Honda BR-V lebih diminati dibanding Mobilio

Paling tidak hal ini terbukti dari banyaknya penjualan secara wholesale dari pabrik ke dealer, pada awal tahun 2016 (Bulan Januari) Honda BRV menempati urutan pertama mobil paling laris Honda dan mengalahkan Mobilio yang pada tahun lalu menjadi yang terlaris. Januari kemarin BRV terjual sebanyak 6627 unit sedangkan mobilio hanya 2904 unit (sangat jauh), hal ini bisa disebabkan oleh 2 hal yakni memang turunnya masyarakat pada honda mobilio atau naiknya animo masyarakat pada mobil berjenis Crossover atau SUV.
Dua mobil honda yang meningkat tajam penjualannya secara wholesale adalah Honda BRV dan Honda HRV, jika BRV memang tahun 2016 ini efektif melakukan penjualan dan mencatatkan hasil yang fantasttis dengan menduduki posisi pertama mobil terlaris Honda, beda dengan HRV yang sedikit lebih lambat kalau tahun lalu HRV masih dibawah Honda Mobilio akan tetapi sekarang menyalip diatas penjualan Mobilio.
Pihak Honda sendiri menyatakan hampir tidak percaya bahwa kelas Crossover/ SUV compat ini mendapat apresiasi yang luar biasa oleh masyarakat padahal pangsa pasarnya relatif kecil jika dilihat, seperti diketahui pangsa pasar BRV sebenarnya adalah konsumen di pasar Terios dan Rush. Akan tetapi jika penjualannya jauh melebihi MPV kami (Mobilio) artinya pangsa pasarnya sangat besar atau trend pasar otomotif tanah air telah berubah, yang dulunya lebih menyukai MPV kini lebih banyak yang menyukai SUV.
Data Penjualan Honda Bulan Januari 2016
Berikut adalah daftar penjualan wholesale mobil Honda Bulan Januari 2016:
1. Honda BR-V: terjual sebanyak 6.627 unit mobil
2. Honda HR-V: terjual sebanyak 4.601 unit mobil
3. Honda Mobilio: 2.904 unit mobil
4. Honda Brio Satya: 1.918 mobil
5. Honda Jazz: 1.428 unit mobil
6. Honda CR-V: 866 unit mobil
7. Honda Brio: 727 unit
8. Honda Freed: 287 unit
9. Honda City: 46 unit
Trend perubahan pangsa pasar mobil menyukai SUV ini sebenarnya sudah mulai berlangsung beberapa tahun belakangan di luar negeri, permintaan akan mobil SUV terus meningkat meskipun tidak secepat di sini akan tetapi sebenarnya di sana sudah lebih dahulu pasarnya bergeser. 
Konsumen lebih memilih mobil Crossover/ SUV karena mobil tersebut dipandang yang paling fungsional, selain mesinnya yang lebih tangguh ground clearance juga tinggi akan tetapi layaknya mobil MPV kini mobil SUV juga bisa memuat banyak penumpang (contoh BRV) yang bisa untuk 7 orang, sama kan dengan moilio akan tetapi lebih bisa leluasa membawa penumpang di jalan-jalan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.
Perbedaan Honda BRV dan HRV
Jika kita melihat ke dua mobil ini meskipun sebenarnya sama-sama mobil Crossover SUV/ Compact SUV akan tetapi memiliki perbedaan yang mendasar antara Honda BR-V dan HR-V, apa saja:
Honda HRV lebih bertenaga
Honda HRV lebih mahal dan memilii 2 varian mesin yang mana paling kecil adalah 1500 cc yang bertenaga sekitar 120 Hp (sama dengan BRV), kemudian varian yang kedua adalah HRV dengan mesin 1800 cc yang bertenaga 139 Hp
Sedangkan Honda BRV bermesin 1500 cc dengan tenaga 120 Hp, mesin ini sama dengan HR-V 1500 cc, kalau dilihat dari tenaga mobil ternyata BR-V dibawah HR-V. Besaran tenaga mobil dalam jenis yang sama ini kerap menunjukkan kelas mobil dimana Honda HR-V sedikit berkelas diatas Honda BRV sehingga pangsa pasarnyapun berbeda
Berikut adalah Spesifikasi Honda HR-V
Honda BRV dibekali 7 kursi
Nah selain tenaga jumlah seat (kursi) juga sangat menjadi perbedaan terutama di mata konsumen, konsumen saat ini masih sangat mempertimbangkan daya muat mobil  terutama kelas mengengah bawah...meskipun mobilnya bagus kalau kapasitas penumpang kecil bisa-bisa gak dibeli tuh
Kalau kita melihat honda HR-V memiliki jumlah kursi 5 orang saja (sangat berbeda bukan?), jumlah kursi ini juga menentukan segmen pasar sebuah mobil... jika pada kelas bawah jumlah kursi sangat diperhitungkan maka berbeda di segmen kelas yan lebih atas dimana kapasitas penumpang bukan masalah yang berarti yang penting mobil memiliki kemampuan luar biasa dengan mesin yang besar dan berkemampuan melintasi medan ekstrim seperti tanjakan/ turunan curam/ jalan licin/ berpasir/ berbatu dan lain sebagainya
Honda HRV lebih banyak fitur
Hal ini mau diakui atau tidak karena memang HRV memiliki fitur-fitur yang lebih berkualitas mulai dari material mobil (eksterior/ interior), mesin, fitur yang dimiliki misalnya fitur pada sistem rem yang dibekali ABS dan EBD, fitur audio video touch screen, rear camera (parkir), start stop engine, transmisi paddle shift dan lain sebagainya.
Honda BR-V lebih murah
Untuk mobil Crossover/ SUV dari honda, BRV menjadi mobil termurah dengan harga jual mulai 226 juta rupiah (varian terndah) sampai 261 juta rupiah (BRV varian tertinggi), update harga per tanggal 15 Februari 2016. Semantara harga HR-V termurah adalah 252 Juta Rupiah sedangkan HR-V termahal sampai 367 juta rupiah.
Paling relevan atau terasa perbandingan kedua mobil ini jika kita membandingkan varia teratasnya yakni antara Honda HRV 1.8L Prestige (367 juta) dengan BRV Prestige CVT (261 juta), karena disana jelas sekali perbedaannya fitur-fiturnya lengkap tanpa dikurangi.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini