Pertamax Racing Cocoknya untuk BBM Mobil apa sih?

Pertamax Racing adalah BBM dalam jenis petrol/ gasoline/ bensin dengan nilai oktan 100, tahun 2002 Pertamina secara resmi telah menjual BBM dengan kadar oktan 100 yang terdistribusi pada SPBU rekanan pertamina (50% SPBU pada tiap kota kami liat menjual produk ini). Pertamax Racing adalah upaya pertamina menghadirkan BBM untuk mobil kelas atas (Ferari, Mercedes/ BMW Supercar, Porsche, dll), untuk masalah harga pertamax racing ini menurut pihak pertamina sudah sesuai dengan harga pasar international, untuk Bulan Oktober 2015 pertamax racing dijual dengan harga 62.500/ liter cukup mahal bukan :-)... apa sih yang gak mahal di indo
Pertamax Racing ini sampai saat ini dijual dalam kemasan kaleng kemasan tertentu atau tidak melalui pompa SPBU seperti BBM lain, hal ini karena peminatnya masih sangat sedikit jika dibandingkan peminat BBM lain sebut saja premium.
Pertamina mengatakan bahwa begitu dilepas ke pasaran BBM jenis ini cukup banyak peminatnya seiring dengan banyaknya mobil-mobil sport (mewah) di indonesia yang membutuhkan BBM dengan kualitas baik, jika di negara tetagga kita (malaysia) BBM wajib yang wajib dipakai oleh masyarakat adalah BBM dengan RON 97,,, wah mendekati 100 nilai oktannya (mendekati pertamax racing) sedangkan untuk harganya mengikuti harga internasional yakni cuma 2,45 ringgit atau 8000 rupiah...hah murah banget ya BBM di malaysia :-)
Jadi bisa dikatakan untuk jaman sekarang BBM dengan nilai oktan 95 sebenarnya sangat ketinggalan, tapi di indonesia kita ada beberapa BBM yang ketinggalan yakni premium ron 88, pertalite ron 90, pertamax ron 92, pertamax plus ron 95. Di Malaysia BBM RON 95 memang masih ada akan tetapi penggunaannya untuk hanya untuk mobil-mobil milik polisi (negara), sedangkan warga sipil hanya diperbolehkan membeli BBM ron 97 dengan harga 8000 rupiah, padahal mereka juga sudah menghilangkan subsidi lho alias menerapkan harga internasional, tapi mengapa berbeda dengan di Indonesia ya??
Sebuah mobil jaman sekarang memang layaknya meminum pertamax plus, gak layak kalau masih meminum pertamax (ron 92), nah kita coba kutip testimoni pertamina tentang pertamax racing
Nah lalu berapa rasio kompresi mobil-mobil di Indonesia? Honda Jazz, Toyota Avanza, Honda Brio, Toyota Yariz, dll semua memiliki rasio kompresi mesin 11:1... mobil keluaran mulai tahun 2000an sudah memiliki sistem kompresi di atas 10:1 bahkan sekarang sudah lazim 11:1 seperti avanza, jazz, dll.
Harusnya jika melihat pernyataan pertamina di atas maka Avanza dan Jazz sebenarnya ini konsumsi BBM yang semestiya... Jadi jika pecnta otomotif memiliki mobil yang bagus misalnya Mercedess G Class jangan diisi pertamax ya,,, bukan salah mobilnya tapi salah yang jual BBM (pertamina) , kita diberi BBM sampah dengan harga selangit.
Jadi kalau dikembalikan pada pertanyaan judul "Pertamax Racing Cocoknya untuk BBM Mobil apa sih?", jawabnya idealnya untuk mobil-mobil keluaran terbaru 2010 sampai sekarang karena mobil-mobil tahun ini rata-rata memiliki rasio ompresi lebih dari 10:1
Dan apakah bisa mobil Sport BMW dan Mercedes memakai BBM ini (pertamax racing)? justru dianjurkan, jangan sampai diisi pertamax plus

4 komentar:

  1. Yang cocok pakai bensin Pertamax Racing adalah mobil sport balap tingkat tinggi / Superior seperti Lamborgini. Kalau untuk mobil mewah non Sport seperti Mercedes Benz, BMW, Jaguar, dll aku rasa sudah cukup pakai Pertamax Plus RON 95.

    BalasHapus
  2. Justru ketika kemarin saya ngobrol dengan teman saya dari berbagai negara salah satunya malaysia dan jerman, RON terendah yang mereka gunakan malah 98. Itu untuk mobil pribadi seperti proton. Berbeda dengan di jerman mereka lebih memilih menggunakan kendaraan umum, karena bagi mereka memiliki kendaraan pribadi membuat mereka rugi (untuk kalangan kelas atas)

    BalasHapus