Perbedaan Honda Brio RS dengan Brio Standar (sebelumnya)

Honda Brio RS merupakan produk terbaru dari Honda yang keluar tahun 2016, sebenarnya tak hanya Honda Brio saja yang mengalami perubahan akan tetapi versi LCGC brio yakni Brio Satya juga mengalami perubahan dari versi sebelumnya (sebelum tahun 2016)..
Sebagai contoh perubahan jika brio satya sebelumnya tidak dilengkapi SRS airbags maka Brio Satya 2016 sudah dilengkapi Airbags dan banyak perubahan lain, akan tetapi kali ini kita akan membahas Honda Brio RS (sedangkan yang satya hanya sebagai informasi saja bahwa satya sekarang juga sudah oke).
Perubahan Eksterior
Brio RS atau disebut Brio Facelift mengalami banyak perubahan pada eksterior, interior, sistem keselamatan, sampai performa mesin. Pada eksterior perubahan yang dilakukan adalah dengan memperbanyak lekuk-lekuk berbentuk garis kaku sehingga mengesankan mobil ini lebih modern dan lebih berotot, perubahan detail seperti pada lampu yang dibuat LED proyektor atau juga perubahan/ penambahan detail eksterior juga dilakukan. yang jelas penampakan mobil Brio RS berbeda (cukup jauh) dengan Brio versi sebelumnya (yang belum facelift).... Brio facelift terlihat lebih garang, lebih elegan, modern dan lebih berlekuk tegas. Kita masih ingat brio yang sebelumnya kan yang kesannya mobil untuk santai (casual), nah kesan casual sudah hilang pada brio facelift dan tak ketinggalan desain velg baru seperti baling-baling dibenamkan pada brio RS yang membuatnya makin gagah
Perubahan Interior
Pada bagian interior perubahan juga terbilang lebih berani daripada bagian luar mobil, dashboard Brio RS ini sangat berbeda dengan brio terdahulu... jika brio sebelumnya kita mengenal ornamen interiornya (lubang AC, panel AC, audio, dll) dibuat membulat agar lebih user friendly akan tetapi sekarang dirubah memakai dashboard honda mobilio (karena sangat mirip dengan dashboard honda mobilio).
Lubang AC yang dibuat berbentuk jajaran genjang mengisyaratkan perubahan dari user friendly ke modernisasi mobil, belum lagi panel-panel kendali yang sudah tidak berbentuk bulatan... sepertinya Honda benar-benar mengubah image City Car kelas low ini bukan lagi sebagai mobil casual yang user friendly akan tetapi mobil yang lebih modern dan bisa juga dipakai lebih dari sekedar anak baru gede saja... bahkan eksekutif juga oke memakai mobil ini :-)
Yang jelas perubahan total dilakukan pada dashboardnya yang sangat mirip dengan mobilio (lebih modern), nah yang menyita perhatian kita (admin www.mobilku.org) adalah sistem audio yang jauh lebih canggih dari varian brio non facelift (sebelumnya), dengan memakai monitor berukuran lebar (6,2 inch) yang tak hanya untuk sistem audio mumpuni saja akan tetapi juga bisa difungsikan bermacam-macam misalnya untuk nafigasi (gps), video, dll (sistem entertaiment mobil ini meningkat yang sekaligus bisa berfungsi macam-macam karena bisa dihubungkan dengan smartphone), pada speaker juga lebih dibuat mumpuni (diperbaiki) untuk mengimbangi peningkatan kualitas panel audio.
Peningkatan Performa Mesin
Pada bagian mesin honda brio RS ini mengalami peningkatan performa dimana tenaga yang dihasilkan sekarang bisa mencapai 90 Hp sementara sebelumnya tenaganya hanya 88 Hp, peningkatan 2 Hp (Horse power atau tenaga kuda) ini bukan karena perubahan mesin akan tetapi karena pengoptimalan tenaga saja, karena mesin yang dipakai masih sama yakni mesin brio berkapasitas 1200 cc berteknologi i-Vtec. Tak hanya tenaga yang meningkat akan tetapi torsi Honda brio RS ini juga meningkat sebesar 1 Nm menjadi 110 Nm pada putaran mesin 4800 Rpm (yang sebelumnya hanya 109 Nm pada 4800 Rpm).
Yang lebih menarik lagi dari Brio RS ini karena mobil ini dibekali transmisi terbaru dari Honda yakni CVT Earth Dream Technology, yakni sistem transmisi matic yang sangat halus dengan mempertimbangkan efisiensi bahan bakar yang dipakai (ramah lingkungan)... tak salah kalau mobil ini memiliki indikator ECO sebagai anjuran untuk berkendara hemat bahan bakar
Suspensi
Suspensi brio satya ini sedikit diperkeras yang memberikan dampak positif saat menikung, mobil ini menjadi lebih tidak limbung (lebih mantap) saat menikung di kecepatan 60 KPJ, akan tetapi suspensi yang lebih keras ini juga memiliki dampak negatif yakni saat mengenai jalan rusak maka dampaknya juga lebih kurang nyaman.
Mungkin menyesuaikan dengan desain eksterior yang terkesan lebih berotot.
Jika kita melihat trend mobil jaman sekarang memang kebanyakan mengarah pada crossover atau SUV yang mana sistem suspensinya dibuat lebih keras, apakah brio RS mengikuti trend ini?
Sistem keselamatan
Honda Brio RS dibekali dengan keselamatan yang bisa dikatakan lebih baik dari brio sebelumnya, berikut adalah sistem safety Brio RS:
* Struktur rangka body G Con + Ace ; yakni desain rangka peredan benturan milik honda dengan cara kerja endistribusikan benturan secara merata ke semua body sehingga akibat ke kabin jadi berkurang
* Side impact beam : yakni desain rangka peredan benturan
* SRS airbags: kantung udara yang akan membuka saat terjadi benturan dari depan secara frontal
* Pedestrian Protection: perlindungan untuk pejalan kaki, jika tak sengaja kita menabrak orang maka akibatnya tidak terlalu parah
Sistem keamanan
beberapa sistem keamanan untuk menghindari maling/ pencurian yakni:
1. Memakai kunci dengan teknologi wave key (kunci orisinal yang memancarkan gelombang unik), tanpa kunci ini mobil tidak bisa dinyalakan...malah alaram yang menyala jika kunci lain dimasukkan
2. Keyless Entry
3. Immobilizer
4. Alarm
Harga Honda Brio RS
Honda Brio RS ini memiliki 2 varian yakni Brio RS (transmisi manual) dan Brio RS CTV (matic)., Berikut harga on the road DKI Jakarta:
Honda Brio RS: Rp. 159.700.000
Honda Brio RS CVT: 174.700.000
Lumayan lah harganya mahal buat ane :-) tapi mungkin untuk yang punya duit ya murah aja, oh iya harga tersebut untuk jakarta ya jika pecinta otomotif ada di luar jakarta biasanya nambah lagi...misalnya di semarang atau surabaya atau di malang maka harga bisa naik kisaran 7 jutaan untuk pengiriman dll.
Jangan lupa test drive kalau mau beli, test drive yang jauh kalau bisa :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini