Jangan Nyalakan AC pada saat Mesin RPM Tinggi

Hal ini diungkapkan oleh astraworld bahwa menyalakan AC disaat mobil sedang melaju pada putaran mesin bisa menyebabkan kerusakan kompresor AC, nyalakanlah AC pada saat mobil berada pada putaran rendah misalnya pada jalan datar sehingga ketika mobil mulai kerja keras dengan rpm tinggi (tanjakan-tanjakan) AC sudah menyala.
Jika intensitas menghidupkan AC pada RPM mesin tinggi (diatas 1000 Rpm) dilakukan cukup sering maka kompresor AC akan jebol dan tentunya AC juga rusak (harus diperbaiki). Hal ini disebabkan adanya gesekan yang keras antara komponen kompresor Pulley dan Pressure Plate, jika ini terus terjadi maka kerusakan juga merambah pada magnet clutch yang menyebabkan hembusan udara menjadi kurang kencang. Nah solusinya adalah hidupkan AC pada RPM rendah atau bahkan astraworld merekomendasikan saat mobil berhenti (baru dihidupkan), perlakuan ini bisa membuat AC anda awet (terjaga kualitasnya).
Menyalakan AC memang sedikit menyedot kelistrikan mobil sama seperti menyalakan lampu, dan kadang-kadang untuk mobil yang sudah berumur atau sistem kelistrikannya buruk (misal; aki aus) memang mempengaruhi performa mobil sehingga terpaksa pemilik mobil menaikkan Rpm mesin saat menyalakan...nah inilah kebiasaan buruk yang kerap merusak sistem AC, jika kelistrikan kurang baik maka perbaikilah listrik mobil dan jangan merubah pola berkendara yang ujung-ujungnya akan merusak komponen lain.
Beberapa kasus yang terjadi pada mobil yang sudah berumur adalah kebocoran listrik sehingga aki sering tekor, atau kondisi aki memang sudah waktunya ganti atau ada beberapa komponen dalam kelistrikan yang rusak sehingga saat mesin menyala tidak mengisi listrik ke Aki

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini