Penyebab Mobil Bekas kini Laris Manis

Dalam dua bulan terakhir penjualan mobil bekas terutama di jakarta mengalami kenaikan yang cukup signifikan/ penjualannya laris manis, hal ini seperti diungkapkan Kosasih sebagai Marketing Manager WTC Mangga dua bahwa penjualan mobil bekas melampaui target mereka selama tahun 2015, Kosasih mengatakan bahwa selama tahun 2015 target mereka menjual mobkas sebanyak 30 ribu unit tetapi diluar dugaan penjualan bisa menembus angka 38 ribu unit mobil bekas.
Pada Bulan Januari lalu (2016) mobil bekas yang terjual sebanyak 2.700 sedangkan pada bulan Februari sampai tanggal 25 sudah terjual sekitar 2.500 unit mobil bekas sehingga diperkirakan alhir bulan Februari bisa menyentuh 3.000 atau paling tidak bisa melebihi angka 2.700 pada bulan sebelumnya.
Ditanya mengenai penyebab kenaikan permintaan mobil bekas, sebabnya ada beberapa macam yang bisa disarikan antara lain:
1. Mobil baru banyak yang telat keluar sehingga banyak pembeli yang mengalihkan ke membeli mobil bekas
2. Harga Mobkas yang murah, dengan uang muka 15 sampai 20 juta saja pembeli bisa membawa pulang mobil, murah bukan? nah bandingkan kalau membeli mobil baru...
3. Adanya trend penggunaan armada Grab Car atau Uber Taxi, syarat untuk jadi armada grab car yakni usia mobil tidak lebih dari 5 tahun... sedangkan mobil dengan usia 0-4 tahun sangat banyak, dan kebanyakan pembeli untuk usaha taxi ini membeli avanza/ xenia keluaran 2012 yang mana kalau dihitung usianya masih 3-4 tahunan.
Hal yang sepertinya seperti gayung bersambut adalah antara uang muka yang ringan dan bisnis taksi, banyak konsumen yang membeli mobil bekas untuk dibisniskan kembali yakni dengan cara mendaftar di Grab Car sebagai armadanya... jika bisa menjalankan maka bisnis taksi ini sangat berpotensi karena bisa seperti taksi pada umumnya akan tetapi tidak harus kena syarat macam-macam misalnya plat nomor tidak harus berwarna kuning atau perusahaan tidak membebankan pajak ke penumpang,,,karena grabcar juga gak kena pajak alhasil tarif bisa lebih ringan.
Estimasi dari pembeli adalah dengan DP 15-20 juta jika dibuat usaha sehari untung 300-400 ribu sebulan sudah dapat 9-10 juta; cukup untuk biaya perawatan mobil, nyicil mobil dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Lumayan bisa seperti Gojek meskipun ini mobil.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini