Cara Mengembalikan Warna Cat Mobil Lama Seperti Baru

Mobil-mobil lawas seperti kijang/ carry/ katana atau lainnya yang sudah berusia lebih dari 5 tahun biasanya warna cat akan berubah menjadi pudar, seiring dengan waktu timbul goresan halus dan warna menjadi buram.
Pudarnya warna pada mobil-mobil lama ini disebabkan oleh bertambahnya usia, akibat paparan sinar matahari, adanya reaksi oksidasi dengan udara, adanya kontak cat dengan benda asing (seperti kain, tangan, debu).
Perlakuan yang kurang baik juga turut mempercepat kusamnya warna cat mobil misalnya pemakaian shampo mobil yang kurang tepat saat mencuci, membersihkan debu dengan kemoceng (sulak) berserat kasar, tidak memakai lap microfiber, dll.
Nah lalu bagaimana cara mengembalikan warna cat mobil agar terlihat seperti baru? atau paling tidak mendekati semula, apakah bisa? bisa... Caranya yakni dengan memoles cat. Memang memoles cat ini tidak boleh dilakukan sampai beberapa kali karena pada dasarnya memoles cat adalah mengikis lapisan terluar cat yang sudah kusam tersebut sehingga warna kusamnya hilang, nah resikonya lapisan cat menjadi lebih tipis akan tetapi masih memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dalam hal melindungi body dari karat.
Melakukan poles pada cat mobil tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena jika terlalu sering misalnya sampe 10 kali poles maka cat akan habis dan terlihat dempul/ body mobil, nah jika cat mobil habis maka resikonya selain tidak enak dilihat juga kehilangan kemampuan dalam melindungi body mobil dari karat terutama jika kena air hujan. Oleh karena itu poles cat mobil masih bisa dilakukan hingga 5 kali saja menurut admin www.mobilku.org, boleh sih dilakukan berkali-kali akan tetapi jika tiba-tiba terlihat cat habis maka harus segera mengecat ulang.
Oke langsung saja daripada berlama-lama, berikut ini adalah cara mengembalikan warna cat mobil lama menjadi baru (dengan cara memolesnya):
1. Bersihkan mobil dengan cara mencucinya, ingat cuci dengan shampo mobil PH balance di tempat yang teduh... mencuci di terik sinar matahari bisa menyebabkan cat buram/ kusam
2. Setelah benar-benar kering dan tidak ada debu mulailah oleskan obat poles (car polish) secara merata ke seluruh body mobil (tidak perlu terlalu tebal asalkan merata).
Obat poles cat (car polish) ini bisa dibeli di bengkel perawatan mobil, pilihlah polish yang bagus atau paling tidak berSNI atau tidak palsu.
3. Setelah dioleskan merata, diamkan selama 2-3 menit agar car polish berreaksi dengan cat mobil
4. Setelah itu bersihkan obat poles yang menempel pada body dengan lap microfiber (lap halus khusus untuk cat mobil), membersihkan obat poles dilakukan dengan cara menggosoknya secara memutar... tujuannya untuk mengangkat kotoran dan menghilangkan baret halus atau cat terluar mobil... lakukan penggosokan dengan cara mengelap secara memutar searah jarum jam
* Setelah digosok dengan kain dan obat poles (semir mobil) terangkat semua, pada tahap ini pecinta otomotif sudah berhasil mengikis cat terluar beserta mengangkat kotoran/ kerak pada cat, juga menghilangkan baret hahus pada cat dan menghilangkan warna buram pada cat.
5. Untuk melakukan perlindungan pada cat setelah dipoles gunakan cairan Wax, Wax Polish atau Soft Wax. Caranya tungkan soft wax ini ke lap microfibre lalu gosokkan pada cat mobil... tujuannya agar cat mobil tidak mudah kusam kembali.
Soft Wax ini prinsipnya seperti menyemir cat yakni menjaga cat dalam kondisi baik dan sedikit sekali mengikisnya jadi bila digunakan berkali-kali (misal sebulan sekali) masih tergolong aman.. jika diperlukan misalnya mobil sedikit kusam maka bisa dilakukan pemolesan dengan soft wax ini.
Berbeda dengan mobil yang sudah berumur dan catnya benar-benar kusam maka memang perlu dikikis dengan Car Polish yang sifatnya lebih keras dari wax.
Nah mudah bukan mengembalikan warna cat mobil seperti baru, caranya seperti 1 - 5 diatas
baca pula;
* menghilangkan goresan pada cat
* melindungi cat mobil anda
* menghilangkan noda ringan pada cat mobil
* cara mencuci mobil yang tepat

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini