Mobil Terlaris tahun 2015: Avanza, Mobilio, Agya, Ertiga, Xenia

Jenis MPV atau mobil keluarga masih mendominasi penjualan mobil tahun 2015 ini paling tidak selama 8 bulan terakhir (Januari sampai Agustus 2015), tercatat dari 6 besar mobil terlaris 5 diantaranya berjenis MPV sedangkan hanya 1 yang berjenis City Car, 1 diantara 5 MPV terlaris tersebut terdapat 1 model yang merupakan MPV kelas menengah sedangkan 4 MPV terlaris berasal dari Low End MPV (kelas bawah). untuk Model SUV masih belum mampu mengalahkan penjualan MPV meskipun promosi dan produk baru model SUV terus bermunculan seperti Honda BRV, Hilux, Triton, dll.
Avanza
Toyota Avanza masih mendominasi pangsa pasar MPV tanah air, mobil dalam kategori Low MPV ini total memperoleh penjualan lebih dari 112 ribu unit. Mobil ini dibekali dengan mesin 1300 cc dan 1500 cc, nah saran kami membeli yang 1500 cc menjadi pilihan yang baik karena tenaganya bisa dibilang cukup untuk mobil berpenumpang 7 orang. Untuk Avanza 1300 cc cukup banyak yang mengeluhkan berat di tanjakan, selisihnya tidak jauh sekitar 20 sampai 30 juta rupiah.
Honda Mobilio
Honda mobilio menjadi mobil terlaris ke dua dengan mencatatkan penjualan lebih dari 59 ribu unit selama 8 bulan terakhir, mobil berjenis MPV ini sekarang dijual dengan harga sekitar 176 juta rupiah (termasuk termurah) jika dibandingkan dengan avanza 1500 cc paling murah masih 211 juta rupiah. Sedangkan kelebihan honda mobilio ada pada power/ tenaganya dimana mesin mobil MPV Low End ini mampu memberikan tenaga sebesar 118 Hp, masih lebih unggul meskipun dibandingkan dengan Avanza 1500 cc dengan harga 211 juta (tenaga mesin avanza 108 Hp)
Penjualan honda mobilio langsung menggebrak saat ia pertama kali dikeluarkan karena kemampuan dan kenyamanannya, akan tetapi mobil ini masih belum bisa mendominasi pasar mobil MPV karena avanza begitu melekat di masyarakat Indonesia.
Toyota Agya
Toyota Agya menjadi satu-satunya wakil dari jenis non MPV yang masuk dalam 6 besar mobil terlaris di Indonesia, mobil yang berplatform LCGC dengan mesin 1000 cc dan jumlah silinder 3 buah saja ini banyak digemari karena harganya yang relatif murah (sekarang varian termurah seharga 110 juta rupiah). Mobil ini tergolong murah untuk ukuran mobil di indonesia, akan tetapi sebagai mobil LCGC Toyota Agya terbilang mahal dengan harga sekitar 110-132 juta rupiah.
Sebagai perbandingan mobil LCGC lain seperti karimun wagon R yang masih dijual sekitar 92 juta rupiah, sedangkan brio satya (LCGC) dijual 116 juta rupiah varian terndah. Brio satya ini sedikit lebih mahal karena memakai mesin 1200 cc dengan 4 silinder (mesin lebih seimbang) tenaga sampai 88 Hp jauh lebih besar dari Agya yang bertenaga 65 Hp.
Selama 8 bulan Agya terjual sekitar 46 ribu unit.
Kijang Innova
Mobil yang berkategori Mid MPV ini ternyata cukup laris, dengan penjualan sekitar 40 ribu unit mobil ini menempati posisi ke 4 mobil terlaris di Indonesia, innova memang memiliki pangsa pasar yang cukup luas baik luar negri maupun dalam negri dimana tidak sedikit mobil ini yang diekspor ke timur tengah sehingga penjualannya sangat stabil (di timur tengah mobil ini juga digemari).
Kijang Innova memiliki kelebihan pada kenyamanan berkendara, safety mobil, mesin lumayan dan purna jual yang stabil. Mobil kelas menengah ini dibekali mesin berkapasitas 2000 cc dengan tenaga/ kemampuan maksimum 136 Hp (tenaga kuda), mobil ini ada yang bermesin diesel dan bermesin bensin.
Kelemahan Kijang innova adalah termasuk boros bahan bakar, dimana konsumsi BBM Innova bensin berkitar 1:7 untuk rute dalam kota dan 1:10 untuk rute jalan bebas hambatan
Suzuki Ertiga
Ertiga merupakan mobil MPV dari Suzuki, mobil yang kali ini sudah memiliki model facelift ini dijual sekitar 179 juta rupiah untuk varian termurah. Pecinta otomotif cukup menyenangi Ertiga karena kualitasnya yang lumayan baik jika dibandingkan dengan Rivalnya (Low MPV), kualitas kabin mobil yang tergolong mewah dengan material jok kulit berkualitas, material dashboard dan interior yang berkualitas.
Suzuki ertiga ini banyak disebut Mini Alphard (mobil murah tapi bagus dari sisi material mobil), untuk mesin mobil berkapasitas 1400 cc ini termasuk standar yakni sekitar 95 Hp diatas Avanza 1300 cc (92 Hp).
Suzuki ertiga juga digemari karena desain eksterior yang tidak membosankan (sederhana tapi menyenangkan dilihat), sedangkan untuk dalam kabin mobil ini termasuk sangat lapang untuk MPV kelas bawah sehingga penumpang menjadi cukup nyaman di dalam mobil (tidak berdesakan), atap kabinyang tinggi juga memberikan ruangan kepala yang luas sehingga penumpang tidak merasa stress dan mudah lelah.
Daihatsu Xenia
Mobil MPV kelas bawah keluaran daihatsu menjadi mobil terlaris ke 6 di indonesia, dengan penjualan total selama 8 bulan adalah 32 ribu unit. Daihatsu xenia dibekali dengan 2 tipe mesin yakni mesin 1300 cc dan 1000 cc, untuk tenaga Xenia 1300 cc sekitar 92 Hp sedangkan Xenia 1000 cc memiliki tenaga sebesar 63 Hp.
Saran kami adalah membeli xenia yang 1300 cc karena tenaga lumayan cukuplah, jika xenia yang 1000 cc itu tenaganya lebih kecil dari Ayla (karena bobot mobil yang lebih berat), keluhan juga banyak berdatangan untuk xenia 1000 cc seperti jalan yang ndut2an ataupun berat saat menanjak.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini