Persiapan Mudik dengan Mobil: Cek Kondisi Mobil, Minuman Ringan, Pengemudi

Menjelang mudik lebaran seperti ini biasanya banyak pecinta otomotif yang menggunakan kendaraan mobil untuk mudik, selama perjalanan panjang mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer. Nah hal ini yang lebih dahulu disiapkan adalah kondisi mobil, persiapkan mobil agar benar-benar fit dan siap menempuh perjalanan jauh; cek mesin apakah ada bunyi-bunyian yang asing di bagian klep/ timing belt, dan lain-lain.
Persiapan mobil
Perbaiki pengapian dengan busi yang baru dan pastikan komponen pengapian lain seperti koil, dll dalam kondisi sehat.
Cek juga saluran bahan bakar seperti filter BBM, sistem karburator/ injeksi tidak ada yang mampet, kelistrikan mobil dalam keadaan baik (mulai aki sampai ke lampu-lampu, juga jangan lupa bawa sekering cadangan), tak lupa pula periksa kondisi kaki-kaki mobil dan rem mobil. Pastikan rem benar-benar berfungsi sehat (jika kampas aus segera ganti, master rem bermasalah perbaiki, dll), pastikan rem bekerja dengan sangat baik.
Kaki kaki mobil juga cek mulai kondisi ban, shockbreaker, keseimbangan kaki-kaki (lakukan service jika ada yang pincang), pastikan ban dan velg terpasang dengan rapat dan sempurna..beri tekanan ban yang ideal dan tidak ada ban gundul yang terpasang, pastikan ban serep juga mendapat perhatian terutama pada dudukan ban serep (pastikan benar-benar terpasang dan dibaut dengan kuat).
Cek air radiator, tambahkan air sampai penuh
Persiapan Fisik
Persiapan fisik ini terutama pada driver, pastikan istirahat yang cukup sehari sebelum perjalanan dan jangan melakukan aktifitas berat sehari sebelum perjalanan, kalau bisa minum vitamin untuk menyegarkan tubuh sebelum perjalanan, dan hindari obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum perjalanan.
Saat perjalanan usahakan istirahat setiap 3 jam perjalanan (maksimal 3 jam mengemudi), istirahat bisa dengan mergangkan otot, tidur atau sekedar melepas penat karena tubuh tidak bergerak. Jangan makan terlalu kenyang diperjalanan karena bisa menyebabkan kantuk (usus mencerna makanan sehingga asupan darah ke otak berkurang jadi mengantuk)
Persiapan makanan dan minuman saat perjalanan
Nah saat melakukan perjalanan panjang yang membutuhkan waktu bahkan sampai berhari-hari maka yang perlu disiapkan adalah makanan dan minuman ringan di dalam mobil, karena pasti penumpang akan merasa lapar atau haus di perjalanan yang bisa berjam-jam... berikut makanan/ minuman yang wajib ada di dalam mobil:
1. Air putih
Air putih ini sangat dibutuhkan oleh penumpang maupun driver, minimal harus ada 2 botol aqua besar untuk inum seluruh keluarga untuk perjalanan selama 6 jam. Lebih baik siapkan 4 botol aqua besar agar tidak kehabisa air di jalan, jika kondisi macet dan kita kehabisan air maka kita akan kesulitan untuk meminggirkan moil kita hanya sekedar mencari penjual air minum
2. Makanan Ringan/ Snack
Snack juga sangat penting untuk menanggulangi lapar dalam mobil, snak juga membuat penumpang merasa senang dalam mobil...beberapa snack yang seharusnya ada:
- Roti : ini bisa mengenyangkan jika ada yang lapar
- Keripik
- dan berbagai snaksnack kesukaan anak kecil
3. Buah-buahan
Buah-buahan juga sangat bermanfaat mengembalikan kesegaran penumpang yang kecapekan dan dehidrasi, buah-buahan yang dibawa hendaknya buah yang kecil-kecl dan menyegarkan misalnya: apel, jeruk, pear, dll. Cuci sebelum berangkat
Hindari membawa buah-buahan besar seperti semangka, melon, pepaya, dll karena untuk memakannya kita butuh mengupasnya dan berbahaya jika mengupas di mobil
Pastikan makanan dan minuman ringan ini mencukupi selama perjalanan
Obat-obatan
Obat-obatan ini juga diperlukan, minimal kotak P3k yang akan bermanfaat ketika terjadi sesuatu dalam perjalanan. Isi Kotak P3K ini dengan pertolongan pertama antara lain; perban, obat luka, gunting, handiplast, salep luka bakar, obat anti septik, minyak kayu putih, nomor telepon darurat.
Nah yang tak kalah penting juga adalah obat-obatan khusus, obat-obat khusus ini digunakan oleh anggota keluarga yang memang menderita riwayat penyakit misalnya asma, alergi debu/ angin, dll (jangan lupa bawa obat untuk penumpang seperti ini)
Peralatan Service
Yang terakhir adalah tool kit atau peralatan untuk service mobil saat dibutuhkan:
- Dongkrak
- Tool Kit (kunci pas/ kunci ring/ kunci shock)
- Kunci Roda (kunci L)
- Segitiga pengaman
- Sekering, senter, dan pisau
- Interior Cleaner
- lap microfiber
- multi cleaner (untuk membersihkan eksterior, kaca dan interior)
Selain itu juga diperlukan mempertimbangkan beban kendaraan (jangan over), kendalikan kecepatan (yang penting selamat), packaging barang dengan baik.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini