Tips Memperbaiki Pengendalian atau Handling Mobil

Mobil dengan handling yang baik akan membuat lebih nyaman dikendarai dan tentunya lebih safety, beberapa hal bisa dilakukan untuk meningkatkan performa handling mobil/ meningkatkan pengendalian mobil biasanya dengan modifikasi ban, mengganti dengan ban yang lebih berkualitas, velg yang lebih ringan dan sedikit lebih besar dan juga menggunakan ukuran ban yang cocok. Akan tetapi ternyata tidak itu saja yang bisa dilakukan, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk perbaikan handling mobil:
Ban dan Velg
Mengganti ban dan velg sangat berpengaruh terhadap handling mobil karena ban ini adalah satu-satunya bagian dari mobil yang bersentuhan dengan luar mobil (jalan),
Pada umumnya menambah diameter roda akan memperbaiki handling mobil, akan tetapi konsekwensinya kenyamanan menurun jika ban diperbesar, oleh karena itu menambah diameter roda hanya dibolehkan maksimal 2 Inch dari ukuran ban arisinal bawaan pabrik.
Corak juga menentukan karakter ban, ada corak untuk ban eco, corak ban offroad, corak ban onroad, corak balap, corak mutifungsi dan lain sebagainya. Beberapa ban memiliki spesifikasi di jalanan kering, jalanan basah atau bahkan jalanan licin dan berbatu...sesuaikan dengan karakter mobil yang diinginkan.
Sistem Suspensi
Jika langkah pertama (pergantian ukuran ban dan velg) dirasa belum cukup memperbaiki, pecinta otomotif bisa melakukan pergantian pada sistem suspensi/ mengganti shockbreaker (shock dan spring) dengan yang lebih pendek. Pada prinsipnya semakin pendek shock maka pengendalian mobil akan semakin baik, kebanyakan mobil balap juga berpostur pendek, nah untuk menyesuaikan dengan medan yang dilalui bisa juga bagi orang yang cukup uang untuk membeli shock yang bisa diubah ketinggiannya dan kekerasan peredamnya... saat melewati jalan offroad shock ditinggikan akan tetapi jika jalan-jalan kota lebih stabil di shock yang pendek.
Mengganti dengan shock yang pendek tentunya memiliki resiko yakni:
1. Tidak cukup baik melewati jalanan offroad; seperti jalan berbatu, jalan tanah, berair, berpasir, licin dan lian-lain
2. Kenyamanan berkurang; makin pendek shock maka kemungkinan suspensi juga makin keras...sehingga kenyamanan berkendara jadi berkurang
Memasang anti Roll Bar
Jika dengan pergantian ban dan sistem suspensi pengendalian belum seperti yang dikehendaki biasanya pemilik mobil akan memasang anti roll bar, komponen seperti pipa yang dipasang pada sistem kemudi (roda depan mobil) ini berfungsi sebagai stabilizer suspensi untuk mengurangi "body roll" atau mobil limbung ke arah berlawanan saat berbelok... pemasangan anti roll bar ini membantu mengurangi ketidakstabilan mobil saat bermanuver dengan mengurangi perbedaan beban ban saat menikung
Mengganti Bushing
Bishing adalah salah satu komponen yang terdapat dalam suspensi mobil, keberadaan bushing ini bisa dibilang penting untuk suspensi kendaraan yang mana jika terlalu lama bushing ini akan lentur/ lembek/ lunak dan bisa menurunkan pengendalian mobil. Rata-rata bushing terbuat dari karet yang mudah aus, saat ini dipasaran sudah ada bushing yang terbuat dari polyurethane yakni serat sintetis yang bersifat memiliki kelenturan seperti karet akan tetapi lebih tahan lama (awet)
kunjungi www.mobilku.org untuk mengetahui tips otomotif terkini

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini