Memilih Velg Mobil yang Berkualitas, Ini Pertimbangannya?

Velg mobil adalah salah satu komponen yang menarik untuk dimodifikasi, tampilan velg yang bagus akan secara signifikan mengubah tampilan mobil menjadi lebih unik dan seperti yang diinginkan pemilik mobil. Velg yang bagus juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar, meningkatkan akselerasi dan menyeimbangkan mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi.
Nah lalu apa saja kriteria sebuah velg dikatakan bagus atau paling tidak cara memilih velg yang bagus? berikut adalah caranya
Velg alloy terbuat dari campuran baja dan alumunium, pemilihan material yang baik (jenis baja dan alumunium) akan menghasilkan velg alloy yang ringan akan tetapi kuat, pemrosesan yang baik juga sangat mempengaruhi kualitas velg karena melebur dua macam logam tidaklah mudah sehingga proses (peleburan dan pendinginan) yang kurang baik/ merata biasanya menimbulkan retak di dalam velg yang biasanya menyebabkan pecah velg (hindari memilih velg dengan kualitas rendah)
Di pasaran (aftermarket) berkualitas rendah sampai yang bagus, mulai harga murah  dibawah 3 juta sampai yang mahal diatas 10 juta, jenis lubang baut seperti apa dan berapa jumlahnya, dll. Berikut adalah hal umum yang jadi pertimbangan menentukan kualitas velg:

Lokasi produsen velg

Pilihlah velg yang diproduksi oleh produsen dari negara-negara Jepang, Amerika serikat atau negara di Eropa. Produsen dari Eropa, Amerika dan Jepang bisa dikatakan memiliki kualitas no 1 dimana standar mutu negara-negara tersebut terbaik di dunia. Untuk harganya mungkin pecinta otomotif akan merogoh kocek sampai diatas 10 juta rupiah untuk 1 set velg ini.
Pecinta otomotif juga bisa mempertimbangkan velg buatan negara-negara yang dikategorikan kelas 2 yakni buatan Taiwan atau thailand yang biasanya dijual dengan harga 3 sampai 6 juta 1 set, Taiwan adalah salah satu negara yang cukup baik dalam memproduksi campuran 2 logam jadi masih cukup recomended jika velg berasal dari negara ini.

Teknik pembuatan

ada 3 macam teknik pembuatan velg yakni; forged wheel, pressure cast wheel, velg cast wheel. Dari ketiga macam pembuatan velg ini cukup aman digunakan akan tetapi diantara ketiganya proses pembuatan yang paling baik adalah forged wheel. Kalau bisa pilihlah velg yang dibuat dengan cara forged wheel

Merk velg yang bagus

usahakan membeli velg dari produsen yang sudah punya nama baik/ reputasi. Beberapa merk berikut cukup baik dengan harga yang relatif murah: Enkei, Speedline, TRD, Mugen, Weld Racing, K-Speed, Pegasus, BBS, Enkei, Lorinser dan 5 Zigen. Sedangkan velg-velg kelas atas buatan eropa dan amerika antara lain AMG, Carlsson, Project Kahn, DPE, Vellano dan HRE.

Belilah di toko velg yang memiliki reputasi

hal ini untuk menghindari adanya penipuan seperti penggunaan velg palsu ataupun produk replika, hal ini sangat berbahaya dimana replika kualitasnya sangat jelek dibanding velg asli dengan merk yang jauh dibawahnya.

Tes dengan pukul

beberapa orang mengetes kualitas velg dengan cara menggantungnya dengan karet kemudian memukulnya dengan obeng untuk mengetahui bunyi (denging velg), velg yang bagus saat dipukul dengan obeng akan berbunyi halus tapi lama, sedangkan velg dengan material dan pemrosesan yang buruk akan berbunyi keras tapi dengungnya sangat sebentar. Pecinta otomotif juga bisa menggunakan cara ini jika mahir

Spesifikasi Velg

Spesifikasi velg adalah pengetahuan secara teknis tentang velg tersebut, jika beberapa point diatas kita membahas hal yang non teknis maka sekarang kita bahas teknis tentang velg. Ada beberapa patokan untuk mencocokkan velg yang akan kita beli dengan mobil kita, karena bisa saja velg tersebut tidak cocok untuk mobil kita antara lain:

Ukuran PCD

PCD atau Pitch Centre Diameter adalah jarak antar lubang baut dimana ini harus sesuai dengan mobil kita, biasanya untuk mobil kecil seperti city car dan small sedan memiliki ukuran PCD velg 100 mm, sedangkan untuk mobil yang lebih besar lagi biasanya memiliki ukuran 114 mm.

Jumlah lubang baut

Selain melihat ukuran PCD/ jarak antar lubang, maka yang tak kalah penting juga melihat berapa jumlah lubang. Jumlah lubang baut ini bermacam-macam ada yang 4 ada yang 5, 6,7 dan seterusnya akan tetapi yang terpenting adalah sesuaikan dengan mobil.
Biasanya ukuran PCD dan lubang baut ini tertera dalam satu kode misalnya 4 x 100 yang artinya memiliki 4 lubang dengan jarak antar lubang 100 mm

Ukuran velg

jangan sampai membeli velg dengan ukuran yang salah dimana mobil bisa diganti/ dimodifikasi dengan velg yang lebih besar hanya 2 inch saja (tak boleh lebih), jika pecinta otomotif terlalu besar memilih velg mobil dimungkinkan ban akan mentok ke fender mobil. Misalnya pecinta otomotif memiliki mobil dengan ukuran velg standar adalah 14 inch maka jika ingin menambah besar velg hanya boleh sampai ukuran 16 inch saja, diatas itu cukup berbahaya dan banyak yang tidak menyarankan

Offset Velg

Offset velg adalah ukuran lebar tapak, semakin lebar offset velg maka jika dipasang akan terlihat keluar dari fender. Beberapa dampak buruk jika memasang velg yang terlalu lebar sampai keluar fender antara lain: ban tergerus fender sehingga mudah aus, fender penyok karena bergesekan dengan ban, kerusakan kaki-kaki/ sistem suspensi. Ukuran lebar tapak velg ini biasanya dinyatakan sebagai ET

Prinsip kenyamanan

Merubah velg menjadi lebih besar akan berdampak pada penggunaan ban yang memiliki profil lebih tipis untuk menghindari gesekan dengan fender, ban yang tipis ini ternyata kurang baik dalam hal kemampuan meredam kejut saat melintasi jalan bergelombang atau jalan berbatu sehingga mobil akan terasa lebih keras.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini