Mengatasi Kunci Mobil/ Motor Seret, sulit dibuka

Makin tambah usia mobil dan pemakaian membuat kunci mobil menjadi seret, hal ini bisa dikarenakan adanya karat di dalam rumah atau lubang kunci atau adanya kotoran/ kerak pada lubang kunci. Udara lembab dan terlalu lama tidak dipakai adalah penyebab utama lubang kunci berkarat, sedangkan sebagian lubang ada bagian yang terbuat dari karet yang mana akan getas seiring waktu dan kotor.
Menurut teknisi Indomobil, cara mengatasi kunci mobil yang seret yakni dengan melumasi lubang memakai pembersih karat, akan lebih baik lagi jika setelah memakai pembersih karat lalu disemprot lagi dengan silicone spray agar anak kunci mudah masuk ke lubang kunci. Kunci-kunci mobil ada banyak misalnya kunci pintu, kunci kontak sampai kunci bagasi.
Berikut caranya:
1. Semprotkan pembersih karat pada lubang kunci
2. Masukkan kunci ke lubang kunci dan putar-putarlah secara berulang-ulang
3. Cabut anak kunci lalu semprot kembali lubang kunci, dan putar-putarlah anak kunci sama seperti no 2. Lakukan sampai putaran terasa ringan/ tidak seret
4. Setelah tidak seret lalu semprotkan silicone spray ke dalam lubang kunci
Cara ini bisa diaplikasikan juga pada kunci motor yang seret dibuka, biasanya pada jok untuk membuka jok dan mengisi bensin...kebanyakan motor lama seret karena menumpuknya kotoran dan karat. Lakukan cara diatas
Jika masih sulit dengan cara diatas, berarti memang ada kerusakan dan harus ke tukang kunci untuk membetulkannya :-) gimana guys, apakah bermanfaat tips ini?

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini