Nissan beli Saham Mitsubishi Rp. 29 Trilyun

Nissan Motor Corp baru-baru ini mengumumkan tentang pembelian saham atau akuisisi kepemilikan Mitsubishi, kabar yang berhembus jika 30 % saham Mitsubishi telah dibeli oleh Nissan yang sekaligus menjadikan Nissan pemilik saham mayoritas Mitsubishi yang mana ini bisa diartikan Mitsubishi telah dibeli oleh Nissan dengan harga 29 Trilyun atau 1,8 Milyar Dollar Amerika.
Kebijakan Nissan ini akan mempengaruhi persaingan mobil di seluruh dunia, sampai saat ini Nissan menjadi perusahaan mobil terbesar kedua di jepang. Sebelumnya Nissan juga telah membeli Renault nah dengan tambahan pabrikan mitsubishi ini Nissan bakal jadi kekuatan otomotif yang sangat besar.
Untuk Mitsubishi di Indonesia memang sudah mendengar perihal akuisisi saham mitsubishi oleh Nissan ini dan pihak KTB sebagai ATPM Mitsubishi Indonesia sampai saat ini masih menunggu langkah/ instruksi selanjutnya dari Mitsubishi Jepang, nantinya seperti apa...
Penggabungan dua perusahaan otomotif ini selain berbicara tentang saham juga berbicara tentang struktur modal perusahaan, market share pasar dan juga penggabungan teknologi...sehingga dampaknya bisa luar biasa.
Untuk pasar Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dll Mitsubishi amat kuat pasarnya terutama untuk mobil niaga (Truck dan Pick Up), nah market share ini yang nampaknya ingin dimanfaatkan Nissan, pencaplokan perusahaan artinya juga pencaplokan pangsa pasar/ market share... bisa jadi nantinya Mitsubishi Nissan bakal jadi yang terbesar di Indonesia, mengingat mobil mitsubishi mulai dari Colt Diesel, L300 sampai T20 yang sudah sejak tahun 70an menguasai pasar mobil niaga sampai sekarang ada T120 SS yang sangat digemari masyarakat pedesaan.
Sementara Nissan sangat kuat pada mobil-mobil kelas menengah, Belum lagi merk Datsun yang sebenarnya adalah anak perusahaan Nissan, bakal jadi pesaing berat Toyota nih kayaknya dimana Toyota sebenarnya adalah satu kepemilikan dengan Daihatsu (Daihatsu sudah dibeli toyota).
Oke, kita tunggu gebrakan Nissan Mitsubishi ini ya sobb,,, semoga mobilnya bisa menjadi lebih baik dan lebih murah :-D

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini