Jalan Rawan Razia di Kota Malang

Razia kendaraan bermotor menjadi ketakutan tersendiri bagi pemilik motor yang STNKnya sudah mati atau memiliki kekurangan tertentu misalnya lampu mati dll (seperti saya; STNK hilang). Tulisan kali ini adalah mengenai jalan-jalan di kota malang/ kabupaten malang yang rawan razia polisi terutama untuk kendaraan roda dua berdasarkan pengalaman penulis (diurutkan dari daerah kacuk/ gadang):

* Kebon agung, arah menuju kepanjen di Pos polisi Kebon Agung, terutama dari arah selatan. Sementara dari arah utara (malang) razia biasanya berjarak 300 meter sebelah selatan pos kebon agung. Nah waspada nih :-).... daerah ini paling sering menurut saya
Jl alternatif: memutar lewat belakang pabrik gula kebon agung
* Pasar gadang, lokasi persis adalah disebelah utara stopan/ pos polisi gadang, sedangkan yang di razia biasanya dari arah selatan. Alternatif memutar masuk pasar gadang
* Pertigaan kacuk, biasanya dilakukan di utara pertigaan/ pos polisi kacuk, motor yang dirazia dari arah utara ke selatan, jalan alternatif lewat pinggir rel kereta
* Jalan Raya langsep (jala kembar), disini sering sekali razia baik dari arah selatan maupun arah utara. jl alternatif lewat gang-gang di kanan/ kiri jalan. Jika dari arah selatan kebanyakan razia dilakukan pagi hari, tapi dari arah utara bisa pagi juga bisa malam
* TMP (taman makam pahlawan) Jl Bandung/ Jl veteran, disini juga lumayan sering terutama pagi sampe siang, sementara kalau malam di jalan bandung sebelah barat pom bensin jl bandung. Jika di TMP dan jalan bandung sepertinya gak ada jalan alternatif, yang bisa dilakukan adalah ambil sebelah kanan jalan aja (jangan minggir-minggir ke kiri hehehhe).
* Perempatan ITN, disini sebenarnya jarang akan tetapi jika ada razia maka razia besar-besaran sampai ratusan kendaraan roda dua kena
* Dinoyo (jarang) di sekitar pom bensin tlogomas sampai pasar dinoyo
* Depan polresta, ini sering cegatan dari arah selatan. Biasanya motor yang lewat jalur kanan yang kena cegat karena jalur kanan adalah khusus mobil.
* Letjen Sutoyo, kadang-kadang ada cegatan/ razia kalau pagi tp tidak terlalu sering
* Comboran, biasanya razia malam hari
* Karang Ploso, daerah timur pertigaan pasar karangploso, yang dirazia biasanya dari arah barat
* Payung Batu, ini cukup sering letaknya tidak pasti akan tetapi di daerah payung di tikungan-tikungan, biasanya yang dirazia dari arah timur (malang)
* Lawang, daerah bakpao telo atau sebelah utara fly over, disini lumayan sering meskipun tidak sering banget... sepertinya sulit cari jalan alternatif disini karena jalan memutar ada jauh sebelum lokasi razia
* Malang timur (pakis), biasanya di timur pasar pakis... jarang sih tapi cukup mengagetkan disini
* Malang timur (Ampeldento), razia biasanya di sebelah utara brimob. Lumayan sering kalau sore, jalan alternatif banyak disini bisa memutar arah kemudian masuk ke timur (ampeldento), atau memutar arah kemudian lewat barat pom bensin. Disini jalannya lurus jadi dari jauh sudah keliatan, kalau ada razia tinggal putar arah cari jalan alternatif
* Malang selatan di Desa Druju (Sumber manjing wetan) di hutan jati perhutani, disini lumayan sering biasanya dari dua arah. Akan tetapi pengguna jalan daerah ini biasanya saling memberi tanda jika ada razia biasanya dari arah berlawanan mereka sudah mengingatkan motor lain, mereka bilang "cegatan".
Tandanya juga terlihat jelas apabila dari arah selatan (sumbermanjing wetan) yakni banyak motor yang berhenti di pinggir jalan
* Malang selatan daerah bendungan karangkates, lokasinya tidak tentu akan tetapi masih disekitar perbatasan malang blitar, depan karangkates sampai 300 meter utara karangkates.
Area aman razia
Di kota sebenarnya relatif aman dari razia kecuali yang disebutkan diatas, akan tetapi jika ada ketidakberesan misalnya tidak membawa helm meskipun tidak ada razia juga akan ditangkap/ ditilang.
Di daerah pedesaan (kabupaten malang) hampir semua relatif aman meskipun tidak memakai helm kecuali yang disebutkan di atas, razia di kabupaten sebenarnya relatif jarang jika dibandingkan di kota akan tetapi juga cukup mendebarkan kalau tiba-tiba ada cegatan.
Berikut ini adalah daerah yang aman razia meskipun tidak memakai Helm atau apapun:
* Wagir
* Bandulan
* Karangploso
* Pakis
* Tumpang
* Poncokusumo
* Wajak
* Sumbermanjing wetan
* Sumbermanjing kulon (selain daerah karangkates)
* Gunung kawi
Tips Menghindari Razia
STNK saya sudah ada 4 tahun hilang, nah berikut tips yang saya gunakan agar terhindar dari razia:
1. Waktu, usahakan sepagi mungkin berangkat. Biasanya razia kendaraan dimulai paling pagi jam 6, Nah pecinta otomotif bisa berangkat jam 5 atau setelah subuh. Tips ini sangat ampuh, selain bebas razia, bebas macet juga bebas polusi
2. Cuaca, biasanya razia dilakukan pada cuaca yang cerah kadang-kadang mendung. Razia akan berhenti saat gerimis datang/ hujan. Nah manfaatkan cuaca gerimis atau hujan ini, dijamin deh meskipun gak make helm juga gak akan dikejar heheheh
3. Perhatikan siyal dari pengendara lain, biasanya ada yang bilang razia/ cegatan dari arah yang berlawanan itu tandanya di depan ada razia. Banyak kendaraan yang berhenti di pinggir jalan (terutama roda dua) maka berhentilah sebentar dan tanyakan pada orang sekitar ada apa di depan. Ada keramaian didepan (terutama jika banyak motor minggir), berhentilah dari jauh amati dan tanyakan ada apa di depan.
Jika pecinta otomotif kena tilang maka jangan pernah membayar kepada polisi, bayarlah dipengadilan karena itu adalah aturannya... tidak mahal kok, dulu tahun 2014 saya kena tilang tidak punya SIM, Helm tidak standart, melanggar jalan (3 kesalahan) hanya kena 150 ribu
Sumbangan Saran
Nah di atas ada banyak tempat yang kami sebutkan sering terjadi razia, akan tetapi tentunya masih banyak tempat yang luput dari pantauan kami. Harapan kami adalah pembaca bisa share pengalaman tempat-tempat yang sering terjadi razia sehingga menambah wawasan/ pengetahuan pembaca lain dan memperkaya artikel ini.
Yang dari luar kota juga boleh, siapa tahu bermanfaat untuk pembaca dari luar kota???

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini