Honda Freed baru memakai Mesin 1000 cc dengan Turbo

Kabar terbaru dari jepang bahwa tahun ini Honda Freed bakal keluar versi terbarunya yakni Freed 1000 cc, Honda Freed 2016 ini bisa dikatakan generasi baru dari Freed (bukan hanya perubahan minor akan tetapi perubahan besar). Jika sebelumnya Honda Freed memakai mesin 1500 cc kini diperkecil jadi hanya 1000 cc with turbo.
Alasan memperkecil mesin termasuk ruang bakar ini adalah untuk menghemat pemakaian BBM, diharapkan dengan ruangan mesin yang lebih kompak (kecil) maka pemakaian BBM juga akan lebih hemat, akan tetapi jika menginginkan tenaga yang besar maka pengemudi hanya butuh menginjak pedal gas lebih dalam agar RPM mesin meninggi dan turbo menjadi aktif, saat turbo aktif maka akselerasi mobilpun akan meningkat dengan signifikan, artinya pecinta otomotif memiliki pilihan berkendara dengan hemat atau berkendara dengan akselerasi tinggi yang keduanya bisa dipenuhi dengan satu mesin freed 2016 ini.
Menurut Honda Jepang bahwa mobil generasi baru honda freed ini bakal keluar bulan Agustus 2016 (1 bulan lagi saat artikel ini ditulis), sedangkan mulai bulan juni perusahaan sudah tidak lagi memproduksi freed lawas 1500 cc. Ini artinya sebentar lagi freed lawas sudah tidak akan diproduksi dan diganti dengan freed generasi baru dengan mesin yang lebih hemat akan tetapi juga bisa lebih bertenaga.
yang unik lagi ternyata mesin dari freed 2016 ini hanya 3 silinder (berbeda dengan sebelumnya yang 4 silinder), akan tetapi tenaga jika turbo aktif juga masih bisa dibilang cukup yakni 127 Hp. Nah mau tidak mau nantinya yang masuk Indonesia juga jenis ini (menggantikan freed lawas) meskipun biasanya saat masuk Indonesia ada beberapa perubahan untuk menyesuaikan dengan selera pasar di Indonesia.
ilustrasi sketsa honda freed 1000 cc
Kita tinggal tunggu aja kapan masuknya mobil freed generasi baru ini, nanti sebelum beli tunggulah beberapa bulan setelah beredar untuk mengetahui testimoni pengguna setelah membeli mobil ini, jangan lupa lakukan test drive saat membeli mobil
Pecinta otomotif juga bisa membaca review pertama kami tentang honda freed turbo ini di: Honda freed akankah masuk segmen mobil lcgc?

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini