Honda Freed Kecil Bermesin 1000 cc dengan Turbo segera Hadir

Honda Freed bakal keluar dengan mesin yang lebih kecil, hal ini diungkapkan CEO Honda di Jepang Takahiro saat konferensi pers tentang debut Honda Freed 1000 cc yang bakal dijual di beberapa negara Asia seperti Jepang, Indonesia maupun Hongkong. Takahiro mengungkapkan bahwa Honda Freed 1.0 ini akan dilaunching di Jepang pada tahun ini, sementara untuk bentuknya belum banyak yang mengetahui bagaimana akan tetapi menurut sumber bahwa Mobil Freed baru ini memiliki dimensi yang bisa dikatakan sama dengan freed yang beredar sekarang akan tetapi mengalami perubahan minor seperti pada: bumper, lampu depan, adanya lekuk-lekuk yang lebih banyak pada sisi mobil. Pada bagian Interiornya Freed 1.0 ini dibekali dengan fitur Honda Connect dan Consol baru.
Uniknya Mesin Freed ini akan memakai 3 silinder saja, berkapasitas 1000 cc dan mampu mengeluarkan tenaga sampai 127 Hp... wah sangat besar ya tenaganya mencapai 127 Hp hanya dengan mesin kecil 1000 cc, sebagai catatan mesin 1000 cc 3 silinder yang ada di Indonesia saat ini rata-rata hanya sanggup mengeluarkan tenaga sampai 65 Hp saja (Toyota Agya, Karimun Wagon R, Daihatsu Ayla)... cukup menarik nih, apakah dengan 3 silinder dan tenaga 127 Hp mesin Honda Freed terbaru bakal lebih irit atau tidak beda jauh dengan freed sekarang.
Tetapi jika melihat namanya with Turbo maka tidak heran jika tenaga maksimum yang bisa dibuat adalah 127 Hp, hal ini disebabkan adanya turbo pada mesinnya... Turbo ini akan meningkatkan akselerasi mobil pada saat putaran mesin menyentuh RPM tertentu dan penggunaan turbo ini memang lagi trend sekarang, kelemahan turbo adalah tenaga yang besar tersebut hanya aktif pada rentang putaran mesin yang sempit sehingga tidak mudah untuk mengeluarkan tenaga puncak dari mesin berturbo tersebut, akan tetapi kelebihannya selain tenaganya besar juga pada sensasi mengendarai mesin turbo yang ketika sedang enak menginjak gas tiba-tiba terjadi loncatan tenaga/ akselerasi/ tarikan mobil.
Sebagai catatan jika Honda Freed yang beredar saat ini di Indonesia memakai mesin 1500 cc, 4 silinder yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 118 Hp dan dijual dengan harga paling murah 226 juta rupiah,,, nah lantas apakah freed terbaru yang memakai mesin lebih kecil dan jumlah silinder hanya 3 buah bisa lebih murah dari freed sekarang?
Harapannya Freed 1.0 nanti bisa dijual murah atau bisa masuk dalam segmen mobil LCGC jika melihat mesinnya yang kecil tersebut, konsumsi BBM bisa dibuat irit asal turbo jangan sampai aktif :-), paling tidak dua syarat untuk menjadi mobil LCGC sudah bisa dipenuhi yakni dari kapasitas mesin dibawah 1200 cc dan konsumsi BBM yang lebih irit dari 1:20. Jika kita berkaca pada honda brio satya yang memakai mesin 1200 cc dan bersilinder 4 akan tetapi body lebih kecil bisa menjadi mobil LCGC apa lagi Honda Freed dengan mesin yang lebih kecil dari Brio Satya...andaikata masuk Indonesia kami rasa arahannya bakal kesana yakni sebagai mobil MPV LCGC

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini