Toyota Sienta, MPV irit yang akan Keluar Tahun 2016

Toyota Sienta adalah mobil jenis MPV (mobil keluarga) yang isunya bakal keluar di Indonesia tahun 2016, mobil ini memiliki keunggulan pada konsumsi BBM yang cukup irit dimana untuk mesin 1500 ccnya Sienta mencatatkan konsumsi BBM sekitar 1:20,6 (1 liter BBM untuk 20,6 km), sedangkan untuk Toyota Sienta Hybrid memiliki konsumsi BBM sampai 1:27,2. Uji konsumsi bahan bakar tersebut dilakukan di Jepang yang mungkin akan berbeda jika di Indonesia mengingat karakter jalannya berbeda, kepadatan mobilnya, bahan bakar juga berbeda.
Toyota Sienta Specs
Toyota Sienta Have dimensions
length (panjang): 4100 mm,
Width (lebar): 1695 mm,
Heigth (tinggi) 1670 mm,
Wheel base (jarak sumbu roda): 2700 mm,
Ground clearance (jarak terndah dengan tanah): 140 mm,
Turning radius (radius putar) 5,2 meter,
Brake (rem): front use disc (cakram), belakang memakai tromol or drum in rear brake system
Top speed (kecepata maksimum): 170 km/h
Fuel type: gasoline/ petrol (bensin)
Recomendation Fuel Grade (kualitas BBM yang direkomendasikan): RON 95 (setara pertamax plus)
Kapasitas mesin: 1496 cc (dibulatkan 1500 cc)
Jumlah silinder: 4
Jumlah katup: 16
Transmission: CVT (matic)
Toyota Sienta di jepang ada yang memiliki 7 kursi penumpang, ada yang 6 kursi penumpang, dan ada yang 5 tempat duduk saja, akan tetapi perkiraan kami yang bakal dimasukkan ke Indonesia adalah yang memiliki 7 kursi (hal ini terkait dengan pasar mobil di indonesia yang lebih suka berpenumpang banyak)
Toyota Sienta memiliki desain yang menarik, desain yang sporty dipadukan dengan desain casual menjadikan mobil ini cukup nyaman dikendarai, desainnya mirip honda freed akan tetapi lebih sporty. Memakai pintu geser pada bagian samping mirip dengan Honda Freed, mobil ini memang disiapkan untuk bersaing dengan Honda Freed terutama varian Hybridnya.
Toyota sienta memiliki 2 pilihan mesin yakni bermesin bensin 1500 cc dan bermesin Hybrid (kombinasi mesin bensin 1500 cc dan mesin tenaga listrik), untuk mesin toyota sienta 1500 cc mesinnya tidak jauh beda dengan mesin mobil yang beredar di Indonesia, akan tetapi untuk mesin Hybrid mungkin pecinta otomotif ada yang belum memahami bisa baca sedikit tentang mobil hybrid
Hybrid
Mobil Hybrid adalah mobil dengan mesin perpaduan tenaga bahan bakar minyak dan tenaga listrik, karakter mesin bertenaga minyak adalah memiliki power yang besar sedangkan kelebihan motor listrik adalah minim polusi dan bisa membantu menghemat bahan bakar mesin tenaga minyak, selain minim polusi juga memiliki akselerasi yang super cepat dan stabil tapi kelemahannya ya itu tenaganya terbatas (tidak sebesar mesin bensin/ diesel).
Penggunaan mobil hybrid jika pada kecepatan rendah 0-20 km maka yang memutar roda adalah motor listrik (jadi saat awal menyalakan mobil maka mobil ini bertenaga listrik), akan tetapi jika menyentuh kecepatan 20 km/jam (bisa 40 km/jam tergantung mobilnya) maka seketika mobil akan berubah menjadi mobil tenaga BBM. Nah mengapa secara otomatis mobil berganti dari motor listrik ke mesin BBM, karena pada kecepatan 20 km atau lebih mobil membutuhkan power/ daya ledak yang besar yang tidak jika memakai tenaga listrik.
Spesifikasi Mesin Toyota Sienta
Oh iya untuk tenaga Toyota Sienta juga sudah lumayan dimana mesin 1500 ccnya mampu mengeluarkan tenaga sampai 108 Hp, dikatakan lumayan karena untuk konsumsi BBMnya dengan rute kombinasi mobil ini bisa menyentuh angka 1:18 lumayan bukan. yah beda-beda sedikit sama mesin honda mobilio yang juga 1:18 an dan tenaganya jauh lebih besar yakni 118 Hp
Nah untuk varian satunya (hybrid) mesin bertenaga 73 Hp (mesin bensin) dan motor listriknya isunya bertenaga 60 Hp (kemungkinan salah juga ada, karena 60 Hp itu sangat besar untuk tenaga motor listrik mobil hybrid), hampir sebesar Agya tenaga motornya jika 60 Hp (benar salahnya nanti kita update, karena ini data masih baru dari jepang dan mungkin kesalahan dalam penulisan specs, tapi jika benar berarti mobil ini luar biasa).
Varian Sienta Hybrid inilah yang nantinya menjadi andalan toyota untuk bersaing dengan Honda Freed di seluruh dunia, meskipun kemungkinan yang bakal masuk Indonesia adalah yang bermesin bensin 1500cc (non hybrid saja), karena harga varian Hybrid biasanya sangat mahal (bisa hampir 2x lipat) dan nantinya akan sulit bersaing, mengingat pasar mobil tanah air sangat sensitif terhadap harga.
Harga Toyota Sienta
Di Jepang mobil ini varian terendahnya (paling murah) dijual dengan harga sekitar 13.925 Dollar Amerika, jika di kurskan rupiah dengan kurs 1 dolar= 14.000 rupiah maka harga jual mobil ini adalah Rp.194.950.000. Nah ini adalah harga di jepang untuk varian non hybrid, jika masuk Indonesia paling tidak akan menjadi sekitar 300 jutaan karena pajak dan bea cukai.
Untuk harga resminya kita semua belum tahu, akan diupdate saat mobil ini akan dilaunching tahun 2016 saja :-)
Oh iya mobil ini memakai bahan bakar dengan RON 95, jika di Indonesia adalah pertamax plus, jadi jangan mengisi dengan pertamax karena selisihnya jauh (beda 3 oktan). 1 oktan saja berpengaruh ke mesin apa lagi 3 wah :-)
Dengan BBM RON 95 (pertamax plus) mobil ini mampu melesat 12 detik saja untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan 0 km/jam (diam), yah lumayan lah orang makai pertamax plus. Pengujian konsumsi BBM juga memakai BBM jenis ini (pertamax plus)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini