Mengganti Velg Mobil yang lebih besar ini Resikonya

Mengganti velg mobil dengan ukuran yang lebih besar daripada ukuran standar pabrikan akan menimbulkan beberapa konsekwensi yang harus diterima, tak dapat dipungkiri bahwa mengganti ukuran velg dengan yang berdiameter besar bisa membuat penampilan mobil semakin bagus, mobil makin mantap urusan handling (belok-belok), cengkeraman ke aspal lebih baik dan pengereman yang lebih baik.
Akan tetapi ternyata ada dampak negatif yang harus dipertimbangkan saat mengganti velg tidak sesuai standar pabrikan, yakni kenyamanan akan berkurang. Saat kita mengganti ukuran diamater velg maka hampir bisa dikatakan kita juga akan merubah ukuran ban kita menyesuaikan dengan velg yang baru dan juga menyesuaikan dengan spakbor/ ukuran rumah roda pada mobil (jika tidak diukur maka akan riskan ban menggasruk spakbor saat di jalan bergelombang/ polisi tidur).
Artinya dinding ban akan dikurangi sehingga ban menjadi lebih tipis, yang perlu diketahui bahwa ban memiliki sistem suspensi (dinding ban sebagai sistem suspensi) dimana pengurangan ketebalan pada dinding ban akan menyebabkan sistem suspensi dari ban juga berkurang. nah ini yang dikatakan megurangi kenyamanan, makin besar velg maka makin tipis dinding ban.... tarikan makin ringan akan tetapi hati-hati lewat jalan makadam karena suspensi tidak sebagus sebelumnya. Pedoman yang digunakan saat kita melakukan plus size 1 inch maka kita akan mengurangi ketebalan dinding ban sekitar 5-10 %, jika 2 ich berarti ketebalan ban akan dikurangi 10-20% dari ketebalan semula.
Memperbesar ukuran velg biasa disebut "plus size", nah saat melakukan plus size ini ada semacam kebiasaan jika jangan mengganti velg lebih dari 2 inch dari ukuran velg standar, misalnya jika pecinta otomotif membeli mobil dengan ukuran velg 15 inch maka maksimum plus size adalah menjadi 17 inch (tidak boleh lebih) dengan berbagai pertimbangan mulai keselamatan sampai kenyamanan
Saat mengganti velg ini pertimbangkan pula material velg, bobot velg, lubang baut, dsb. mengingat velg termasuk vital bagi mobil dan salah satu penopang keselamatan berkendara, jangan sampai mengejar tampilan akan tetapi mengabaikan keselamatan kita
baca juga; hal-hal yang menjadi pertimbangan saat mengganti velg mobil

1 komentar:

  1. Bagus tipsnya min hehe
    Tapi kayaknya ga cocok kalo buat mobil rental haha

    Btw barangkali butuh jasa rental mobil di Bandung

    BalasHapus