Cara Bersihkan Dashboard dengan Mudah dan Sederhana

Tips sederhana membersihkan dashboard mobil ini biasa dilakukan admin www.mobilku.org untuk membersihkan bagian dalam mobil setelah selesai mencuci bagian luar, tujuannya adalah agar mobil kita bersih luar dalam dan enak melihatnya...kita juga tidak risih lagi dengan bagian dalam mobil yang kotor dan lebih menikmati saat perjalanan dengan mobil.
Membersihkan bagian dashboard berbahan plastic
Bahan atau yang dipakai sangat sedehana yakni:
* Lap microfiber
* Interior Cleaner (khusus dashboard)
Langkahnya:
1. Semprotkan interior cleaner ke seluruh bagian dashboard sampai merata, cara lain yakni dengan menyemprotkan cairan interior cleaning ke lap microfiber,,kalau admin mobhilku.org sih lebih ke menyemprotkan langsung ke dashboard agar lebih hemat cairan :-)
2.Lap dengan lap microfiber sampai interior/ dashboard mobil terlihat bersih mengkilap dan berkilau
Nah simple bukan, anti ribet akan tetapi hasilnya lumayan...melakukan ini hanya memakan waktu 10 sampai 20 menit tergantung bagian mana saja yang dibersihkan, jika minimalis ya 10 menit saja selesai akan tetapi jika membersihkan sampai pada bagian interior belakang mobil ya bisa sampai 20 menit
Membersihkan Interior yang lain
Nah ada bagian-bagian lain yang juga perlu dibersihkan misalnya jok mobil atau bagian bawah (karpet mopbil), atau bagian plafon mobil... cara mudahnya adalah:
* bagian jok mobil: bisa memakai shampo bayi dengan sedikit air, lalu digosok dengan sikat gigi halus atau kain untuk membersihkan bagian kotoran yang membandel (jika pada jok terdapat noda). Jika terbuat dari bahan kain kemungkinan jok berdebu, jok yang berdebu juga perlu dihilangkan debunya dengan penyedot debu (vacum cleaner) kalau ada. Kalau tidak ada penyedot debu pecinta otomotif bisa menepuk-nepuk jok agar debu keluar, akan tetapi saat mengeluarkan debu dengan cara menepuk-nepuk jok, semua pintu harus dibuka dan lakukan di tempat terbuka yang ber angin cukup besar (di tempat yang bersih dan tinggi misalnya bukit) agar debu bisa segera keluar dan tertipu angin
* Bagian karet/ bagian bawah mobil; bagian bawah mobil biasanya terbuat dari karet,,,cara bersihkan ya mudah saja: keluarkan karet lalu semprot dengan air dan bersihkan dengan shampo mobil (seperti mencuci mobil) lalu keringkan
* Bagian plafon (atap) bisa memakai interior cleaner jika ada banyak noda, jika hanya untuk menghilangkan debu yang menempel saja bisa memakai lap yang dibasahi dengan air bersih.
Nah mudah bukan membersihkan bagian dalam mobil
Membeli lap microfiber dan interior cleaner serta harganya
Sebenarnya untuk membersihkan interior atau dashboard mobil tidak harus dilakukan setelah mencuci mobil akan tetapi saat interior terlihat berdebu dan terasa risih saat digunakan, pecinta otomotif bisa membersihkannya dengan cara yang mudah tersebut di atas.
Kunci membersihkan dashboard/ interior mobil dengan cara mudah ini terletak pada kualitas lap microfiber dan cairan interior cleaner yang digunakan, sebisa mungkin pilihlah dari produk yang terpercaya misalnya produk dengan merek 3M (harga lumayan terjangkau, kualitas tidak diragukan)
Pecinta otomotif juga bisa membeli produk-produk buatan dalam negri seperti Kit dan lain-lain yang punya merk (jangan membeli cairan pembersih curah ya/ tanpa merk), takutnya jika membeli cairan pembersih interior yang tanpa merk malah tidak bekrja dengan baik...bisa-bisa merusak interior malah.
Lap microfiber dan Cairan pembersih sebenarnya sangat mudah didapatkan di bengkel atau toko yang menjual aksesoris/ sparepart mobil, harganya cukup murah... interior cleaner cuman 30 ribu rupaih, lap microfiber juga kira-kira 30 ribu rupiah (itu sudah merk 3M, merk luar yang cukup terkenal), kalau yang murah ya ada yang 20 ribuan,,,tapi carinya agak sulit harus di toko yang memang menjual murah :-)
sekali lagi artikel ini bukan untuk promosi merk tertentu akan tetapi hanya sekedar contoh untuk membeli produk-produk yang terpercaya saja,,,merknya terserah aja deh.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini