Apakah Honda Indonesia tidak Mengekspor Mobil?

Indonesia saat ini adalah salah satu negara produsen mobil/ eksportir mobil untuk mencukupi kebutuhan mobil-mobil di Asia, meskipun yang memproduksi mobil adalah perusahaan asal jepang yang membuat pabrik di Indonesia seperti Toyota, Nissan, Honda, dll.
Beberapa tahun terakhir kita sering mendengar tentang ekspor mobil Toyota, lantas kenapa jarang kita mendengar Honda Indonesia mengekspor mobil?
Setelah tanya pada pihak HPM ternyata Honda Indonesia memang tidak mengekspor mobil secara utuh melainkan komponen-komponen mobil seperti sistem transmisi, silinder, blok mesin, dan lain sebagainya. Masih menurut Jonfis Fandi selaku Direktur pemasaran HPM (Honda Prospect Motor) Indonesia, bahwa ekspor komponen kita cukup besar dan tak kalah dengan ekspor mobil utuh. Dia juga mengatakan bahwa untuk mencukupi kebutuhan dalam negri Indonesia saja Honda masih kewalahan.
Oooh rupanya ini alasan Honda tidak terdengar mengeksport mobil, jadi kalau disimpulkan ada 2 yakni:
1. Mereka mengekspor mobil tidak dalam bentuk utuh, melainkan dalam bentuk komponen untuk dirakit di negara tujuan....
2. Kebutuhan mobil dalam bentuk utuh dalam negri terbilang besar sehingga Honda masih fokus pada pemenuhan mobil dalam negri
Ini memang terkait kebiasaan bisnis, honda memang lebih suka mengirim dalam bentuk part.... seperti pada motor honda pun banyak part-part yag didatangkan dari luar negri dan dirakit di Indonesia

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini