Bunyi Aneh pada Mobil, Ketahui Penyebabnya

Secara umum jarang sekali mobil mogok mendadak jika mobil memang dalam kondisi baik, nah saat mobil mengalami sedikit masalah maka dia akan mengeluarkan suara-suara tertentu, jika kita tidak perduli dengan kemunculan suara-suara aneh tersebut maka lama kelamaan suara tersebut akan membesar dan menjadi kerusakan yang oparah sempai terjadi mogok...
Kalau sudah mogok maka biaya perbaikanpun menjadi jauh lebih mahal dibandingkan memperbaiki sedini mungkin saat mulai terdengar bunyi-bunyi aneh di mesin.
Gejala kerusakan pada mobil sebenarnya sangat mudah diketahui dari bunyi/ suara aneh pada mesin, terutama jika sebelumnya suara tersebut tidak ada. Suara-suara bisa berupa suara ngelitik saat di tanjakan, suara tik tik tik terus menerus pada mesin, suara mendengung, dan lain-lain.
Berikut ini kami sajikan berbagai suara aneh pada mobil dan deteksi kerusakannya:
1. Suara tik tik tik pada mesin saat dihidupkan, bunyi tek-tek ini makin cepat saat mesin di gas (berputar cepat) penyebabnya adalah ketidaknormalan gerakan klep atau katup atau valve. Cara mengatasinya coba bawa ke bengkel dan minta klep di stel ulang sesuai standar mesin (buku manual mobil) agar suara-suara tersebut hilang.
Jika sudah di stel ternyata bunyi tik tik tik ini tidak mau hilang, maka kemungkinan besar ring piston sudah aus. Ring piston atau disebut pir seher ini untuk menggantinya perlu membongkar mesin yang biayanya juga mahal, lebih baik konsultasikan dulu pada bengkel apakah harus turun mesin ataukah mobil masih mampu dipakai.
Biasanya bengkel lebih jeli, kasus mobil saya (admin mobilku.org) sampai saat ini juga bunyi tik tik tik karena ausnya ring piston, akan tetapi saya tanyakan ke bengkel resmi katanya masih kuat dan gak apa2 dipakai.
Suara tik-tik pada mesin ini idealnya memang harus dihilangkan, jika dibiarkan tentunya membuat tenaga mesin berkurang dan lama kelamaan menjadi kerusakan part lain (seher, metal, katup silinder, dll yang mengakibatkan mesin pincang)
2. Bunyi mengelitik/ knocking saat mobil diberi beban misalnya menanjak atau saat berakselerasi (menambah kecepatan). Penyebabnya adanya endapan/ kotoran pada ruang bakar dan juga pengaturan pengapian yang kurang tepat, pemakaian BBM dengan BBM beroktan rendah juga menjadi penyebab ngelitik saat di tanjakan ini.
Cara mengatasi: pakai BBM sesuai dengan permintaan mesin, bawa ke bengkel dan lakukan pengesetan ulang klep, bersihkan ruang bakar dan atur pengapian mobil
3. Bunyi ketokan logam dua kali saat mobil stationer atau tanpa beban, penyebabnya pin piston longgar atau aus
4. Suara getaran saat mobil berakselerasi/ digas/ ditambah kecepatannya; penyebabnya tegangan dinding silinder rendah atau dinding silinder aus
5. Suara kasar pada mesin saat AC dihidupkan, periksa kompresor AC dan oli kompresor AC
6. Suara lengking atau decit pada bagian silinder head, penyebabnya adalah piston yang menggores dinding silinder, badan piston patah. kekurangan oli dan kesalahan saat memasang batang piston.
7. Suara berdengung pada bagian bawah/ roda terutama jika berlari diatas 50 km/ jam.. biasanya ada masalah pada bearing yang sudah aus atau rusak
8. Suara yang terjadi saat mobil berbelok (mendecit atau mengerik), biasanya ada masalah pada power steering
9. Suara berisik/ bising pada bagian box timing belt: biasanya bearing timing belt sudah aus, ganti bearingnya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini