Penjualan Mobil Terlaris September 2015

Memasuki Oktober 2015 masing-masing APM otomotif di Indonesia mulai merilis hasil penjualannya sebulan yang lalu "September 2015", hal ini mencuat ke publik karena biasanya di akhir tahun merupakan evaluasi dari penjualan masing-masing merk.
Yang menjadi catatan kami Honda mobilio semakin tertinggal jauh dengan Toyota Avanza meskipun masih menempati urutan kedua, jika di awal-awal tahun 2014 penjualan mobilio sudah berada di dekat Avanza (separo dari avanza), akan tetapi makin tahun makin tertinggal oleh avanza.
Pada bulan lalu (September 2015) Avanza berhasil mencatatkan penjualan di angka 16 ribu unit sedangkan Mobilio hanya terjual sekitar 3900 unit atau hanya seperempat penjualan avanza, nah dari sini pihak Honda harus menyadari kelemahannya dalam melakukan inovasi produk dan marketingnya.
Penjualan tahun 2014, mobilio sebagai kuda hitam
Menurut www.mobilku.org honda mobilio yang pada awal-awal menggebrak pasar otomotif tanah air sempat membuat was-was Toyota ternyata tidak mampu meruntuhkan dominasi avanza, hal ini disebabkan oleh minimnya varian mobilio (hanya satu mesin) sedangkan avanza sampai saat ini memiliki 3 varian mesin. Mobilio juga tertinggal akibat minimnya inovasi produk, dari awal pertama keluar sampai sekarang (hampir 2 tahun) honda mobilio tidak melakukan penyegaran sedikitpun baik interior/ ekstrior/ mesinnya. Sedangkan avanza sudah berkali-kali memperbaiki produknya dan dengan konsep pemasaran yang berbeda-beda.
Suzuki Ertiga juga terjerembab di posisi ke 9 mobil terlaris bulan September, padahal sebelumnya Ertiga pernah berada persis di bawah mobilio dan diatas Xenia. Daihatsu Xenia sendiri menyodok ke posisi ke tiga mobil terlaris, hal ini tak lepas dari dikeluarkannya varian terbaru yakni Great New Xenia yang ternyata cukup menguatkan pasar Xenia.
Mobil-mobil terlaris ini memang masih di dominasi MPV seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio dan Innova. Akan tetapi beberapa jenis mobil mulai mengisi celah-celah diantara MPV yakni mobil jenis SUV seperti Honda HR-V yang berada di peringkat ke 7 dan Toyota Rush yang berada di peringkat ke 10. Mobil-mobil LCGC juga ternyata mendapat porsi yang cukup besar di pasar otomotif tanah air terbukti dengan bertenggernya Toyota Agya pada peringkat ke 4 mobil terlaris dan Honda Brio Satya yang mengisi posisi 6 mobil terlaris bulan lalu.
Nah berikut adalah peringkat mobil terlaris Bulan September 2015, beserta penjualan yang berhasil diraih diurutkan dari atas:
Toyota Avanza: 16.332 unit
Honda Mobilio: 3.970 unit
Daihatsu Xenia: 3.619 unit
Toyota Agya: 3.604 unit
Toyota Innova: 3.529 unit
Honda Brio Satya: 2.983 unit
Honda HR-V: 2.959 unit
Daihatsu Ayla: 2.811 unit
Suzuki Ertiga: 2.580 unit
Toyota Rush: 2.218 unit

2 komentar:

  1. Ruang kabin honda mobilio lebih sempit sehingga kurang diminati

    BalasHapus
  2. Tarikkan roda depan membuat mobilio kalah saing di banding avanza jika diisi penuh

    BalasHapus