Ayla dan Agya Airbags dapat Bintang 4

Beberapa hari lalu ITB bekerja sama dengan Asean NCAP melakukan uji tabrak pada salah satu mobil LCGC di Indonesia yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, uji tabrak ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keselamatan penumpang saat mobil mengalami tabrakan pada kecepatan tertentu (60 km/jam). Uji tabrak ini sendiri memang dilakukan di Indonesia dengan sasaran beberapa mobil LCGC (lokal) Indonesia, sebelumnya tes dilakukan pada datsun go+ panca dengan hasil bintang 2.
Uji tabrak ini dilakukan pada Agya dan Ayla Airbags, untuk penumpang dewasa hasil uji tabrak mobil kembar ini mengantongi sertifikasi bintang 4 (lumayan bagus), sementara untuk penumpang anak-anak kedua mobil ini mendapatkan rating bintang 3.
Untuk uji tabrak dari samping Agya dan Ayla juga dikatakan lulus uji tabrak, karena mobil ini sebenarnya sudah memiliki desain rangka yang mampu meratakan benturan ke semua bagian mobil (standar keselamatan rangka toyota). Jadi untuk kesimpulan sistem keselamatan pada ke dua mobil ini berkategori bagus untuk kelas mobil murah LCGC.
NCAP sendiri adalah sebuah standar untuk sistem keselamatan mobil ketika berhadapan dengan benturan, NCAP ada di masing-masing benua misalnya di eropa ada Europan NCAP di Amerika juga ada American NCAP meskipun sertifikasi keselamatan berkaitan dengan benturan bukan hanya NCAP saja. Sertifikasi NCAP sudah diakui di dunia dan bisa menjadi rujukan sistem keselamatan mobil.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini