Cara Menanjak dengan Mobil Matic

Pada mobil transmisi manual saat akan melewati jalan menanjak biasanya driver akan menurunkan gigi ke posisi yang lebih rendah misalnya dari gigi 3 ke gigi 2, hal ini untuk mendapatkan torsi atau tenaga yang lebih besar agar lebih ringan dan mampu menanjak dengan mudah. Akan tetapi bagaimana cara menurunkan gigi pada mobil bertransmisi otomatis/ matic?
Pada mobil matic ada 3 mode saat bergerak maju yakni D (maju jalan datar halus), 2 (atau D2 yakni maju jalan pegunungan), 1 (atau L yakni maju jalan tanjakan curam atau sama dengan gigi 1 pada mobil manual).
Jika tanjakan tidak begitu berat maka pecinta otomotif bisa memindah gigi dari posisi D ke 2 (atau D2), akan tetapi kadang dengan cara tersebut kita masih belum bisa mendapatkan torsi yang kita inginkan atau harusnya lebih turun lagi giginya? jika dalam keadaan seperti ini driver mobil matic seharusnya tahu bahwa sistem mobil matic memiliki sistem "Kick Down" yakni cara menurunkan satu gigi dengan injakan gas kemudian secara otomatis akan naik bila rpm mesin sudah tinggi.
Cara kick down ini adalah menginjak dengan cepat/ spontan pedal gas, maka sistem transmisi akan menurunkan gigi transmisi 1 step lagi untuk mendapatkan torsi yang lebih kuat (mobil lebih ringan). Nah saat tuas transmisi sudah dipindah ke D2 tapi kita belum mendapatkan tenaga yang dikira cukup untuk menaklukkan tanjakan maka sebelum menanjak lakukan kick down ini yakni mengegas dengan dengan spontan (menginjak gas dengan cepat dan dalam sebelum tanjakan).
Mekanisme kick down ini ada pada hampir semua mobil matic, bahkan matic jadulpun sudah memiliki sistem ini, jadi sebenarnya teknik ini bisa diaplikasikan pada mobil semua mobil matic. Lalu saat menanjak maka sistem ECU bakal menaikkan kembali gigi transmisi jika dirasa perbandingan antara Rpm mesin dan kecepatan sudah cukup besar (mobil cukup kuat), so jangan khawatir

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini