Mengatasi Suara Mesin Mobil Ngelitik dan Berisik/ Gemuruh

Kemarin admin www.mobilku.org melakukan service cukup banyak pada mobil kesayangan admin yakni Suzuki Jimny Katana Keluaran tahun 2000, penyebabnya suara mesin mobil terasa gemuruh/ berisik/ kasar sekali pada bagian timing belt.. terus juga ada suara ngelitik pada mesin, mobil tidak diservice sendiri sih tetapi dibawa ke bengkel mobil :-)
Singkat kata saya langsung mendatangi tempat service mobil di salah satu bengkel yang menurut mobilku.org lumayan bagus, meskipun agak mahal sedikit gak papa asal garapannya bagus. Setelah sampai dibengkel kebetulan sang pemilik bengkel langsung keluar, lalu saya menceritakan keluhan yang saya alami antara lain:
1. Suara ngelitik
2. Suara berisik/ kasar/ kemrosok/ gemuruh
3. Tarikan mobil kurang
4. Rpm mobil tidak bisa diatas 4K atau 4 ribu RPM
Setelah semua keluhan saya jelaskan dengan baik lalu pemilik bengkel saya suruh untuk mencoba mobil, bersama saya mencoba dengan pemilik bengkel yang menyetir sambil saya ceritakan keluhannya sambil dicoba-coba keluhan yang saya rasakan (suara ngelitik dan tarikan berkurang serta rpm tidak bisa naik).
Setelah kami mencoba lalu mobil kembali ke bengkel dan kap mesin pun dibuka, di cek kondisi mesin dan mencari sumber asal suara tersebut. ternyata permasalahan ada pada:
1. Timing belt dan tensioner timing belt
2. Setelan klep
3. Karburator mampet
4. banyaknya fan belt yang getas
Penyebab suara ngelitik pada mesin mobil
Ternyata suara ngelitik tersebut timbul dari bagian klep mobil, setelan klep mobil yang kurang tepat jadi penyebab suara ngelitik tersebut, kata pihak bengkel klepnya terlalu kencang malah ngelitik.
Cara mengatasi bagaimana? ya di stel ulang klpnya satu per satu... oh iya distel yang bagus pokoknya gak ada suara lagi.... waduh nyetelnya lama banget ada kalo 1/2 jam sob :-D ribet
di setting tidak terlalu kencang (standart).
Penyebab suara berisik/ gemuruh pada mobil
suara gemuruh ini datangnya dari timing belt dan tensioner timing belt, katanya tensionernya sudah aus sehingga timbul suara gemuruh/ kemrosok/ berisik... akhirnya kami sepakat diganti sekalian mengganti timing beltnya karena sudah lama tidak diganti sampai karetnya sidah tipis bro,,,kan jatahnya 40 ribu km sudah diganti... ini rupanya sudah lebih dari 60 ribu km belum diganti...aduh malangnya mobil ini.
Jadi jika pecinta otomotif mengalami suara gemuruh/ berisik dan sumbernya pada bagian timing belt maka besar kemungkinan adalah tensioner timing belt yang sudah aus..tensioner ini seperti bearing.
Penyebab RPM mobil tidak bisa naik
Kemarin sekalian membetulkan masalah mesin brebet ini vroh, gejalanya kadang-kadang menyendal saat di gas, terus saat gas diinjak untuk menaikkan putaran mesin ternyata hanya mampu sampai 4000 rpm saja, padahal seharusnya bisa sampai 8000 rpm? ada apa
Eh ternyata karburatornya kotor, terutama pada main jetnya ada yang mampet akibat kotoran. Perlu diketahui pada mesin yang masih memakai karburator jika pada putaran rendah maka bensin diparok lewat pilot jet, akan tetapi jika putaran mesin menengah sampi tinggi diatas 4000 rpm maka tugas pilot jet akan digantikan oleh main jet sebagai pemasok bahan bakar ke mesin.
Makanya kok saat mau naik RPM 4000 kok brebet dan sama sekali gak bisa naik ke 4000, jadi hanay di RPM rendah saja jalannya mobil ini sebelumnya :-D
Biaya service mobil brebet, berisik serta ngelitik
Nah setelah dibersihkan pedal gas ku injak dalam RPM mesin bisa naik ke 5000 -8000 an, biaya bersihkan mainjet karburator ini tidak terlalu mahal kok, ongkos servicenya hanay 125 ribu. 125 ribu ini sudah termasuk biaya setting klep, jadi biaya bersihkan karburator dan setting klep ini 125 ribu rupiah.
Lalu berapa biaya jasa untuk ganti timing belt dan tensioner timing belt ini, ini yang agak mahal bro... biayanya 175 ribu rupiah :-) belum lagi beli timing belt dan tensioner yang juga mahal sekitar 400 ribuan, wah ini yang mahal total kena 600 ribu untuk perbaikan timing belt ini :-(
Lalu ada beberapa bagian lain yang diganti seperti:
- fan belt dinamo yang sudah getas
- fan belt ac juga sudah aus
- filter udara
- filter bbm
- platina
- kondensor
- busi 4 buah (1 set)
Total untuk memperbaiki kondisi mesin brebet, berisik, ngelitik, tarikan kurang dan lain-lain yang disebutkan diatas adalah satu jutaan, tepatnya Rp. 1.040.000 tapi setelah itu mobil sudah sehat dan tidak usah khawatir brebet saat di gas dan suara-suara mesin menjadi halus...tarikan pun lebih kencang... nah semoga pengalaman ini membantu para pembaca ya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini