Mobil Terlaris Suzuki di IIMS masih dipegang Ertiga

Selama pameran Indonesian International Motor Show kemarin Suzuki mencatatkan penjualan sebanyak 648 unit mobil dengan komposisi penjualan sebanyak 40 % disumbangkan oleh New Ertiga (262 unit) sedangkan sisanya masing masing dipegang oleh:
Suzuki Carry 157 unit
Suzuki Wagon R 109 unit
Suzuki APV
Suzuki Swift
Suzuki Splash
Suzuki Celerio
Suzuki Ciaz
Suzuki Grand Vitara
Sebenarnya dari jumlah penjualan Ertiga memang cukup lumayan, akan tetapi jika dibandingkan dengan MPV Low End produsen lain seperti toyota avanza dan honda mobilio, Suzuki Ertiga bisa dibilang jelek dari sisi penjualan.
Padahal secara kualitas Suzuki New Ertiga sebenarnya tidak kalah dengan rivalnya (mobilio dan avanza), dari sisi material Ertiga lebih baik sedangkan dari mesin Ertiga juga mengalami pembaruan dengan mesin yang lebih efisien hemat bahan bakar....baca ulasan kelebihan new ertiga disini
Trend Mobil Niaga Suzuki
Nah dari deretan mobil terlaris besutan suzuki ternyata Suzuki Carry masih menjadi andalan Suzuki yang mana saat pameran menempati posisi ke dua dengan penjualan 157 unit, Carry sebenarnya adalah mobil jenis Niaga/ microbus yang dikeluarkan suzuki mulai 30 tahun yang lalu dan sampai sekarang masih menjadi primadona.
Nah lantas apa rahasia Suzuki? kesuksesan Carry ini terletak pada kepandaian suzuki dalam melihat kebutukan konsumen/ pasar yang mana masyarakat indonesia secara umum masih menginginkan mobil niaga/ mobil yang bisa mengangkut banyak penumpang atau banyak barang. Seperti suzuki carry ini mampu mengangkut 8 orang penumpang dengan nyaman (tidak berdesakan), bahkan dulu waktu kursi baris ke 3 saling berhadapan Carry bisa muat 9 orang penumpang (nah luar biasa bukan?)
Sebenarnya konsep banyak penumpang+banyak barang+ruangan lega ini juga diterapkan pada hampir semua mobil keluaran suzuki:
- Suzuki Splash, mobil ini memiliki kelebihan pada desain yang lapang dan ketinggian mobil yang hampir setara MPV. mobil ini sangat nyaman digunakan dengan ruangan kepala yang sangat longgar, banyak morang menyebut suzuki Splas adalah mini MPV
- Suzuki AVP mobil ini termasuk jenis niaga juga dengan kemampuan angkut setara suzuki carry
- Wagon R, desain eksterior yang tinggi juga membuat daya angkut mobil menjadi besar
- Grand Vitara, meskipun mobil jenis SUV akan tetapi desain eksteriornya besar dan volume angkut juga besar.
Nah sebenarnya yang diinginkan suzuki adalah mobil multiguna/ fungsional yang nyaman, meskipun suzuki tidak banyak berinovasi pada fitur-fitur yang canggih akan tetapi mobil-mobil keluaran suzuki memiliki pasar fanatik tersendiri yang sulit digeser meskipun tidak sebesar pasar mobil toyota atau honda.
Bagi pecinta otomotif yang lebih mementingkan fungsi daripada image maka bisa memilih Suzuki sebagai alternatif, keunggulannya: mesin handal, perawatan murah, sparepart banyak, daya muat banyak.
mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini