Macam Penggerak Mobil 4WD, FF, RR, FR

Setiap mobil didesain dengan posisi mesin dan sistem penggerak masing-masing, ada mobil yang memakai penggerak roda depan saja, ada yang memakai penggerak roda belakang dan juga ada yang memakai sistem penggerak 4 roda (semua roda mendapat tenaga dari mesin). Tujannya pun berbeda dimana mobil dengan penggerak 4 roda akan lebih baik di jalan offroad sedangkan modil dengan penggerak roda depan saja justru lebih baik di jalanan aspal dengan karakter tertentu.
Nah dibawah ini www.mobilku.org mengulas berbagai macam penggerak pada mobil dan kelebihannya serta posisi mesin:
1. FF (Front Engine Front Drive)
Sistem penggerak ini memakai roda depan sebagai penggerak mobil dengan posisi mesin juga di bagian depan mobil, mobil-mobil yang memakai model seperti ini antara lain Hondaj Jazz, Honda Brio, Toyota Agya, Yaris, dll.
Mobil dengan mesin di depan dan penggerak roda depan ini banyak dipakai pada mobil ringan di habitat perkotaan seperti sedan dan city car. Keunggulannya akselerasi mobil bisa lebih cepat di jalan yang halus dan juga beban mobil tidak terlalu berat karena tidak memakai gardan
2. FR (Front Engine Rear Drive)
Sistem penggerak memakai roda belakang akan tetapi mesin berada didepan, untuk menghubungkan roda belakang dan mesin memakai gardan. Model seperti ini banyak dipakai untuk mobil-mobil bertipe MPV, SUV dan beberapa truck memakai penggerak dan mesin seperti ini.
Penggerak roda belakang memiliki kelebihan lebih kuat dalam mendorong terutama jika melewati jalanan yang menanjak, tipe penggerak seperti ini juga lebih kuat di jalan offroad dibanding penggerak roda depan seperti tipe FF.
Kelemahannya untuk jalan-jalan ringan kurang efektif dipakai karena membawa bobot gardan yang tidak perlu, akan tetapi untuk jalanan yang lebih ekstrim oke memakai mobil penggerak belakang ini
3. RR (Rear Engine Rear Drive)
Posisi mesin di belakang sedangkan penggerak juga memakai roda belakang, dulu mesin dan penggerak tipe RR ini sangat populer karena dipakai oleh VW kodok jadul (ingat kan). Saat ini model RR juga masih banyak dipakai terutama untuk mobil bus
4. AWD atau 4WD (All Whell Drive atau 4 Whell Drive)
All Whell Drive adalah memakai penggerak semua roda atau 4 roda (depan dan belakang), semua roda dapat memutar mobil atau mendapat aliran tenaga dari mesin dengan prosentase tenaga tentunya berbeda-beda tergantung mobilnya (ada yang 50 - 50 depan belakang, 20 - 80, 30 70, dll).
Tipe 4WD ini biasanya banyak dipakai untuk mobil-mobil SUV kelas atas, mobil-mobil SUV 4WD ini banyak dipakai oleh pemiliknya untuk alat transportasi ke perkebunan (sawit, karet, kopi, dll) sedangkan banyak juga yang membeli mobil 4WD hanya untuk hoby seperti offroad atau hanya untuk perjalanan ke tempat-tempat ekstrim seperti pegunungan dan hutan-hutan (hunting)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini