Cara Bersihkan Bekas Air pada Kaca Mobil

Seringkali kita lupa membersihkan air yang menempel pada permukaan kaca mobil atau malas membersihkan malah? air hujan atau air setelah mencuci mobil sebenarnya harus segera di lap agar tidak menimbulkan bekas kotor (water spot) yang cukup mengganggu pada kaca.
Untuk membersihkannya kadang cukup sulit, sehingga pihak salon mobil biasanya memiliki formula sendiri untuk membersihkan bekas air hujan ini, tapi pecinta otomotif tidak perlu khawatir karena sebenarnya water spot ini bisa dibersihkan memakai cairan khusus pembersih kaca mobil yang bisa dibeli di bengkel perawatan mobil (car care).. Nah bagaimana caranya?
1. Tempatkan mobil di tempat yang teduh (lebbih baik sore hari)
2. Basahi permukaan kaca dengan air
3. Oleskan cairan pembersih pada kaca mobil
4. Gosok dengan cara memutar (lebih baik) permukaan kaca mobil, perlahan saja tidak masalah
5. Setelah digosok (terasa bersih) siram dengan air bersih lalu keringkan dengan lap microfiber atau lap kanebo (microfiber lebih aman)
Bagaimana jika water spot kaca sulit dibersihkan? itu beda lagi, itu dinamakan kerak atau bisa jamur kaca...jamur kaca mobil ini timbul karena seringnya mobil terkena air (water spot) dan tidak pernah dibersihkan sehingga lembab dan berjamur yang jamurnya terbentuk seperti water spot. Sedangkan kerak sebenarnya sama karena lama tidak dibersihkan sehingga kotoran menempel dengan kuat.
Untuk menghilangkan bekas air seperti ini/ jamur gunakan Glass Scrup atau cairan pembersih jamur yang bisa dibeli di bengkel perawatan (car care). Cara membersihkan bagaimana? caranya sama dengan poin 1-5 di atas hanya memakai cairan yang lebih keras saja.
Beberapa pecinta otomotif juga memanfaatkan air soda untuk membersihkan kerak kotoran pada kaca, itu semua tergantung lagi ke pembaca mau memakai yang mana... soda, glass cleaner atau glass scrub. Gunakan lap halus ya (microfiber kalau bisa), harga lap ini murah kok sekitar 20 ribu sudah dapet di bengkel perawatan mobil, bahkan ada yang jual 15 ribu.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini