Cara Membersihkan Interior Mobil Sendiri di Rumah dengan mudah

Beberapa hari lalu admin www.mobilku.org membeli mobil yang cukup tua yakni Suzuki Katana tahun 2000, nah tentunya saat setelah membeli mobil bekas tentunya harus dibersihkan interior dan eksteriornya juga harus di service. Untuk membersihkan eksterior mobil sebenarnya sangat mudah (tidak usah ribet) cukupu di cuci, belikan shampo (ph balance atau shampo+wax) agar warna menjadi lebih cerah.
mobil tua yang baru dipinang admin
Untuk membersihkan interior mobil admin www.mobilku.org juga tidak terlalu rumit yakni siapkan alat: lap lembut, lap microfiber atau kalau tidak ada gunakan lap dari handuk yang halus, kuas dan vacum cleaner untuk mobil. Sedangkan bahan pembersih untuk membersihkan bisa memakai air bersih dan interior cleaning (interior cleaner).
Langkah-langkah pembersihan interior mobil:
1. Cuci terlebih dahulu mobil agar eksterior bersih dan kita nyaman membersihkan interior pada mobil. Setelah bersih lakukan langkah dibawah ini
2. Pilih tempat yang bersih dan segar untuk membersihkan interior mobil, jangan membersihkan interior di tempatt yang ramai/ berdebu/ pinggir jalan yang panas. Pilihlah tempat yang sejuk, udaranya bersih dan cukup nyaman buat kita membersihkannya
3. Bersihkan kotoran yang terlihat jelas di bagian interior, misalnya kerikil-kerikil/ tanah yang ada pada karpet mobil. Jika karpet mobil terbuat dari karet maka bisa langsung dilepas dan dicuci/ disikat. pecinta otomotif juga bisa membersihkan bagian dalam dengan kuas/ sapu kecil agar debu/ kerikil-kerikil yang tersisa tersapu keluar.
4. Untuk membersihkan bagian dashboard dan dinding-dinding mobil bagian dalam gunakan lap setengah basah, celupkan lap/ lap mikrofiber/ handuk halus ke dalam air lalu peras. Setelah diperas (kondisi kain setengah basah) usapkan pada interior mobil untuk mengangkat debu-debu halus yang tersisa/ menempel di interior mobil terutama bagian dashboard dan dinding interior. (seperti mengepel lantai rumah)
5. Setelah debu terangkat semua oleh lap agak basah tadi (tidak ada debu yang menempel), siapkan interior cleaner, interior cleaner ini bisa dibeli di bengkel-bengkel variasi mobil/ bengkel perawatan mobil... harganya murah saya beli Rp. 30 ribu untuk merk 3M. Nah semprotkan interior cleaner pada dashboard mobil/ bagian lain yang ingin dibersihkan, sambil disemprot lalu bisa sekalian di lap dengan lap microfiber yang kering.
Interior cleaner ini selain bisa menarik kotoran yang menempel di interior mobil (membersihkan) juga bisa mengkilapkan, nah jadi sekali gosok kita dapat dua manfaat bersih dan mengkilap. Jangan takut mengelap stir karena interior cleaner ini meskipun mengkilapkan stir/ komponen interior lain akan tetapi tidak membuat licin (jadi tetap aman dipegang)
Bersihkan semua bagian dalam mobil dengan interior cleaner dan lap microfiber ini mulai dashboard, stir, pilar-pilar mobil bagian dalam, pintu bagian dalam mobil sampai bagian belakang mobil (yang terbuat dari plastik).
Untuk bagian jok yang terbuat dari kulit sintetis/ kulit cukup mudah membersihkannya yakni dengan leather cleaner, akan tetapi untuk jok berbahas beludru atau kain cukup sulit membersihkannya. Untuk yang berbahan kain/ beludru bisa memakai shampo bayi/ detergen lembut... campurkan shampo bayi secukupnya pada air dan aduk sampi merata kemudian gunakan spons sebagai alat pembersih.
Celupkan spons ke air+shampo tadi dan remas/ peras sampai air tersisa sangat sedikit lalu usapkan pada jok berbahan kain yang bernoda, usaplah dengan harus/ jangan terlalu keras akan tetapi berulang-ulang dan searah sampai bersih lalu keringkan.
Pada jok berbahan kain/ beludru seringkali banyak debu yang ada di dalam jok, dalam kondisi kering gunakan vacuum cleaner (atau vacuum cleaner khusus mobil) untuk menarik debu dari dalam jok kain, sekarang ada banyak vacuum cleaner untuk mobil yang harganya relatif murah (60 ribu sampai 250 ribu). sampai debu pada jok benar-benar bersih.
Jika terpaksa tidak ada vacuum cleaner maka cara yang bisa dilakukan adalah tempatkan mobil di ruang terbuka bersih yang banyak angin (misalnya di ketinggian bukit/ gunung), buka semua pintu mobil lalu pukul-pukul jok kain agar semua debu keluar dan tertiup angin. Resikonya interior kotor kembali, tak masalah lakukan langkah 1-5 diatas agar bersih kembali.
Nah mudah bukan membersihkan interior mobil? cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah.
baca juga:
cara mengkilapkan cat mobil
cara membersihkan eksterior mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini