Teknologi Mobil tanpa Sopir sudah dekat

Pengembangan mobil semi otonom maupun full otonom saat ini makin mendekati kenyataan, beberapa perusahaan yang sudah berhasil mengembangkan teknologi mobil full otonom (berjalan sendiri tanpa sopir) antara lain: Google, BMW, Mercedes, Microsoft dan beberapa proyek negara maju.

Sementara untuk mobil semi otonom (teknologi rem otomatis, berbelok darurat otomatis, dll) saat ini sudah banyak tak terhitung yang mengembangkan... yang paling baru dan menggemparkan adalah teknologi software dari blackberry yang dikatakan sudah tertanam di 60 juta mobil (terutama mobil-mobil ford yang beralih ke program blackberry dari sistem windows).
Ford sebagai salah satu produsen otomotif kelas dunia yang terletak di Amerika Serikat ini juga sedang bekerja sama dengan Google untuk mengenbangkan mobil tanpa sopir dalam waktu dekat ini, dilansir dari situs international bahwa awal tahun depan (Januari 2016) secara resmi akan diumumkan ke publik tentang kerjasama mobil otonom ini.
Pihak google mengklaim telah memiliki teknologi software dan hardware mobil otonom karena sudah sejak lama google bereksperimen dan berhasil melakukan ribuan kilometer perjalanan tanpa sopir dengan selamat, sementara Ford siap membenamkan tekologi google itu ke dalam mobil-mobilnya. Diperkirakan tahun 2020 mobil otonom (tanpa sopir) ini sudah bisa diproduksi masal oleh Google dan Ford ini.
Secara prinsip mobil otonom/ tanpa sopir adalah mobil dengan teknologi canggih berbasis komputer dalam perhitungannya, banyak sensor dibenamkan pada bagian depan hingga belakang untuk mendeteksi adanya mobil lain/ benda lain/ manusia/ hewan disekitar mobil... sensor ini berfungsi sebagai indra yang dengan cepat data diolah oleh komputer untuk menentukan respon terhadap benda yang terdeteksi sensor ini,,, kebanyakan respons akan menghindari benda asing akan tetapi juga memperhitungkan keadaan lingkungan sekitar misalnya jika sisi jalan ternyata jurang maka komputer akan secara otomatis mencari jalan yang paling aman dengan mengerem atau bahkan menabrak.
Sementara untuk sistem nafigasi mobil otonom ini menggunakan satelit dan peta digital, peta milik Google maps diprediksi akan digunakan untuk navigasi mobil dan tentunya sistem satelit berbasis GPS adalah perangkat kerasnya. Sampai saat ini peta tercanggih dan terlengkap memang masih dimiliki oleh Google dengan google mapsnya ini
Nah jika tahun 2020 mendatang mobil sudah berteknologi autodriver bisa dikatakan sangat dekat bukan teknologi mobil tanpa sopir ini?

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini