Honda satu-satunya Produsen Mobil yang meraih hasil positif Tahun 2015

Selama tahun 2015 lalu bisa dibilang pasar otomotif tanah air sedang lesu dengan penjualan yang menurun dibanding tahun 2014, hal ini dipicu oleh kondisi ekonomi yang memang tak sebaik tahun sebelumnya (2014 dan sebelumnya). Nah namun ada yang lain dari salah satu produsen otomotif (mobil) tanah air yakni HPM atau Honda Prospect Motor yang ternyata mencatatkan hasil positif atau mengalami peningkatan penjualan dari tahun sebelumnya.
Honda mencatatkan angka penjualan ritel sebanyak 166.258 unit mobil padahal tahun sebelumnya (2014) penjualan mobil Honda hanya 151.904 unit mobil... Honda juga berhasil meningkatkan market share dari 12,7% pada tahun 2014 menjadi 16,1% tahun 2015, peningkatan pangsa pasar sebesar ini sangat luar biasa ditengah persaingan yang sangat ketat diberbagai level mobil mulai mobil LCGC, mobil Low MPV, Medium City Car, Low City Car mobil SUV compact, SUV dan lain sebagainya.
Kenaikan pangsa pasar mobil honda ini bukan tanpa usaha, melainkan dengan usaha yang bervariasi dan sangat keras mulai dari target penjualan yang sengaja ditingkatkan, perbaikan pelayanan purna jual, penetapan harga mobil yang kompetitif sampai pemberian diskon langsung + tenor cicilan yang panjang dan cicilan tanpa bunga.
Mobil Honda paling laris
Tahun 2015 penjualan masih didominasi oleh Honda mobilio sebanyak 48.927 unit disusul oleh honda HRV sebanyak 36.425 unit. Hal ini berbeda dengan tahun 2016 dimana saat IIMS 2016 penjualan honda Mobilio dioverlap oleh honda BRV yang langsung menjadi mobil terlaris honda 2016.
Mobilio juga menyandang predikat Low Avanza terlaris kedua di Indonesia setelah Avanza, jika beberapa tahun lalu peringkat 2 didominasi oleh xenia maka tahun 2015 Honda mobilio berhasil menggeser Xenia di peringkat 2 mobil Low MPV terlaris Indonesia.
Pada urutan 3 ada Brio Satya yang terjual sebanyak 31.672 unit dan Jazz terjual sebanyak 19.005 unit, Honda Brio terjual sebanyak 11.754 unit, kemudian Honda CRV terjual sebanyak 10.463 unit, yang lainnya disumbangkan oleh ohnda freed, City dll.
Upaya membuat mobil berkualitas dan sesuai pasar
Usaha Honda memang patut diacungi jempol dalam melakukan akselerasi perluasan pasar, pihak Honda Prospect Motor (HPM) sendiri menyatakan bahwa ada beberapa point yang dilakukan oleh HPM terkait dengan naiknya market share mobil honda antara lain:
1. Mengeluarkan produk-produk baru yang segar; hal ini dimulai dari keluarnya honda mobilio, honda HR-V, Honda BRV, Brio Satya, Jazz yang juga selalu diperbaiki
2. Berusaha menyesuaikan dengan permintaan pasar; honda mengeluarkan produk baru sangat mempertimbangkan kebutuhan pasar, misalnya honda brio satya, Honda mobilio dan honda BRV yang kesemuanya dikhususkan untuk masyarakat tanah air. Konsumen Indonesia lebih menyukai mobil yang multifungsi, selain mesinnya handal juga nyaman dan bisa memuat banyak penumpang.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini