Jeep Wrangler Kelebihan Kekurangan dan Spesifikasi

Jeep Wranger adalah mobil petualang jenis SUV bertampilan klasik yang dikeluarkan oleh produsen otomotif asal amerika "Jeep", varian terbaru Jeep Wranger adalah Rubicon 3000 cc V6 Pentastar atau populer disebut Jeep wrangler Rubicon saja.

Jeep Wranger masuk dalam kelas High SUV atau SUV kelas atas yang dijual paling murah 760 jutaan (harga baru), meskipun telah mengalami kenaikan pajak yang cukup signifikan pada tahun yang menyebabkan harga jualnya naik cukup besar akan tetapi penghobi mobil Jip (adventure) ini tetap tidak mengalami penurunan. Penjualan mobil yang berpenggerak 4x4 ini selama tahun 2013, 2014 dan 2015 mencapai 1000 unit lebih (di Indonesia) dalam setahunnya sehingga bisa dibilang menguasai SUV kelas atas di Indonesia dan Jeep mempertahankan pangsa pasar di tanah air.




Jika melihat harga dan kualitasnya maka tak rugi membeli mobil ini, dengan harga diatas 800 juta rupiah kita mendapatkan mobil yang sangat berkualitas mulai material logam yang digunakan, fitur-fitur outdoor, interior, safety, kenyamanan, mesin dan lain sebagainya yang akan kita ulas... bandingkan dengan mobil-mobil seperti fortuner/ pajero yang harganya sudah 500 jutaan nambah sedikit sudah dapat mobil yang benar-benar berkualitas dan memiliki image mobil kelas atas.
Eksterior Jeep Wrangler Rubicon
Jeep Wrangler secara teknis memiliki dimensi/ ukuran panjang body 4223mm , lebar 1865 mm dan tinggi 1873 mm. Ground Clearance Jeep Wrangler cukup tinggi yakni 254 mm atau 25,5 cm, memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) 2423 mm dan ukuran ban 255/75R17.
Untuk eksterior mobil dibuat sangat kuat dengan plat/ body yang tebal sehingga apabila diinjak tidak akan penyok, berbeda dengan body mobil-mobil buatan jepang seperti pajero atau fortuner yang sangat tipis. Selain material yang sangat baik mobil besutan produsen dari Amerika Serikat ini juga didesain unik/ klasik dengan mempertahankan lekuk klasik pada bagian-bagian depan sampai belakang. Meskipun desain klasik akan tetapi fitur mobil ini canggih mulai AC, sistem keselamatan sampai sistem entertaiment.
Jeep Wrangler ini cukup handal dalam melibas medan berbatu dan genangan air, dari uji yang dilakukan mobil ini mampu melewatu batu-batu dengan ukuran sebesar bola sepak dan mampu menerjang genangan air sampai ketinggian 70 cm.
Diperkotaan mobil ini juga sering dipakai, sistem suspensi yang lembut sangat nyaman digunakan sekedar melewati jalan paving perumahan ataupun aspal yang rusak. Yang paling disukai saat membawa jeep wrangler di perkotaan adalah desain mobil yang berotot serta mewah, hal ini sangat kentara dari material yang dipakai (logam/ plastik/ karet) yang menempel pada sekujur tubuh wrangler ini. Memang sering menjadi pusat perhatian mata siapapun yang melihatnya :-)
Interior Wrangler
Pada bagian interior mobil ini tak kalah dengan baian luarnya sederet fitur dibenamkan mulai sistem storage untuk minuman, storage untuk peralatan outdoor, AC iconic, Sistem entertaiment, dll.
Begitu masuk kabin mobil ini adalah banyaknya panel-panel kendali yang ada pada bagian dashboard mobil, terdapat lubang AC berbentuk bulatan pada bagian tengah dashboard yang seolah-olah menantang untuk digunakan, sistem entertaiment berupa monitor layar sentuh untuk mengoperasikan beberapa fitur mobil sampai dihubungkan dengan telepon (smartphone) sehingga bisa berfungsi sebagai GPS dan lain sebagainya.
Pada bagian lingkar kemudi terdapat panel-panel kendali yang bisa memanjakan driver untuk mengoperasikan fungsi tertentu tanpa menjangkau dashborad misalnya mengangkat telepon atau menghidupkan AC.
Pada dashboard bagian kanan terdapat box storage untuk tempat makanan sehingga terjaga kesegarannya (tetap dingin), pada bagian tengah (antara kursi pengemudi dan penumpang depan) juga terdapat tempat menyimpan minuman ringan agar tak mudah tumpah dan mudah dijangkau. Kursi Jeep wrangler ini dibuat dari meterial berkualitas tinggi sehingga nyaman untuk diduduki.
gambar-gambar yang kami sajikan juga mempermudah memahami fitur mobil ini
Mesin Jeep Wrangler
Jeep wrangler dibekali dengan mesin bensin berkapasitas mesin 2985 cc (atau 3000 cc), jeep wrangler rubicon ini sebenarnya berkapasitas mesin lebih kecil daripada wrangler generasi sebelumnya yang berkapasitas 3600 cc. Penurunan volume mesin ini diklaim untuk mendapatkan konsumsi BBM yang lebih hemat. Wrangler ini memakai 6 silinder dengan jumlah katup 24 buah.
Tenaga maksimum mobil besutan Jeep ini adalah 230 Hp yang diperoleh pada putaran mesin 6350 Rpm cukup besar ya? sementara untuk torsi maksimum sekitar 285 Nm pada putaran mesin 4400 Rpm.
Sistem penggerak Jeep wrangler ini ada yang 4x2 ada pula yang 4x4, untuk tipe Wrangler Sport X memakai penggerak 4x2 akan tetapi untuk Wrangler Sport 4x4 dan Wrangler Rubicon 4x4 memakai penggerak 4 roda. Sementara untuk sistem transmisi Jeep Wrangler ini semuanya memakai sistem transmisi otomatis 5 kecepatan.
Untuk mobil yang berjenis SUV Jeep Wrangler memiliki akselerasi yang cukup lumayan yakni 11 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan awal 0 km/ jam, sedangkan untuk menghentikan laju mobil dari kecepatan 100 km/jam menjadi 0 km/jam hanya dibutuhkan waktu 4,5 detik (cukup lah untuk mobil berharga 800 sampai 1,2 milyar ini)
Perpaduan antara besarnya tenaga mobil + Ground Clearance yang tinggi + Sistem penggerak 4x4 + Desain Eksterior Offroad membuat mobil ini mampu melewati jalan-jalan offroad yang tidak semua mobil bisa melewatinya. Berbagai keunggulan dalam hal fitur dan material yang berkualitas membuat mobil ini juga sangat nyaman dipakai pada jalanan offroad (berpasir, berair, berbatu, tanah, licin, naik-turun, dan lain sebagainya)
Konsumsi BBM Jeep wrangler adalah 6,8 Km per liter BBM untuk dalam kota, sedangkan untuk luar kota konsumsi BBM wrangler ini mencapai 10,5 km untuk 1 liter BBMnya.
Harga Jeep Wrangler
yang dibahas sebenarnya adalah Jeep Wranger Rubicon, akan tetapi kita juga akan memberikan daftar harga tipe lainnya (sport dan sahara), nah ketiga wrangler ini (sport, rubicon dan sahara) memiliki banyak varian pada masing-masing tipenya karena ada yang 2 pintu dan ada yang 4 pintu. Berikut adalah daftar lengkapnya (update akhir 2015)
HARGA JEEP WRANGLER RUBICON
Jeep Wrangler Rubicon 2 door = Rp. 1 mILYAR
Jeep Wrangler Rubicon 2 door COD (MW3) = Rp. 885 Juta
Jeep Wrangler Rubicon 4 door = Rp. 1.070 Juta
Jeep Wrangler Rubicon 4 door Anniversary = Rp. 1.120 Juta
Jeep Wrangler Rubicon 4 door COD (MW3) = Rp. 875 Juta

HARGA JEEP WRANGLER SAHARA
Jeep Wrangler Sahara 2 door = Rp. 940 Juta
Jeep Wrangler Sahara 4 door = Rp. 1.005 Juta
Jeep Wrangler Sahara 4 door Arctiv = Rp. 850 Juta
Jeep Wrangler Sahara 4 door Volcano = Rp. 855 Juta
Jeep Wrangler Sahara Arctiv 2 door = Rp. 790 Juta
Jeep Wrangler Sahara Volcano 2 door = Rp. 795 Juta

HARGA JEEP WRANGLER SPORT
Jeep Wrangler Sport 2 door Mountain = Rp. 700 Juta
Jeep Wrangler Sport 2 door Renegade = Rp. 845 Juta
Jeep Wrangler Sport 4 door Mountain = Rp. 760 Juta
Jeep Wrangler Sport 4 door Platinum = Rp. 775 Juta
Jeep Wrangler Sport 4 door Platinum Diesel = Rp. 980 Juta
Jeep Wrangler Sport 4 door Renegade = Rp. 930 Juta
Jeep Wrangler Sport 4 door X = Rp. 880 Juta




Harga tersebut bisa berubah-ubah, harga hanya untuk perbandingan saja lebih jelasnya bisa bisa mengunjungi dealer Jeep di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dll.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini