Fortuner dan Innova Uji tabrak Raih Bintang 5 dan 4

Minggu kemaren ASEAN NCAP  (Akhir Februari 2016) baru saja merilis uji tabrak terbarunya yakni terhadap 2 mobil kelas menengahnya yakni Toyota Fortuner 2016 dan Kijang Innova 2016, keduanya berhasil menyabet predikat bintang 5 untuk keselamatan orang dewasa (AOP) dan juga bintang 4 untuk keselamatan penumpang anak-anak (COP).
Menariknya saat ini untuk mendapatkan keselamatan bintang 5 NCAP dibutuhkan fitur ESC atau Electronic Stability Control atau juga disebut VSA atau Vehicle Stability Assist adalah fitur safety/ keselamatan pada mobil yang berfungsi untuk mencegah mobil terpeleset saat berbelok. Sistem keselamatan ini berupa keseimbangan rem yang menyesuaikan dengan arah kemudi sebenarnya dengan arah mobil, jika ada perbedaan maka komputer sistem rem akan secara otomatis mengurangi kecepatan pada salah satu roba (bisa belakang kanan, atau depan kiri, atau sebaliknya tergantung kondisi mobil).
ESC atau VSA atau ESP sekarang digunakan sebagai standar keselamatan sebuah mobil (terutama NCAP) untuk mencapai predikat tingkat keselamatan tertinggi yakni bintang 5, sedangkan mobil yang tidak dibekali dengan VSA atau ESC ini maksimum hanya bisa memperoleh rating bintang 4 saja.
Nah hasil uji tabrak dari Toyota Fortuner dan Innova adalah:
* meraih poin 14,1 dari 16 poin, poin 14,1 ini sudah cukup untuk meraih bintang 5 untuk perlindungan penumpang dewasa
* sementara untuk keselamatan anak kedua mobil ini menarih tingkat kepatuhan 76% dan itu artinya peringkat bintang 4
Kedua mobil kelas menengah ini sebenarnya sudah cukup baik dalam hal keselamatan, keduanya sudah dibekali dengan teknologi safety terbaru seperti SRS Airbags, Isofix, HAC, ABS, ESC dan lain-lain... mungkin yang perlu dibenahi lagi oleh toyota adalah bagaimana meningkatkan standar keselamatan untuk anak karena meskipun sudah lumayan bagus yakni bintang 4
Jika melihat rating/ bintang yang diperoleh memang sudah cukup baik, tapi jika dilihat dari skor yakni 14,1 dari 16 poin tentunya masih ada yang harus lebih diperbaiki lagi agar Fortuner dan Innova tak hanya sampai di 14,1 akan tetapi bisa di angka 15,3 keatas seperti mobil-mobil eropa dan amerika misalnya Ford, berikut adalah rating salah satu mobil ford (Ranger) dalam uji tabrak di ASEAN NCAP


Tidak ada komentar:

Isi komentar disini