Mesin Mobil Murah Malaysia Berasal dari Indonesia

Sukses Astra Daihatsu Motor setelah mengeluarkan mobil murah Ayla rupanya menjadi inspirasi Daihatsu Malaysia (nama; Perodua) untuk mengeluarkan mobil sejenis yakni mobil murah hemat bahan bakar dan rendah emisi.
Jika di Indonesia program pemerintah bernama LCGC akan tetapi di Malaysia program serupa bernama EEV atau kendaraan dengan efisiensi tertentu; dengan kehematan 4,5 liter untuk 100 km dengan berat kosong mobil 800 kg atau lebih kecil, sedangkan untuk kendaraan dengan bobot diatas 800 kg efisiensi bbm bisa 5 liter untuk menempuh jarak 100 km.
Nah mesin ayla ternyata sanggup mencapai efisiensi tersebut, tak heran karena di indonesia pun Ayla memiliki konsumsi bbm 5 : 100 (5 liter untuk 100 km), jika di malaysia akan bisa lebih hemat lagi karena kontur jalan di sana lebih rata (tidak bergelombang) dan lebih halus sedangkan BBM yang digunakan standart disana adalah RON 97 (setara diatas pertamax plus).
Perodua sudah mengumumkan kalau akan menjual mobil yang mirip ayla, mesin akan didatangkan dari Indonesia sementara body akan dibuat di malaysia dengan ketentuan yang berlaku di negara tersebut. Mobil murah Daihatsu Malaysia tersebut diberi nama "Axia" mirip2 namanya dengan ayla :-)
Perodua sendiri adalah ATPM dari daihatsu di malaysia seperti kalau di indonesia kita mengenal ADM (astra daihatsu motor), nah spesifikasi mesin sama persis dengan ayla yakni berkapasitas 1000 cc dengan memakai 3 silinder 12 valve, tenaga maksimum 65 Hp. untuk harga perodua termurah adalah 23,5 ribu ringgit malaysia sedangkan termahal adalah 26,8 ribu ringgit malaysia
Ide membuat axia sebenarnya sudah sejak pertama kali ayla dikeluarkan di Indonesia (sudah cukup lama juga ya idenya) nah baru sekarang terwujud

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini