Ini Spesifikasi Renault Kwid, Eksterior, Interior, Mesin dan Harga

Renault Kwid adalah mobil Crossover berkelas eropa akan tetapi harga bersahabat, mobil ini memadukan antara kepraktisan City Car dengan kemampuan SUV sehingga menghasilkan mobil berjenis Crossover atau juga disebut Micro SUV.
Kwid selama ini menjadi mobil yang sangat laris di India (negeri kelahiran Kwid), diproduksi oleh pabrikan eropa yang membuka fasilitas produksi di asia untuk menyesuaikan dengan selera pasar Asia.
Renault Kwid membawa kualitas dari renault akan tetapi juga memenuhi espektasi sebagai mobil orang asia dengan dimensi yang kecil, karakter mobil tangguh dan lincah, sedangkan yang tak kalah penting adalah harga mobil sangat terjangkau oleh masyarakat Asia dengan daya beli tidak terlalu tinggi.
Harga Renault Kwid di negara tempat produksinya (India) hanya dibawah 100 juta rupiah. Harga mobil yang murah dan minat yang tinggi atas mobil multifungsi inilah yang membuat Renault bertekad membawa mobil ini sebagai salah satu line up renault di Indonesia.
Trend masyarakat Indonesia yang mulai menyukai mobil berkarakter SUV (crossover) dengan dimensi tidak terlalu besar untuk menembus perkotaan, sedangkan mesinnya juga cukup tangguh untuk melibas track pedesaan yang ditunjang dengan desain ergonomis untuk melewati jalan offroad ringan.
Rencananya Renault Kwid bakal masuk Indonesia pada 3 bulan terakhir tahun ini (Oktober sampai Desember) Renault Kwid sudah bisa dibeli. Sedangkan launchingnya kemungkinan besar dilakukan di GIIAS 2016 yang berlangsung mulai 2 Agustus sampai 11 Agustus 2016 di Jakarta.
Mengenai harganya sampai artikel ini ditulis masih belum ada pemberitahuan resmi dari Renault Indonesia (masih dihitung), sementara banyak yang memperkirakan harga Renault Kwid ini sekitar 150 jutaan (harga sudah di update yakni dijual seharga 117 juta, baca di akhir artikel)... termasuk murah untuk mobil sekelas Crossover asal Eropa.
Spesifikasi Renault Kwid
Renault Kwid memakai mesin berkapasitas 1000 cc dengan kemampuan mengeluarkan power sampai 67 Hp sedangkan Torsi maksimum Kwid ini mendekati 100 Nm. Secara hitung-hitungan kemampuan mesin tidak berbeda signifikan dengan Agya/ Ayla...akan tetapi Nuansa Crossover pada mobil ini yang membedakannya, desain mobil juga sangat berpengaruh terhadap kemampuannya Ground clearance Renault Kwid setinggi 180 mm ini hampir setara dengan mobil-mobil SUV, yang cukup untuk menaklukkan jalan offroad ringan (light offroad) seperti jalan tanah, berbatu kecil, berpasir, basah, naik turun, bergelombang, lain-lain.
Dimensi Eksterior Renault Kwid
Panjang: 3679 mm
Lebar: 1579 mm
Tinggi: 1478 mm
Ground Clearance: 180 mm
Jarak sumbu roda: 2422 mm
Berat kosong: 669 Kg
tangki bahan bakar: 28 liter
kapasitas penumpang: 4 orang ideal, 5 orang maksimal
Spesifikasi Mesin Renault Kwid
Bahan bakar: Bensin
Kapasitas mesin: 1000 cc
Teknologi mesin: DOHC dan SCe (Smart Control Efficiency)
Jumlah silinder: 4 buah
Jumlah katup: 16 katup
Tenaga maksimum : 65 sampai 67 Hp
Torsi maksimum: hampir 100 nm
Sitem transmisi: manual 5 kecepatan
Konsumsi BBM: 1:20 atau lebih irit, di India tercatat 1:23 untuk jalan bebas hambatan
Nah dari pesifikasi mesin terlihat bahwa mobil ini memakai mesin dengan jumlah silinder 4, jadi berbeda dengan kebanyakans mobil 1000 cc di Indonesia yang hanya memakai 3 silinder saja (lebih stabil yang 4 silinder).
Fitur Renault Kwid
- Digital Instrument Cluster
- AC
- Power Window
- Monitor layar sentuh dengan koneksi bluetooth, AUX dan USB cable
- Spion elektrik
- Dual SRS Airbags (untuk varian tertinggi)
Kelebihan dan Kekurangan Renault Kwid
Kelebihan
Kelebihan mobil ini paling menyolok adalah diproduksi oleh pabrikan eropa yang sangat menjaga kualitasnya: keselamatan dan kenyamanan.
Mobil ini meskipun bermesin kecil akan tetapi memiliki karakter SUV sehingga akan bersaing dengan mobil dengan kelas yang berbeda misalnya Toyota Rush, Honda BRV atau bahkan prediksi kami Renault Kwid juga bisa mengambil pasar dari honda HR-V dengan harga yang jauh lebih mahal. Mengapa? karena kualitas dan fitur yang dibawanya memang bisa bersaing
Kelemahan
sementara kelemahan mobil ini ada pada jaringan aftersales yang masih terbatas, www.mobilku.org belum mengetahui kebijakan selanjutnya apakah renault akan menambah gerai/ dealer/ bengkel renault. Akan tetapi jika ingin sukses seharusnya renault juga membuat jaringan yang kuat terutama di pelayanan service dan suku cadang mengingat saat ini masih dirasa kurang merata.
Renault milik Nissan
Akan tetapi mungkin kelemahan tersebut akan diatasi dengan ikut campurnya Nissan pada sistem pemasaran mobil ini mengingat Renault sebenarnya sudah diakuisisi oleh Nissan. Bisa jadi dealernya jadi satu dengan dealer Nissan seperti jaringan pemasaran Datsun Go + yang mendompleng di Dealer Nissan karena Datsun juga pabrik milik Nissan.
Apakah Renault Kwid ini juga akan mendompleng dealer Nissan seperti halnya Datsun? jika iya maka ini akan jadi persaingan mobil yang sangat pantas (seru) antara Toyota, Honda, Nissan+Datsun+Renault dan Suzuki
Kita tunggu saja pelaksanaan GIIAS, setelah itu www.mobilku.org akan mengupdate harga dan hal-hal lain yang perlu dipupdate.

Update terbaru:
Harga Renault Kwid On The Road adalah 117,7 Juta Rupiah
Dealer: Dealer Renault
Nah pecinta mobilku.org bisa memboyong mobil murah nan tangguh ini dengan harga yang sangat bersaing kan, hanya 117 jutaan mungkin untuk kota lain berbeda ya karena ada biaya pengiriman, ya berbeda 5-7 juta
Pecinta mobilku.org juga tak perlu khawatir karena sebagai mobil eropa mereka biasanya sangat bertanggungjawab dengan produk yang dijualnya termasuk ketersediaan sparepart dan service, terlebih saat ini renault sudah dimiliki oleh nissan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini