Kelebihan Mesin Turbo

Mobil jaman sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan mesin turbo, torbo ini bisa dibenamkan pada mesin bensin ataupun mesin diesel yang mana tujuan dari pembenaman teknologi turbo adalah mendapatkan tenaga yang besar pada putaran mesin tertentu dan berkarakter spontan.


Mesin turbo ini beberapa tahun lalu hanya dibenamkan pada mobil-mobil berkarakter SUV akan tetapi saat ini mesin turbo juga dibenamkan pada mobil sedan dan MPV karena selain memberi pengelaman berkendara yang unik pada penumpang juga memberikan keuntungan pada produsen. Tercatat dengan pembenaman turbo, tenaga maksimum mobil bisa meningkat dari 100 Hp ke 140 Hp, besaran tenaga maksimum (yang dapat dicapai mesin) akan menambah daya jual mobil seolah-olah mobilnya bertenaga besar padahal efek dari turbo itu sendiri.
Mengendarai mobil yang dilengkapi turbo sangat mengasyikkan, pada putaran mesin tertentu turbo akan aktif dan melonjakkan daya mesin sehingga mobil seperti mendapat daya tambahan/ dorongan.
Kelebihan mobil turbo dibanding mobil dengan mesin tanpa turbo adalah yang pertama jelas tenaga maksumum lebih besar, yang kedua ini masalah sensasi/ rasa mengemudi yang lebih fun dan memacu adrenaline. Sementara kekurangan mesin turbo adalah pertlu perawatan ekstra terutama pelumasan, kekurangan lain adalah perlunya beradaptasi dengan turbo mobil karena jika tidak maka hentakan turbo justru mengagetkan driver dan bisa berakibat fatal (terutama pengemudi cewek).
Sebenarnya apa mesin turbo itu? selengkapnya bisa dibaca di tentang mesin yang memakai turbo
Mesin turbo adalah mesin biasa yang dilengkapi dengan sebuah kipas untuk memasukkan udara yang lebih banyak pada ruang bakar sehingga pembakaran bisa lebih optimal, kelengkapan turbo yang baik adalah Turbo Charger dan Turbo Intercooler yang mana turbo charger berfungsi memasukkan udara sedangkan turbo intercooler berfungsi menyeimbangkan suhu agar mesin tidak terlalu panas akibat pasokan udara yang banyak.
Mesin turbo yang terpasang ini sedikit berbeda dengan mesin turbo yang digunakan untuk balap karena jika pada mobil balap modifikasi turbo bisa diaktifkan dengan menekan tombol/ panel turbo, akan tetapi pada kebanyakan mobil sekarang turbo akan aktif secara otomatis saat mesin berjalan pada kecepatan tertentu dan putaran (Rpm) mesin menyentuh angka tertentu. Tertentu ini berbeda-beda pada tiap mobil, bisa 4000 Rpm atau 3000 Rpm atau yang lain.
Pada kasus-kasus tertentu pembenaman turbo pada mobil tak hanya 1 turbo bahkan bisa sampai 4 turbo, wah hebat kan 4 turbo secara bersamaan aktif tenaganya juga naik dengan drastis :-)
Untuk teknologi turbo saat ini biasanya sesaat sebelum turbo aktif akan terjadi pengurangan tenaga, setelah itu tenaga/ akselerasi akan melonjak dengan cepat. Nah saat terjadi kekurangan tenaga ini disebut turbo lag, hal ini adalah hal biasa dan pecinta otomotif tak perlu merasa bahwa ada kerusakan..
Sedangkan cara mengetahui pada RPM berapa turbo aktif, pecinta otomotif perlu mencoba-coba denganmenginjak gas dan mencoba berbagai putaran mesin agar mengetahuinya dan tidak kaget saat melaju di jalan yang ramai.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini