Tips Membersihkan Kaca Mobil dari Minyak yang membandel

Kaca mobil baik itu kaca depan atau kaca samping atau bahkan spion sampai headlamp mobil seringkali kotor setelah kita pakai, kali ini www.mobilku.org khusus membahas bagaimana membersihkan kaca mobil dari kotoran berupa minyak yang menempel.
Partikel minyak pada kaca bisa berasal dari polusi kendaraan di depan kita, bisa berasal dari benda-benda asing yang mengandung minyak misalnya gorengan, atau makanan atau bahkan tangan kita sendiri yang menyentuh kaca juga kadang-kadang mengotori kaca mobil..
Kotoran berupa minyak jika menempel pada kaca baik itu kaca depan/ kaca (mika) lampu atau kaca spion akan menyebabkan visibilitas (pandangan) terganggu, jika minyak menempel pada lampu sein/ lampu utama maka nyala lampu juga menjadi tidak terang...Nah hal ini jangan dibiarkan segera hilangkan minyak tersebut
Cuci sebelum dibersihkan dengan cairan pembersih kaca
Membersihkan minyak pada kaca mobil sebenarnya tidak terlalu rumit...secara sederhana mencucinya kaca dengan bersih menggunakan cairan shampo mobil sebenarnya sudah cukup untuk mengangkat minyak karena sifat detergen sebenarnya mengikat minyak dan debu dengan air dan meluruhkannya bersama air...
Akan tetapi kadang-kadang memang pada beberapa kasus minyak tidak hilang begitu saja, entah karena material kaca/ jenis minyak atau sebab lain (minyak dari sidik jari relatif lebih mudah dibersihkan). Untuk kasus minyak yang agak sulit hilang pesinta otomotif bisa memanfaatkan cairan khusus pembersih kaca, cairan pembersih kaca ini bisa didapatkan di bengkel-bengkel perawatan mobil (pilih yang aman dipakai/ memiliki merk terkenal)
Cara memakai
Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni setelah kaca mobil dicuci seperti biasa (dengan shampo mobil) lalu kaca bisa dilap/ dikeringkan dulu...setelah kering cairan pembersih kaca mobil ini bisa dioleskan pada area yang akan dibersihkan, diamkan antara 5-10 menit agar cairan pembersih bereaksi terhadap minyak (mengikat minyak)..
Setelah didiamkan angkat cairan pembersih dengan lap microfiber yang agak basah, nah setelah dilap maka kaca sudah bisa dikatakan bersih, cara ini bisa dilakukan pada spion samping, headlamp, foglamp... akan tetapi yang perlu diingat bahwa pemilihan cairan pembersih ini jangan yang terlalu keras seperti scrub, dan pilihlah dari merk yang berkualitas (jangan sembarangan) karena jika terlalu keras maka bisa merusak lapisan kaca... memang sebenarnya dengan shampo mobil (pencucian biasa) sebenarnya kotoran berupa minyak dan debu sebenarnya sudah bisa dihilangkan (kalau terpaksa baru gunakan cairan pembersih kaca)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini