Tips Berburu Mobil Suzuki Jimny Katana

Kebetulan beberapa hari ini admin www.mobilku.org sedang mancari mobil katana, sekalian aja ceritain kisahnya di sini... Sudah lama admin demen sama nih mobil Suzuki Jimny Katana... mobil tua yang termasuk digemari anak muda, modelnya lumayan enak dilihat, harganya juga murah, mobilnya lumayan kalau buat jalan offroan (non aspal)...memang kekurangannya sih kurang bisa diajak lari cepet, tp buat apa cepet-cepetan toh admin mobilku.org kalo mengemudi pelan-pelan kok :-)
Kenapa admin memilih katana bukan jimny 4x4, alasannya simple selain kerena kebutuhan admin yang tidak terlalu membutuhkan penggerak 4 roda (4x4), juga biasanya mobil yang 4x4 itu dipakai kerja paksa oleh pemiliknya :-) makanya saya tidak mau, pengennya cari mobil yang mesinnya bagus dan jarang digunakan, interior masih bagus, eksterior juga bagus.
Mencari mobil Suzuki Katana ini diperlukan ketelatenan bro, karena ini mobil tua maka dibutuhkan ketelitian terutama ketelatenan dan kesabaran dalam mencari, kalau nemu yang kurang sreg ya harus telaten dan sabar bilang maaf coba lihat yang lain dulu...sampai menemukan yang benar-benar sreg (luar dalam masih seger) baru keluarin uang tabungan :-)
Pencarian bisa dimulai sambil berjalan-jalan misalnya saat jalan-jalan kalau melihat mobil dijual ya disamperin, mencari katana dijual bisa juga lewat OLX... kalau lewat internet nyarinya lebih cepet bro, jadi setelah nyari di internet (OLX) coba cermati dengan seksama detail foto yang disajikan di internet tersebut (karena biasanya si penjual memajang foto mobil yang dijual)
Nah dari foto/ gambar mobil sebenarnya sudah bisa ditebak kondisi mobilnya meskipun tidak 100% bener (perlu dilihat secara langsung) terutama mesin dan ornamen/ detail cat.
Ciri mobil masih kelihatan bagus dari penampakannya (di foto atau dilihat langsung):
1. Cat mobil terlihat orisinal masih bagus; tidak buram, tidak baret dan masih orisinal
2. Jok driver masih orisinal dan bagus, nah mobil lawas bisa dilihat dari jok pengemudinya bro jika jok masih orisinal dan bagus (tidak sobek/ kempis) maka mobil tersebut jarang dipakai, akan tetapi jika jok sudah sobek-sobek, busanya kempis apa lagi sudah tidak orisinal maka mobil tersebut sering dipakai...makin sering dipakai maka usia pakai mobil makin habis (tinggal sedikit)
3. Interior masih orisinal dan bagus, dari kondisi interior/ dashboard juga terlihat kondisi mobil...jika pada dashboard banyak komponen yang hilang misalnya tutup laci hilang, stir tidak orisinal, banyak lecet-lecet, dll maka mobil tersebut kondisinya buruk (admin sih tidak mau mobil yang kayak gitu).
Kondisi interior pertama-tama dilihat secara fisik dan kalau bagus dicek fungsi-fungsinya seperti AC/ Kursi/ Bel/ Audio/ yang lain...kalau dilihat saja sudah tidak baik ya gak dicek lagi
4. Kondisi eksterior: cat, ada body tidak simetris atau tidak, ada bekas dempul/ tidak dan juga apakah mobil berdiri dengan seimbang atau berat sebelah, lihat pula kaki-kaki mobil (ban dan velg) masih bagus atau tidak... eksterior dan interior ini relatif mudah mengeceknya, dengan cara melihat dan sedikit menyentuhnya kita sudah tahu keadaaannya
5. Mesin, untuk mesin bisa dibuka kapnya...mesin yang bagus terlihat masih bersih dan kering tanpa ada rembesan oli, suara dan getaran normal.
Cara paling mudah (instan) dalam mengetahui mesin mobil masih bagus atau tidak yakni dengan melihat kondisi knalpotnya, coba mobil di gas besar apakah ada asap yang keluar dari knalpot? jika ada asap maka bisa disimpulkan mesin mobil rusak (dalam kondisi kurang baik), jika bersih tak ada asap berarti mesin mobil masih bagus.
Coba colek bagian dalam knalpot mobil apakah ada abu/ hangus hitam? jika ada abu (hangus hitam) yang cukup tebal maka mesin kurang bagus, jika dicolek bersih maka mesin masih bagus atau hangusnya masih sedikit (tipis-tipis) wajar lah untuk mobil tua
Terakhir lihatlah apakah knalpot keluar air, jika mobil masih keluar air saat dihidupkan (apalagi keluar air banyak) maka mesin mobil masih bagus, jika tidak keluar air tapi malah keluar asap waaahh berbahaya :-)
6. Penggunaan sebelumnya; mobil yang bagus jika sebelumnya dimiliki oleh wanita karena biasanya wanita lebih merawat mobil dan menyervice tepat waktu, mobil juga cenderung bagus jika masih tangan pertama karena biasanya pemilik pertama sangat menyayang mobilnya dan merawatnya dengan baik... kalau dapat seperti itu ya rejeki bro, apa lagi harganya murah :-)
7. Tahun keluaran, makin muda tahun keluaran mobil maka kemungkinan besar kondisinya lebih segar/ lebih bagus dari mobil yang tahun keluaran lama, usahakan cari yang paling baru sesuai budget...karena mobil biasanya juga ada pasarannya sendiri sesuai tahun keluaran
8. Kelengkapan surat menyurat, nah pastikan mobil sesuai dengan nama pemiliknya (nomor kendaraan dan nomor mesin/ rangka), ada BPKBnya dan STNKnya, lebih baik jika ada faktur pembelian dan buku manual mobilnya... cek dengan teliti jika berminat
9. Test drive, lakukan test coba mengemudi..rasakan tarikan mobil, waktu menanjak, waktu di gas ada brebet gak, rasakan saat mengeram ada getaran atau tidak masih pakem atau tidak, saat berjalan ada bunyi-bunyi aneh atau tidak, rasakan saat melewati polisi tidur apakan mobil mengayun berkali-kali (jika mengayun berkali-kali maka suspensi kemungkinan bermasalah), rasakan saat ditikunagn apakah ada getaran pada stir atau bunyi-bunyian lain saat menikung ini, dan lain sebagainya.
Jika semua beres, bayar aja vroh :-)
Kebetulan admin www.mobilku.org berhasil mendapatkan mobil katanya yang bagus mesin masih keluar air, pemilik sebelumnya wanita, tahun 2000 an, warna biru, interior masih bagus eksterior orisinal (tapi perlu di semir catnya) dapat harga 55 juta, lumayan murah untuk mobil asli plat nomor N (kota malang).
Berkat pembaca pula admin bisa membeli mobil katana ini, terima kasih saya ucapkan karena sudah mengunjungi blog ini dan memjadi pembaca setia blog yang saya urus personal dengan sebisanya ini :-) semoga kedepannya bisa makin baik... amiinn

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini