Perbandingan Toyota Rush Vs Honda BR-V Varian Tertinggi

Masuknya Honda BR-V di kancah mobil SUV compact tanah air membuat www.mobilku.org tertarik mengulasnya dan membandingkannya dengan Toyota Rush sebagai penguasa mobil SUV compact selama beberapa tahun terakhir sebelum kemunculan Honda BRV. Dengan rentang harga yang sama dan jenis mobil yang sama ternyata keduanya memiliki perbedaan spesifikasi maupun fitur mobilnya dimana Honda BRV yang dijual lebih murah ternyata memiliki tenaga dan performa yang lebih tinggi dibanding rivalnya (Toyota Rush),
tak hanya tenaga tetapi banyak fitur yang ternyata juga menjadi keunggulan dan daya tarik Honda BRV...meskipun tak bisa dipungkiri nama besar Toyota Rush juga tidak bisa dianggap enteng.
Berikut ini akan kami sajikan review perbandingan Honda BRV vs Toyota Rush tipe tertinggi, komparasi ini sangat lengkap mulai dari eksterior (bagian depan, lampu, roda, velg, spion, ground clearance, radius putar, dll), interior (dashboard, kursi, kabin, stir, dll), spesifikasi mesin (tenaga, kemampuan akselerasi, torsi, dll), safety (desain, rem, airbag, kamera parkir, dll) dan juga harga lengkap keduanya.
Eksterior BRV Vs Rush
Pada bagian depan Toyota Rush memakai lampu proyektor disertai LED (lampu untuk siang hari) dan juga dibenami foglamp (lampu pemecah kabut) pada bagian bumper, fitur ini dianggap standar untuk mobil low end SUV atau bisa dikatakan cukup.
Sementara Honda BRV pada bagian lampu depan juga memakai Proyektor dengan LED Guide light, pada bagian depan bawah juga disematkan foglamp (lampu pemecah kabut) sehingga untuk keduanya kami nilai sama, skornya sama untuk eksterior bagian depan
Beralih ke bagian bawah atau kaki-kaki mobil dimana keduanya sama-sama memakai velg alloy dengan desain menyerupai baling-baling dengan ukuran yang juga sama yakni 16 inch, jarak pijak dengan tanah juga bisa dikatakan sama yakni 200 mm untuk Toyota Rush, sedangkan Honda BRV 201 mm (hanya selisih 1 mm), lagi-lagi untuk bagian kaki-kaki keduanya bisa dikatakan sama kualitasnya
Pada bagian atas mobil (atap) keduanya dibekali dengan roof rail (tempatnya roof box atau barang lain), artinya mobil ini sama-sama memiliki kemampuan untuk membawa barang di bagian atap mobil...karena saat ini ada beberapa mobil yang tidak bisa dipasangi roof rail ini karena lemahnya atap atau pilar-pilar body mobil. keduanya BRV dan Rush sama baiknya.
Sedangkan utnuk bagian belakang keduanya sama-sama dibekali spoiler dan juga lampu high mount stop lamp, bedanya kalau honda BRV lampu highmount stoplamp jadi satu dengan mobil akan tetapi untuk Toyota Rush lampu tersebut digabung dengan spoiler atas, untuk hal ini www.mobilku.org lebih prefer ke lampu yang digabung dengan mobil dengan alasan jika spoiler dilepas maka mobil masih memiliki high mount stop lamp.
Pada lampu belakang (lampu rem) keduanya sama-sama memakai lampu kombinasi dengan LED. Perbedaan yang mencolok adalah pada lokasi ban cadangan atau tempat ban serep dimana Toyota Rush menempatkan ban cadangan pada bagian belakang mobil sehingga tampilan Toyota Rush menjadi terlihat sangat gagah, berbeda dengan Honda BRV yang menempatkan ban cadangan di bagian bawah mobil.
Sebenarnya ada beberapa kelebihan dan kekurangan ban cadangan di belakang atau di bawah mobil: jika ditempatkan di belakang mobil kelebihannya tampilan mobil jauh lebih gagah, selain itu mudah dilepas/ dipasang jika ban cadangan berada di belakang mobil sedangkan kelemahannya membutuhkan ruang yang lebih panjang (garasi harus lebih panjang) dan juga menjadi beban tersendiri untuk body/ pintu belakang mobil. Sedangkan jika ban cadangan ditaruh bagian bawah mobil kelebihannya ringkas dan terlindung dari sinar matahari (tanpa penutup ban) tapi kekurangannya menjadi agak ribet saat mengganti ban bocor dengan ban cadangan karena harus melepasnya dari bawah mobil.
Material kaca, nah ini keunggulan honda BRV dimana material kaca mobil heat rejecting green tinted glass, material kaca ini diklaim dapat mengurangi sinar ultra violet matahari sehingga di dalam kabin akan lebih dingin dan tidak silau saat memandang keluar mobil akibat sinar matahari yang berlebih.
Nah lantas berapa score www.mobilku.org terhadap eksterior Honda BRV vs Toyota Rush? menurut kami keduanya cukup seimbang dalam hal eksterior dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Interior Toyota Rush Vs Honda BRV
Masuk pada bagian dalam mobil dimana sekali lihat bagian dalam honda BRV nampak lebih berdesain lebih modern, desain dashboard yang cukup dinamis dengan material yang berkualitas dan konsol-konsol yang terlihat lebih canggih membuat di dalam mobil terasa mobil premium. Perbedaan yang cukup mencolok dengan Toyota rush yang desain interiornya terlihat kurang dinamis terkesan monoton, desain dashboard ataupun sisi pintu bagian dalam seperti lebih mengesankan ke mobil kuat dengan lekuk-lekuk kaku tanpa ornamen yang menghibur.
lihat saja pada dashboard di depan penumpang baris pertama yang polos seperti tanpa apa-apa, desain lubang udara AC yang kotak seperti mobil jaman dulu, hal ini berbeda dengan BRV yang lebih dinamis dalam hal desain interior mobilnya yang membuat penumpang dan pengemudi senang di dalam mobil.
Berikut adalah fitur-fitur interior yang dimiliki honda BR-V:
* Tilt Steering; posisi stir yang dapat di naik turunkan sesuai dengan keingingan pengemudi, hal ini sangat bermanfaat ketika perjalanan jauh agar pengemudi tidak cepat lelah. Fitur ini juga sangat mendukung kenyamanan driver
* Indikator ECO; indikator yang memperingatkan pengemudi untuk berkendara secara efisien (ECO) atau hemat bahan bakar
* Layar sentuh monitor yang lebih canggih, memiliki resolusi yang jauh lebih baik (tajam) dengan kualitas HDMI yang mampu memberikan efek hiburan yang lebih baik, layar monitor sentuh ini juga bisa dihubungkan dengan smartphone berbasis android atau IOS.
* Kamera parkir; mobil ini dilengkapi dengan kamera parkir yang terintegrasi ke monitor layar sentuh pada bagian dashboard
* Meter Cluster yang lebih dinamis dan informatif dengan sajian LCD Display sebagai MID yang menyajikan informasi rata-rata penggunaan bahan bakar, sisa bahan bakar dan jarak tempuh mobil. Pada Toyota Rush sebenarnya juga tidak kalah terlalu jauh dalam hal fungsi MID ini akan tetapi perbedaannya hanya BRV lebih modern sedangkan Rush lebih user friendly aja untuk meter clusternya
* Honda BRV memiliki jok yang lebih berkualitas baik dari segi material maupun desain, dimana semua kursi pada BRV dilengkapi dengan arm rest, kemudian kursi baris kedua bisa digeser maju mundur dan direbahkan, kursi baris kedua sebelah kiri juga bisa dilipat dengan sekali sentuh untuk memudahkan penumpang baris ketiga masuk dalam mobil.
* Volume bagasi yang lebih besar terutama saat kursi baris ketiga dilipat dan dijadikan bagasi
* AC Digital dan Double blower yang juga disematkan pada mobil ini
* Fitur nano technology yang bisa menyebarkan air pada kabin mobil saat udara dalam kabin terasa kering dan kotor
Fitur interior Toyota Rush:
Toyota rush juga bukan tanpa fitur unggulan, beberapa fitur rush antara lain:
* Mobil ini juga dibekali dengan AC Double blower yang mendinginkan sampai kursi baris ketiga
* Memiliki layar monitor yang bisa dikoneksikan dengan smartphone
* Meskipun tidak dilengkapi dengan kamera parkir akan tetapi Toyota Rush sudah dibekali dengan sensor parkir untuk membantu pengemudi memarkir mobil
* Pada bagian lingkar kemudi juga terdapat switch audio, sama seperti milik honda BRV
* Desain interior Toyota Rush terkesan tangguh, berbeda dengan Honda BRV yang terkesan canggih dan nyaman.
Berapa score untuk Interior Honda BRV Vs Toyota Rush, untuk kali ini kami lebih prefer ke Honda BRV dengan berbagai fitur unggulannya, Score 2-0 untuk Honda BR-V
Mesin Honda BR-V Vs Toyota Rush
Honda BR-V
Honda BRV dibekali mesin bensin berkapasitas 1500 cc 4 silinder segaris 16 katub, teknologi mesin DOHC dan I-Vtec + DBW dengan rasio kompresi mesin adalah 10,3 : 1.
Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan oleh Honda BRV adalah 120 Hp (daya kuda) pada putaran mesin 6600 Rpm, sedangkan torsi yang bisa dihasilkan adalah 145 nm atau 14,8 Kgm pada putaran mesin 4600 Rpm.
Honda BRV memakai sistem pasokan bahan bakar PGM-FI, mobil ini memakai penggerak roda depan dengan pilihan transmisi CVT dan manual 6 percepatan.
Toyota Rush
Toyota Rush memakai mesin bensin 1500 cc dengan 4 silinder segaris 16 katup, sementara teknologi yang dipakai adalah DOHC VVT-I. Tenaga yang mampu dihasilkan mesin Toyota Rush ini adalah 109 Hp (daya kuda) pada putaran mesin 6000 Rpm, sedangkan torsi maksimum yang bisa dihasilkan adalah 14,4 Kgm pada putaran mesin 4400 Rpm
Sistem pasokan bahan bakar Toyota Rush adalah EFI
Berapa score? untuk mesin www.mobilku.org lebih prefer ke Honda BRV, dengan kapasitas yang sama (1500 cc) akan tetapi tenaga dan torsi yang dihasilkan lebih besar dari Toyota Rush, dengan score 1-0 untuk Honda BRV
Spesifikasi Rush vs BRV
Spesifikasi ini mengulas tentang hal lain diluar mesin, eksterior dan interior atau lebih tepatnya ke spesifikasi sasis...
Toyota Rush memakai penggerak roda belakang sedangkan honda BRV memakai penggerak roda depan, penggerak roda depan memiliki keunggulan di jalan aspal sedangkan penggerak roda belakang memiliki keunggulan di jalan off road...meskipun keduanya juga sama-sama bisa dipakai di jalan offroad maupun onroad.
Sistem Rem honda BRV berteknologi ABS dan EBD, sedangkan sistem rem toyota rush memakai ABS. Hal ini tentunya lebih canggih Honda BRV karena memiliki teknologi rem yang lebih banyak (lebih baik). sistem rem ini sebenarnya masuk ke safety mobil akan tetapi agar lebih diketahui maka kami masukkan ke spesifikasi lain-lain
Ukuran ban Honda BRV adalah 195/ 60 R16 sedangkan Toyota Rush 235/ 60 R 16, artinya Toyota rush memiliki tapak ban yang lebih lebar yakni 235 mm, sedangkan lebar tapak ban honda BRV hanya 195 mm. Makin lebar tapak ban maka traksi mobil akan lebih baik (daya cengkram ke jalan lebih baik)
Ada satu fitur menarik yang jadi keunggulan Honda BRV tak dimiliki Toyota Rush yakni fitur Hill Start Assist: yakni fitur pengereman otomatis saat mobil berjalan menanjak, dengan fitur ini mobil akan mengerem sejenak jika mobil terdeteksi mundur... alhasil mobil tidak akan bisa mundur beberapa detik meskipun di jalan tanjakan, komputer akan mendeteksi putaran roda dalam sepersekian milimeter tak terasa oleh pengemudi kalau sebenarnya mundur kemudian jika terdeteksi maka sistem rem akan aktif untuk mengerem mobil.
Fitur ini sangat bermanfaat untuk pengemudi pemula yang pasti gugup di tanjakan, fitur ini juga sangat bekerja dengan baik saat macet di tanjakan misalnya saat liburan ke puncak yang jalannya menanjak sambil merayap.
Safety Honda BRV Vs Toyota Rush
Fitur keselamatan Honda BRV:
* Dual airbags; kantung udara pada penumpang bagian depan dan driver saat terjadi tabrakan
* Desain rangka body G-Con + Ace dan side impact beam; merupakan desain rangka body yang dibuat menyerap benturan saat terjadi tabrakan yang tidak bisa dihindari, rangka bodi dari baja juga melindungi penumpang dalam kabin meskipun bagian mesin/ moncong mobil hancur
* VSA atau vehicle stability assist; mencegah mobil keluar jalur (tergelincir) saat menikung
* HSA atau hill start assist, mencegah mobil mundur ke belakang saat tanjakan (sudah diulas diatas)
* Rem ABS dan EBD; mencegah rem mobil terkunci saat pedal diinjak spontan dan sangat dalam, dan EBD yang mendistribusikan rem menurut beban roda (kendaraan)
* Isofix: fitur kursi yang dilengkapi dengan kaitan untuk mengunci kursi anak-anak pada kursi yang telah ada
* sedangkan fitur keamanan: immobilizer, key sistem dan keyless entry, alarm
Fitur safety Toyota Rush
* Dual airbags; pada bagian depan (sama dengan BRV)
* Rem ABS; mencegah rem terkunci saat pedal diinjak spontan
* Isofix: kaitan kursi keselamatan anak
* desain rangka body side impact beam
Harga Honda BRV Vs Toyota Rush
Harga Honda BR-V:
Honda BR-V S 6MT: Rp. 227.500.000
Honda BR-V E 6MT: Rp. 237.500.000
Honda BR-V E CVT: Rp. 247.500.000
Honda BR-V Prestige CVT: Rp. 262.500.000
Harga Toyota Rush:
Rush tipe G MT: Rp. 234.500.000
Toyota Rush G AT: Rp. 244.500.000
Toyota Rush TRD Sportivo 7 MT : Rp. 245.850.000
Toyota Rush TRD Sportivo 7 AT : Rp. 259.150.000
Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo MT : Rp. 249.150.000
Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT : Rp. 262.450.000
* Harga tersebut adalah on the road wilayah DKI Jakarta Update 09 Mei 2016, harga mungkin berbeda jika ada di kota-kota lain karena biaya kiram dan ijin lain.
sumber:
- website resmi masing-masing pabrikan (Honda + Toyota)
- www.mobilku.org

3 komentar:

  1. Tetep aja BR-V mah mirip mobil taksi mobilio, .klo masalah ganteng ya toyota rush ..

    BalasHapus
  2. Idih, toyota mah cuma mentingin desain mobil, soal mesin ama fitur no sekian, begitu tuh kalau udh terlena d puncak, jdi agk malas brinovasi..

    BalasHapus