arti TRD Sportivo pada Mobil Toyota

Pecinta otomotif tahukah arti dari TRD Sportivo? mengingat banyak sekali sekarang mobil-mobil toyota yang menggunakan logo TRD Sportivo.... arti gampangnya dari TRD S atau TRD Sportivo adalah menjelaskan bahwa mobil tersebut adalah tipe tertinggi Toyota, mobil-mobil Toyota biasanya memiliki tipe/ varian tertentu (misalnya tipe E, tipe G, tipe V, TRD S ataupun TRD Sportivo, dll) dimana tipe-tipe tersebut adalah grade/ penggolongan berdasarkan kualitasnya.
Misalnya Toyota Vios ada yang memiliki tipe E, G dan Sportivo maka dari ketiga tipe tersebut All New Vios TRD Sportivo adalah tipe tertinggi Vios (terbaik sekaligus termahal), setelah itu baru diikuti tipe yang lain misalnya G dan E. Meskipun ini tidak mutlak, artinya tidak semua TRD Sportivo atau TRD S adalah tipe tertinggi (contoh pada fortuner tipe tertinggi adalah tipe V)
TRD atau Toyota Racing Development
TRD sebenarnya adalah kependekan dari "Toyota Racing Development" yang merupakan salah satu divisi di Toyota Corporation yang bertugas melakukan pengembangan komponen (eksterior, interior, sparepart) untuk keperluan mobil balap mereka (Toyota). Toyota Racing Development ini kebanyakan bereksperimen dengan komponen-komponen racing untuk menjadikan mobil terbaik dikelasnya, akan tetapi pada beberapa waktu lalu pihak toyota memanfaatkan divisi ini untuk mengembangkan komponen pada mobil komersial mereka (keuntungannya tentu tak perlu membuat team lagi, karena divisi ini sudah ahli dibidangnya).
Mobil-mobil komersial yang mendapat sentuhan dari divisi ini diberi label TRD oleh Toyota, artinya mobil ini didevelop oleh divisi racing Toyota. logo TRD juga sekaligus sebagai pertanda bahwa ini adalah tipe teratas dari semua varian. Jika sentuhan TRD di Amerika atau di Jepang perbedaanya bisa sampai pada mesin akan tetapi di Indonesia hanya sebatas pada ekstrior/ interior saja.
TRD S dan TRD Sportivo
di Indonesia kita mengenal ada 2 jenis TRD yakni TRD S dan TRD Sportivo yang mana TRD S sebenarnya adalah versi minimalis dari TRD Sportivo.
TRD Sportivo : membenamkan komponen yang bersifat sport dengan unsur balap pada mobil komersial
TRD S : tidak ada unsur balap/ sport akan tetapi dibuat lebih stylish saja dengan tampilan mirip TRD Sportivo.
Jika mobil-mobil Toyota Fortuner memakai TRD Sportivo maka beda lagi dengan Toyota Agya, bukan sportivo tapo TRD S karena memang tak memiliki unsur balap dan sport :-)
Sebenarnya ada satu lagi yakni TRD Product, ini adalah produk komponen mobil yang asli dikembangkan oleh TRD untuk keperluan balap/ sport misalnya velg/ ban/ yang lain akan tetapi TRD Product ini hanya ada di jepang dan khusus untuk keperluan balap tidak untuk kendaraan komersial.
Beberapa mobil toyota yang memakai produk TRD
Di Indonesia ada beberapa mobil keluaran Toyota yang memakai produk TRD antara lain
TRD Sportivo: Toyota New Rusah, Fortuner, New Vios,
TRD S : Toyota Agya, Yaris
TRD : Toyota 86, New Fortuner Diesel
Stiker/ Logo yang mudah dipalsukan
TRD Sportivo sering dipasang begitu saja
Nah saking mudahnya membuat emblem/ logo Toyota TRD Sportivo ini sehingga di bengkel-bengkel aftermarket banyak sekali ditemui/ dijual logo palsu TRD Sportivo (ada yang bentuk sticker atau emblem atau yang lain). Lucu juga melihat avanza ada yang dikasih stiker TRD sportivo? jadinya Toyota Avanza TRD Sportivo :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini