Mobil MPV murah Suzuki, Karimun 7 Penumpang sebentar lagi Keluar.. Ini Spesifikasinya

Suzuki sebentar lagi bakal mengeluarkan mobil MPV atau Mobil Keluarga murah ! rencananya mobil MPV kelas bawah Suzuki ini memakai mesin yang kecil yakni maksimum 1200 cc atau dimungkinkan hanya 1000 cc, hal ini karena Suzuki mengambil produk Karimun Wagon R sebagai platformnya... mobil ini dibuat dari karimun wagon R yang diperbarui (sasisnya dipanjangkan, penambahan kursi baris ketiga dan penyesuaian-penyesuaian lainnya).
Suzuki Karimun 7 Seat
Mobil yang bernama Suzuki Karimun 7 Seat ini masuk dalam platform mobil LCGC yakni mobil dengan kandungan komponen lokal lebih dari 80 persen, dibuat oleh anak bangsa dan mendapat keistimewaan pengurangan pajak.. sehingga harga produksi mobil ini juga bisa murah yang ujung-ujungnya harga jualnya juga murah.
Rival Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang
Sebenarnya untuk mobil MPV murah 7 penumpang tak hanya suzuki saja yang mengembangkan, rencananya Toyota bakal mengeluarkan produk serupa yakni Calya yang merupakan mobil MPV murah dari Toyota, sementara Daihatsu bakal mengeluarkan Daihatsu Sigra sebagai mobil MPV murah LCGCnya. Jika Suzuki, Toyota ataupun Daihatsu masih berencana akan mengeluarkan maka berbeda lagi dengan satu pabrikan otomotif lainnya yang sudah mengeluarkan MPV LCGC dari beberapa tahun lalu.
MPV LCGC yang sudah beredar
Datsun sudah mengeluarkan mobil MPV murah dengan harga dibawah 100 jutaan berplatform LCGC selama 2-3 tahun yang lalu dan dijual sampai saat ini, mengenai kualitas Datsun tidak perlu diragukan karena Datsun adalah salah satu anak perusahaan Nissan yang mana pelayanan purna jual/ service datsun ya di dealer Nissan, komponennya bisa didapatkan di dealer Nissan, jadi sebelumnya sebenarnya sudah ada MPV LCGC di Indonesia.
Spesifikasi MPV LCGC Suzuki Karimun 7 Penumpang
Mengenai sasis, interior dan eksterior sudah dipastikan bakal mengambil milik karimun wagon R akan tetapi dilakukan penambahan-penambahan misalnya sasisnya diperpanjang, dan lain sebagainya.
Interior serta eksterior juga bisa dikatakan sama dengan wagor R yang ada (kualitas body, kualitas jok, kualitas material dashboard, dll), akan tetapi tentunya perbedaannya secara ukuran dimana karimun 7 penumpang ini lebih panjang.
Pada kursi baris ketiga nantinya tidak sama dengan kursi-kursi lain dimana kursi ini hanya nyaman dipakai untuk anak-anak atau orang yang memiliki tinggi badan kurang dari 150 cm, artinya walaupun 7 penumpang akan tetapi sebenarnya konfigurasinya adalah 5+2 (5 dewasa dan 2 anak-anak).
bagaimana dengan MPV LCGC lain seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang bakal keluar juga, atau Datsun Go+ Panca? ya mereka semua juga bukan 7 penumpang  dewasa akan tetapi juga sama memakai konfigurasi 7 penumpang (5 dewasa + 2 anak-anak)... Jadi masalah 5+2 ini bukanlah masalah karena semua MPV LCGC seperti itu.
Untuk mesin masih simpang siur karena www.mobilku.org meyakini mesinnya berkapasitas 1000 cc seperti milik karimun wagon R sekarang, akan tetapi di India juga sudah keluar Karimun wagon R 7 penumpang tetapi mesinnya 1200 cc. Jika memakai mesin karimun yang sekarang yakni 1000 cc maka tenaga yang bisa dihasilkan adalah 68 Hp akan tetapi jika memakai seperti yang di India maka tenaganya bisa sampai 75 Hp dan torsinya sampai 105 Nm.
Menurut kami suzuki bakal memilih memakai mesin yang ada sekarang yang bertenaga 68 Hp dan torsi 90 Nm, memakai 3 silinder. Mengapa memilih 1000 cc? hal ini karena rivalnya (Datsun Go+ panca) juga memakai mesin 1000 cc dan kebanyakan mobil LCGC bermesin 1000 cc 3 silinder. Jika harus merubah mesinnya mungkin Suzuki Indonesia bakal mengeluarkan biaya yang terlalu banyak sehingga keyakinan kami wagon r 7 penumpang akan memakai mesin karimun wagon ryang sekarang.
Prediksi Harga Karimun 7 penumpang
Harga karimun 7 seater diperkirakan tak jauh dari karimun wagon r yang sudah beredar sekarang, jika harga karimun wagon R on the road DKI jakarta sekarang adalah 98 juta. Maka harga karimun 7 penumpang sekitar 110 jutaan sampai 120 jutaan. Mengapa tidak lebih tinggi lagi? karena menyesuaikan dengan produk sejenis (MPV LCGC 7 penumpang) yakni Datsun Go+ panca yang dijual dengan harga 100 juta.
Sebagai catatan Toyota Calya kemungkinan dijual dengan harga 130 jutaan (bisa 137 juta juga lho) akan tetapi calya memakai mesin 1200 cc wajar jika mahal.
Dari perbandingan harga tersebut kami rasa mobil murah MPV Suzuki ini cukup bersaing dalam hal kualitas dan harga yang ditawarkan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini