Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Setelah beberapa waktu lalu permintaan untuk menjadi tuan rumah motoGP dilakukan di Indonesia, kali ini sudah hampir dipastikan event balap motor terbesar di dunia tersebut bakal terlaksana di tahun 2017 di Sirkuit Sentul, Kab. Bogor, Prov. Jawa Barat Indonesia.

Hal ini setelah ditandatanganinya kontrak antara pemerintah Indonesia dengan pihak Dorna Sport sebagai pihak yang berwenang menangani balap motoGP, Letter of Intent (surat perjanjian pelaksanaan lomba) ini ditandatangani oleh mentri olahraga dan perwakilan Dorna Sport yang memuat rencana pelaksanaan dan kualitas sirkuit.
Saat ini Sirkuit Sentul sudah mulai direnovasi oleh Hermann Tilke, arsitek kelas dunia yang sering membuat sirkuit internasional di seluruh dunia, dijelaskan oleh Tinton Soeprapto sebagai Dirut Sirkuit International Sentul bahwa awal Bulan Desember 2015 seluruh bangunan sentul akan diratakan dengan tanah dan langsung dibangun bangunan baru, kemudian bulan april 2016 aspal mulai diganti dengan aspal berkualitas tinggi. Aspal memang sengaja dibuat agak mundur untuk menghindari musim hujan agar kualitas tetap terjaga sampai pelaksanaan motoGP.
Menurut kontrak atau LOI pihak pemerintah dengan Dorna Sport pelaksanaan motoGP akan dilakukan 3 tahun (2017, 2018, 2019), dimana sebenarnya adalah 5 tahun akan tetapi pihak Indonesia memperpendek waktu untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan penurunan kualitas sirkuit.
Perbaikan yang diperkirakan menghabiskan dana 200 milyar rupiah ini nantinya akan bermanfaat jadi sirkuit yang lebih berkualitas dan mendatangkan uang bagi negara, jika motoGP sukses bisa jadi balap F1 juga dislenggarakan di Sentul. Banyak event balap yang bisa dislenggarakan dengan level asia dan international dimana setiap balap yang dislenggarakan maka pihak penyelenggara akan membayar sewa ke Indonesia.
Untuk desain baru Sirkuit Sentul kira-kira seperti site plan berikut

Nah buat pecinta motoGP di Indonesia sudah bisa mempersiapkan diri :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini