Konsumsi BBM Mazda 2 sangat irit, tembus 21,5 km per 1 liter

Mazda 2 pada tahun 2015 kembali mengeluarkan produk terbarunya di Indonesia yakni Mazda2 Skyactiv, perbaruan dilakukan hampir seluruh bagian untuk menghadirkan mobil yang efisien dan tetap modern (termaju di fiturnya). Perbaruan desain eksterior yang makin safety yang mendukung stabilitas mobil pada kecepatan tinggi sekaligus meminimalkan gesekan (hambatan) dengan udara, perbaruan interior dengan menjejalkan berbagai fitur keselamatan termutakhir dan kenyamanan penumpang, mesin 1500 cc yang lumayan bertenaga 110 Hp.
Kemarin Mazda2 ikut dalam salah satu tes liga irit yang diselenggarakan oleh salah satu media cetak dan elektronik swasta nasional, nah bagaimana hasilnya? Mazda2 Skyactiv ternyata cukup irit yakni untuk jalan perkotaan konsumsi BBMnya adalah 13,7 km/ liter dengan kecepatan rata-rata 15,5 km/ jam dan jarak tempuh sekitar 80 km. Sedangkan untuk jalan bebas hambatan (TOL) Mazda2 berhasil mencatatkan konsumsi BBM sebesar 21,5 km/ liter BBM, jarak tempuh pengujian di jalan bebas hambatan adalah 227 km dengan kecepatan rata-rata 50 km/Jam.
Konsumsi BBM hatchback kelas medium (harga 200 jutaan) ini bisa dikatakan irit karena setara dengan konsumsi BBM mobil LCGC, sedangkan tenaga Mazda2 jauh di atas mobil LCGC yang rata-rata hanya bertenaga 65 Hp (Istilahnya mobil bertenaga besar tapi irit bensin). Nah apa yang membuat Mazda2 sangat revolusioner dalam hal konsumsi BBMnya? hal ini tak lepas dari keingingan mazda sendiri untuk menghadirkan mobil yang efektif dalam penggunaan BBM karena makin lama BBM makin mahal maka kedepan dibutuhkan mobil-mobil yang hemat dalam konversi BBMnya, penerapan teknologi Skyactiv pada seluruh bagian mobil menjadi kunci keberhasilan Mazda2 menjadi mobil irit.
Sebagai catatan bahwa beberapa tahun silam (2012) mobilku.org pernah mengulas tentang mazda2 yang berkesimpulan mobil penuh fitur (modern) dengan berbagai sensor dengan perangkat digital di dalamnya akan tetapi memiliki kekurangan pada mesin yang kurang efektif dalam mengelola BBMnya, nah kali ini 2016 Mazda2 telah berbenah selain menjadi mobil yang "modern" juga menjadi mobil yang irit dan harga belinya murah.

Pecinta otomotif bisa melihat ulasan tentang mobil Mazda terbaru ini pada ulasan berikut ini:  Kelebihan dan kekurangan Mazda2 Skyactiv

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini