Civic Tourer, Civic MPV untuk Perjalanan Jauh

Honda sepertinya bakal memiliki mobil MPV baru kelas premium nih, MPV terbaru Honda tersebut dimasukkan dalam varian Honda Civic yakni Civic MPV atau nama resminya Civic Tourer. Seperti diketahui bahwa Honda Civic adalah mobil keluara honda yang memiliki keunggulan pada kemampuan mesin, akselerasi, kelincahan, kemewahan dan kualitas mobil.

Sejak tahun 90an Honda Civic selalu sukses dipasaran (tidak pernah mati), dari jaman ke jaman civic termasuk mobil kelas atas yang dibuat selalu lebih baik dari jenis mobil lain seperti Jazz, Mobilio, Brio dll. Bisa dibuktikan bahwa Honda Civic keluaran 90an masih enak digunakan sampai sekarang, mesin yang halus dan suspensi yang berkualitas menjadikannya awet dengan penurunan performa sangat lama.
Kali ini Honda mengeluarkan Honda Civic Tourer, ada 2 kemungkinan:
1. Honda akan membuat mobil MPV berkualitas dengan cara memanfaatkan image Civic
2. Honda civic sengaja diperkuat namanya dengan varian MPV
3. Civic sedan akan digantikan dengan Civic MPV
Apapun alasannya yang jelas kemunculan mobil berjenis MPV kelas menengah ini bakal menyedot pasar mobil di seluruh dunia.
Menurut pihak Honda, Civic Tourer diciptakan untuk kepraktisan berkendara dalam membawa barang dan penumpang. Untuk membawa barang yang lebih banyak, bagasi Civic Tourer dibuat lebih banyak menampung barang dengan volume muat sebesar 1668 liter (wah 1000 liter lebih),sementara untuk mesin memakai mesin bensin I-DTEC 4 silinder 1600 cc yang memberikan tenaga maksimum 120 Hp dengan torsi maksimum 300 Nm
Untuk akselerasi dan handling mobil civic sangatlah baik, sistem kemudi ini yang kemungkinan akan dibenamkan pada Civic MPV (bisa dikatakan karakter MPV ini mirip dengen honda civic, akan tetapi memiliki kemampuan lebih dalam hal membawa barang atau memuat penumpang).
Jika Honda Civic terkenal lincah dan enteng maka Civic Tourer pun tak jauh berbeda dengan Civic Sedan.
Konsumsi bahan bakar Civic Tourer ini diklaim honda sebesar 26:1 sangat hemat bukan 26 km hanya dengan 1 liter BBM, sedangkan pengjian dilakukan di jepang tentunya dan bahan bakar yang dipakai biasanya dengan oktan 97 ke atas (bukan pertamax jelasnya)
Tim Riset and Development Honda Eropa melakukan pengujian untuk mobil ini dengan menempuh perjalanan sejauh 13.498 kilometer, sedangkan untuk rata-rata konsumsi BBMnya adalah 2,82 Lt/ 100 km itu artinya konsumsi BBM rata-rata mobil ini pernah mencapai 1:35 atau 1 liter BBM untuk 35 Kilometer sampai tercatat di Guinnes World Record. Untuk akselerasi Civic Tourer mampu melesat dari kecepatan 0 KPJ ke 100 KPJ hanya dalam waktu 10,1 detik
Mobil yang ditampilkan di Frankfurt Motorshow 2015 ini diperkirakan bakal masuk pasar tahun depan di Eropa, mengingat Civic Tourer sudah diuji dengan perjalanan real menempuh jarak 13.000 kilometer lebih, kemungkinan masuk Indonesia juga sangat besar besanding dengan Civic Sedan

3 komentar:

  1. mas, saya mau nanya biaya ganti oli metik dan ganti oli metik nya saja dan berapa kali harus dikuras.?
    terimakasih sebelum nya.

    BalasHapus
  2. mas, saya mau nanya biaya ganti oli metik dan ganti oli metik nya saja dan berapa kali harus dikuras.?
    terimakasih sebelum nya.

    BalasHapus
  3. +muhammd rohman: apa yang dimaksud adalah mengganti oli transmisi matic?
    kalau oli transmisi matic idealnya diganti tiap 20 ribu kilometer sampai 40 ribu kilometer sekali,,,
    biayanya sekitar 500 ribu....
    pembahasan tentang oli matic sudah kami ulas di:
    http://www.mobilku.org/2015/10/tips-mengganti-oli-transmisi-matic.html

    BalasHapus