Cara Mudah Mengganti Karet Wiper Sendiri (tanpa ke bengkel)

Karet wiper (baik untuk kaca depan dan kaca belakang) pada mobil setidaknya harus diganti setiap tahun sekali, karet yang terletak diluar ini memang memiliki usia pakai 1 tahun dimana kalau lebih dari 1 tahun maka karet menjadi getas/ mengeras. Karet wiper yang getas/ mengeras/ kehilangan elastisitasnya berakibat pada tidak maksimalnya sapuan dalam menyeka air hujan...bahkan akibat yang lebih buruk karet wiper yang mengeras dapat menggores kaca mobil sehingga menggangu visibilitas dan keindahan mobil.
Nah bagaimana mengganti karet wiper tanpa harus kebengkel (diganti sendiri), sebenarnya hal ini cukup mudah yakni pecinta otomotif tinggal membeli karet wiper di bengkel mobil/ car care... usahakan cari yang original (di bengkel resmi) sehingga selain materialnya terjamin berkualitas pemasangan juga pasti pas dengan wiper (rumah karet wiper tersebut). Jika terpaksa membeli karet wiper aftermarket usahakan membeli wiper dengan ukuran yang sama dan membawa contoh karet wiper yang akan diganti.
Salaah satu tanda karet wiper minta diganti adalah jika setelah menyeka dia menyisakan kotoran/ debu/ bercak air di kaca, kemudian tandanya lagi karet wiper berbunyi decit saat menyeka, sapuan air tidak sempurna (ada bagian yang tidak terseka), karet wiper pecah-pecah dan karet mengeras. Nah jika terdapat tanda-tanda tersebut meskipun belum 1 tahun pecinta otomotif seharusnya mengganti karet wiper tersebut, harganya relatif tidak mahal sekitar 50 ribu untuk yang murah.
Berikut adalah step-step atau tahap-tahap mengganti karet wiper sendiri:
1. release wiper dari kaca mobil (berdirikan wiper)/ angkat wiper dari kaca mobil...posisinya seperti saat parkir lama maka wiper juga diangkat dari kaca agar tidak menyentuh kaca, pecinta otomotif bisa menmpatkan handuk pada kaca saat melakukan penggantian karet wiper ini yang tujuannya berjaga-jaga agar tidak ada logam yang membaret kaca mobil seandainya terjadi apa-apa2.
2. Setelah wiper terangkat (tegak lurus) bisa dilepaskan tanpa jatuh ke kaca mobil maka carilah penjepit/ pengait antara lengan wiper dengan bilah wiper (rumah karet wiper)...ada pengait diantara bilah wiper dan lengan
3. Setelah bilah wiper pertama/ rumah wiper dilepaskan bersihkan kotoran pada rumah wiper tersebut
4. Lepas karet dari frame (bingkai karet) dengan menarik klip karet yang ada di ujung bingkai
5. lepaskan juga besi panjang (sebagai tulang karet)
6. masukkan karet yang baru (baru dibeli) dengan cara menggeser bagian bawah, pastikan karet wiper berada di rell pada frame atau rumah karet
7. Pasang besi panjang yang menjadi tulang karet
8. kunci dengan menekan klip pada ujung frame/ bingkai karet
9. rumah wiper dengan karet yang baru suah siap dipasang pada lengan wiper
Pecinta otomotif sebenarnya memiliki pilihan apakah hanya mengganti karet wiper, atau sekalian mengganti rumah wipernya...jika mengganti rumah wipernya sekalian biasanya harganya juga lebih mahal yakni sekitar 200 ribuan itu belum ongkos pasang dibengkel kalau ditotal jika mengganti rumah wiper dan karet wiper dan dikerjakan di bengkel bisa habis 300 ribuan, nah kalau diganti sendiri apa lagi hanya karetnya saja bisa menghemat banyak bukan :-)
untuk lebih jelas pecinta otomotif bisa melihat buku panduan/ manual mobil tentang bagaimana cara penggantian wiper... wiper ini sebaiknya diganti pada awal musim penghujan (setahun sekali) agar saat dibutuhkan menyeka hujan kinerja wiper benar-benar optimal

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini