Isofix adalah? Cara menggunakan Isofix

Isofix adalah sebuah standar keselamatan untuk anak berupa sebuah kursi yang dirancang memiliki sabuk pengaman yang sesuai dengan tubuh anak kecil, isofix sendiri sebenarnya bukan terbatas hanya pada produk (kursi) akan tetapi lebih pada sebuah standar/ sistem keselamatan yang mana Isofix sebenarnya adalah kependekan dari "International Standard Organizations Fix" (standar keselamatan internasional).

Isofix sebagai sebuah standar keselamatan bermula dari tahun 90an akhir yang mana terjadi kebingungan bagaimana agar mobil dapat juga menjamin keselamatan pada anak-anak, akhirnya di eropa dibuatlah sistem keselamatan tersebut.
Sistem keselamatan ini secara prinsip adalah:
1. Menciptakan tempat duduk yang sesuai untuk kontur anak-anak
2. Menciptakan tempat duduk yang bisa menjaga agar anak tidak lepas dari kursi tersebut meskipun bergoyang-goyang, salah satunya dengan adanya "sayap" pada pinggir kursi isofix
3. memperbaiki sabuk pengaman untuk anak dengan desain tertentu yang bisa menjaga tubuh anak tetap dalam isofix meskipun ada benturan.
Berbeda dengan sabuk pengaman biasa yang kurang pas untuk tubuh anak, apabila terjadi benturan maka anak bisa terpental kedepan jika sabuk pengaman tak sesuai ayau bahkan tak memakai sabuk pengaman.
Child Seat
Child Seat sebuah kursi khusus yang didesain sesuai ukuran anak-anak dan memiliki fasilitas sabuk pengaman yang juga sesuai untuk anak, kursi ini bisa dikaitkan pada kaitan "isofix" yang ada pada kursi (seat) mobil yang memiliki sistem isofix. Tidak semua kursi mobil dapat dikaitkan dengan kursi anak ini.
Child Seat ternyata bermacam-macam, cara mengaitkannya berbeda dan besarnya pun berbeda-beda. Sebelum membeli child seat pastikan dulu bahwa pada mobil tersedia kaitan child seat (sistem isofix), jika tidak ada maka cobalah bertanya pada penjual apakah ada cheald seat yang langsung bisa dikaitkan pada sabuk pengaman (karena beberapa cheald seat bisa langsung dikaitkan dengan sabuk pengaman mobil) meskipun untuk keselamatannya tidak sebagus dengan kaitan isofix.
Jika pecinta otomotif membeli Child Seat maka sesuaikan dengan umur anak dan ukuran tubuh anak, biasanya child seat digunakan untuk anak usia dibawah 1 tahun sampai 9 tahun. Setiap child seat juga berbeda-beda konstruksinya, artinya sebelum membeli pastikan konstruksinya sesuai dengan mobil kita. Pelajari pula bagaimana cara mengaitkan dan menguncinya melalui buku panduan child seat karena biasanya setiap chid seat dilengkapi dengan buku panduan
Cara mudah memilih Child Seat
Nah ada cara yang cukup mudah sebenarnya untuk memilih child seat yang sesuai dengan mobil kita maupun anak kita. Jika kita melihat bahwa untuk mobil baru seperti avanza, mobilio, ertiga, HRV semuanya dilengkapi dengan isofix dan hal ini bisa dimanfaatkan.
misal pecinta otomotif ingin memasang child seat untuk mobil Avanza
Pecinta otomotif tinggal bilang "saya mau membeli cheald seat untuk mobil Avanza dengan usia anak 3 tahun misalnya. Maka pihak penjual biasanya dengan cepat akan mengenali child seat yang cocok untuk isofix avanza untuk usia anak 3 tahun, akan tetapi jika kebetulan anak memiliki postur yang besar maka bisa dicoba dulu duduk di cheild seat apakah sesuai atau tidak jika tidak maka bisa memakai yang untuk anak ukuran 4 tahun

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini