Penyebab Klakson Mobil Mati/ Rusak

Klakson mobil memiliki fungsi yang cukup penting ketika kita berkendara yakni sebagai alat komunikasi kita dengan pengguna jalan lain, sayangnya seiring usia mobil klakson biasanya sering bermasalah saat usia kendaraan lebih dari 5 tahun, kebanyakan kerusakan klakson adalah tidak bunyi/ mati meskipun kadang juga berbunyi lemah atau malah berbunyi terus-terusan.
Beberapa penyebab kerusakan klakson bisa dari aki yang lemah, diagfragma yang robek/ kendor, setingan yang kurang tepat (berubah) maupun adanya ketidakberesan pada sistem rangkaian kelistrikan klakson (kabel, sekring, saklar, dll)
Kemungkinan klakson yang rusak tidak berbunyi sama sekali disebabkan oleh tidak adanya arus listrik yang masuk ke klakson, sedangkan jika klakson rusak dengan berbunyi terus (tanpa henti) berarti ada kemacetan dalam sistem elektris klakson (terkunci tidak mau membuka), jika klakson hanya berbunyi lirih/ pelan maka ada kerusakan pada diagfragma klakson (bel mobil) dan mungkin juga lemahnya aki.
Nah komponen apa saja yang perlu di cek jika klakson kita bermasalah:
1. Aki
Aki yang mulai habis/ tegangan sudah tidak sesuai biasanya menyebabkan bunyi klakson berubah menjadi kecil/ lirih/ kurang keras. Jika hal ini dibiarkan maka lama kelamaan aki akan soak dan bunyi klakson akan hilang sama sekali. Pertanda lain aki mulai habis adalah lampu yang tidak seterang sebelumnya dan tenaga starter mobil mulai melemah.
2. Kabel
Cek kabel yang menancap pada klakson, dimana biasanya terdapat 2 kabel (kabel massa dan kabel listrik), jika salah satu diantara kedua kabel tersebut lepas (atau keduanya) maka klakson tidak akan mau berbunyi. Cek apakah kabel benar-benar menempel pada klakson (tidak lepas).
3. Baut Platina berubah
Ini juga bisa menjadi penyebab bunyi klakson meninggi atau merendah bahkan mati, settingan baut platina ini bisa berubah akibat benturan atau karena lama digunakan (butuh di stel kembali). Coba setting kembali baut platina dengan obeng, cari setelan yang pas dengan cara membunyikan bel (klakson) sambil distel
4. Switch Horn/ Saklar
Switch Horn (pada mobil) atau saklar (pada motor) bisa menjadi penyebab klakson tidak bunyi, biasanya switch horn kotor oleh debu atau benda lain seperti kemasukan kertas atau yang lain. Cek dan bersihkan Switch Horn/ saklar bersihkan dengan anti karat jika diperlukan
5. Sistem kelistrikan/ kabel-kabel
Rangkaian kabel dari aki menuju menuju klakson juga perlu diperiksa apakah ada yang putus/ rusak/ mengelupas/ berkarat, jika kabel dirasa kurang baik bisa diganti atau diperbaiki. terutama pada sambungan-sambungan kabel yang harus benar-benar bersih
6. Klakson kotor
Jika klakson banyak kotoran maka bisa jadi tidak mengeluarkan bunyi, bersihkan klakson dengan cara melepasnya dan membongkarnya lalu dibersihkan dengan kuas/ sikat gigi lembut. Debu yang mengerak menempel pada logam bisa dibersihkan dengan bensin.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini