungkin pesan seminggu sebelumnya.
Pengerjaan bisa membersihkan eksterior (cat), interior (dalam kabin, jok, karpet, dashboard, door trim, plafon, dll), mesin (bagian masin yang kotor oleh oli dan debu). Tak hanya autodetailing karena jasa salon mobil panggilan ini juga bisa membenahi plafon mobil yang rusak/ door tim yang terkelupas, dll (informasikan terlebih dahulu)
Yang dibutuhkan salon mobil panggilan
Lantas biasanya apa yang harus kita siapkan untuk pengerjaan? biasanya salon mobil panggilan akan meminta:
1. Mobil dalam kondisi bersih sebelum mereka datang (ini bisa tergantung kesepakatan, tapi kebanyakan salon panggilan beranggapan mobil sudah di cuci)
2. Tempat pengerjaan yang terhindar dari panas matahari langsung, misalnya garasi atau tempat tertutup lain
3. Listrik dengan daya 100 watt (untuk alat kompon/ poles/ vacum)
Jasa salon mobil panggilan ini terakhir-terakhir banyak konsumen yang komplain karena menurunnya kualitas pengerjaan, hal ini didorong oleh banyak bermunculannya jasa salon mobil panggilan pribadi-pribadi dengan ketersediaan alat masih terbatas, selain itu lemahnya pengawasan pekerja saat berada di luar bengkel membuat pengerjaan tidak sebagus di bengkel, ujar salah satu bengkel autodetailing di Jakarta.
Sebaiknya pilih jasa salon mobil panggilan yang sudah dipercaya atau dari rekomendasi teman yang pernah memakai, jangan hanya liat murahnya saja

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini