Spesifikasi Mitsubishi Lancer GTI

Mitsubishi Lancer GTI adalah mobil jenis sedan keluaran Mitsubishi tahun 1993 (awal 90an), mobil ini menjadi tren di kalangan pecinta speed pada waktu itu karena selain bodinya yang sporty juga mesinnya yang gahar termasuk paling besar di jamannya. Pemilik mitsubishi lancer GTI ini kebanyakan adalah anak-anak muda yang sedang mencintai kebebasan di jaman itu (pada jaman 90an memang ekonomi Indonesia sangat baik maka tak heran jika banyak anak muda beruang banyak).
Mobil ini keluar dalam 4 tahun yakni antara 1993 sampai 1997, sebenarnya Mitsubishi Lancer GTI ini masuk dalam generasi Lancer Le-Dan Gan yang memiliki 3 varian yakni: Lancer GLX 1500 cc SOHC dengan pasokan bahan bakar karburator, Lancer GLXi 1600 cc SOHC dengan sistem pasokan bahan bakar Injeksi dan Lancer GTi 1800 cc DOHC 16 Valve Injeksi. Mitsubishi Lancer GTi ini sekaligus sebagai mobil lancer dengan mesin DOHC terakhir untuk dalam negri, Lancer GTi ini juga sebagai varian tertinggi (terbaik) dari seluruh varian (Lancer GLX dan GLXi).
Model yang sporty memikat para anak muda kala itu, bahkan sampai sekarang Lancer GTi juga masih enak dilihat istilahnya desainnya abadi meskipun banyak mobil baru tapi GLX ini tak mudah ditinggalkan. Mesin yang bernuansa sport membuat pecinta speed juga seang dengan kemampuannya, bayangkan saat itu mobil-mobil keluaran produsen lain paling besar masih bertenaga 120 Hp (Honda Civic), honda civic adalah saingan terberat Lancer GTi ini, honda civic juga terkenal sebagai mobil yang berkualitas dan cepat.
Tenaga Mitsubishi Lancer GTi ini bisa menyentuh angka 140 Hp wah sangat besar bukan? apa lagi jaman itu, jaman sekarang aja tenaga 140 Hp tergolong besar, sebagai perbandingan avanza 1500 cc hanya bertenaga 94 Hp. Makin besar tenaga tentunya tarikan mobil juga makin enteng, akselerasi atau pertambahan percepatan makin baik. Mobil ini dibekali sistem transmisi manual dan otomatis, bermesin 4 silinder 16 katub berpenggerak roda depan. Mobil ini sepertinya memang diperuntukkan bagi pecinta speed atau mobil balap (sport) jika melihat kecepatan maksimumnya sampai 210 km/jam padahal rata-rata mobil jaman sekarang hanya 150-180 km/jam
Berikut ini spesifikasi Mitsubishi Lancer GTi
* Jenis mobil: Sedan
* Jumlah pintu: 4
* Jumlah Seat: 4/5
* Jarak Sumbu Roda: 2500 mm
* Panjang keseluruhan: 4275 mm
* Lebar: 1690 mm
* Tinggi: 1375 mm
* Berat kosong: 1040 kg
* Kapasitas tangki BBM: 50 liter
* Jenis mesin: petrol atau bensin
* Perusahaan pembuat mesin: Mitsubishi
* Tahun produksi: 1993 sampai 1997
* Kode mesin: 4G93
* Kapasitas mesin: 1834 cc atau biasa disebut 1800 cc
* Jumlah silinder: 4 buah
* Jumlah katup: 16 (per silinder ada 4 katup)
* Tenaga maksimum: 140 Hp (horse power) pada putaran mesin 6500 Rpm
* Torsi maksimum: 167 Nm pada putaran mesin 5500 Rpm
* Rasio Kompresi: 10,5 : 1 (wah seperti mobil jaman sekarang, padahal jaman itu rata-rata rasio kompresi masih 9,0 : 1 sampai 9,7 : 1)
* Sistem pasokan bahan bakar : EFI (injeksi elektronik)
* Sistem pendingin/ radiator: air
* Akselerasi dari kecepatan 0 km/jam sampai kecepatan 100 km/jam : 7,6 detik
(sangat cepat ini, sebagai perbandingan honda Jazz keluaran terbaru 2016 memiliki akselerasi 10,2 detik padahal Jazz paling cepat dikelasnya dibanding mobil lain seperti yaris/ yang lain)
Nah setelah membaca spesifikasi lancer GTi tahun 1993 mungkin pecinta otomotif mulai percaya bahwa mobil tersebut dijamannya jadi kebanggan anak muda (raja di jamannya 90an)
Sampai saat ini mobil ini juga masih banyak dipakai, meskipun penggunaannya bukan untuk balap lagi karena faktor usia akan tetapi mengendarai mobil ini seperti serasa kembali ke jaman saat kita masih muda :-)
Oh iya untuk harga pasaran Mitsubishi Lancer GTi ini juga tergolong murah, untuk saat ini lancer GTi keluaran pertama (sekitar tahun 1993) dijual paling murah 40 juta rupiah sedangkan keluaran akhir (1996-1997) dijual rata-rata paling mahal 60 juta rupiah.
Untuk mobil keluaran tahun segitu memang tak hanya melihat tahun akan tetapi kondisi mobil misalnya; body ada keropos gak, mesin enteng gak, suspensi masih bagus atau tidak, cat bagus atau tidak, surat-surat lengkap atau gak dan juga apakah dari tangan pertama? karena jika masih tangan pertama maka mobil biasanya dirawat dengan baik oleh pemiliknya (biasanya sayang pada mobilnya)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini