Mobilio Jadi Taksi Blue Bird? Ini Alasannya

Mobilio adalah mobil jenis MPV 7 penumpang yang sangat handal keluaran Honda Indonesia. Honda mobilio selain dirancang penuh tenaga dengan mesin 1500 cc mobil ini juga memiliki kenyamanan yang mumpuni seperti sistem suspensi, ruangan kabin yang luas membuat penumpang merasa nyaman, AC cukup bisa yang mendinginkan suhu di dalam mobil saat macet dan panas, sistem peredam yang lumayan senyap untuk kelas mobil menengah kebawah.
Kualitas Mesin dan Konsumsi BBM Mobilio
Dan lagi yang paling penting mobil ini memiliki keunggulan pada konsumsi bahan bakar yang irit, tiap tahun mobil ini selalu diuji berapa irit mobil ini. Tahun ini hasil tes keiritan honda mobilio ada yang berhasil mencapai konsumsi BBM 1:23 alasannya kondisi jalan sedikit macet, tes tahun lalu mobilio berhasil mencatatkan konsi BBM sampai 1:27 (1 liter untuk 27 km). Tes keiritan ini meskipun bisa dipakai rujukan akan tetapi ini adalah lomba dimana peserta mengemudikan sedemikian rupa agar seirit mungkin, mobil juga dipersiapkan agar mendukung gaya mengemudi (misalnya tekanan ban tidak terlalu kecil, tidak membawa beban berlebih, dan memanfatkan jalan turunan).
Akan tetapi secara umum honda mobilio memang irit, pengujian rata-rata di kota jakarta dengan rute kombinasi menghasilkan konsumsi BBM sekitar 1:15 km. Hebatnya meskipun irit mobil ini tidak lantas tenaganya kecil, tercatat tenaga honda mobilio adalah 118 tenaga kuda, hal ini berbeda dengan pesaingnya sebut saja avanza terbaru yang memiliki tenaga hanya 104 tenaga kuda padahal avanza juga kalah irit dengan mobilio :-)
Mengapa Honda Mobilio dijadikan Taksi oleh Blue Bird (dipakai sebagai armadanya)?
Nah mengapa Blue Bird memilih honda mobilio sebagai armada taksinya dan bukan Ertiga ataupun Avanza? menurut pihak blue bird sebelum memilih mobil Blue Bird melakukan serangkaian uji untuk memenuhi kriteria stadart perusahaan taxi tersebut mulai kenyamanan, keselamatan, kualitas mesin, interior yang dimiliki, eksterior dan tentunya harga mobil.
Lebih lanjut ujar sumber blue bird bahwa "salah satu yang paling penting pada uji taxi adalah konsumsi BBM (keiritan mobil), Blue Bird mewajibkan mobil yang dipakai sebagai armadanya mutlak harus irit (ini poin yang paling penting)"
Setelah keiritan bahan bakar dan kualitas mesin (tenaga mobil) tidak mungkin juga taksi memakai mobil yang tidak bertenaga, bisa-bisa gak kuat nanjak :-). Fitur interior menjadi pertimbangan seperti kesenyapan kabin, material pada interior/ dashboard/ busa jok atau lainnya, desain eksterior juga harus menarik karena mejadi salah satu penarik konsumen dengan mobil yang terlihat bagus, kenyamanan seperti sistem suspensi yang empuk dan ruangan penumpang yang luas menjadi uji terakhir sebelum melihat harga mobil.
Honda Mobilio dirasa mobil paling baik yang memenuhi standart blue bird dari sekian banyak saingan mobil MPV (Avanza, Xenia, Ertiga, datsun go+, Livina, Spin, dll).
Lantas apa komentar Honda Indonesia mengenai hal ini? mereka hanya bicara singkat bahwa "Blue bird perlu mobil bagus", Ini menandakan kepercayaan konsumen pada produk honda semakin tidak diragukan sehingga mau memakainya.
Peminat Mobilio Menurun, benarkah?
Hal ini sempat menjadi pertanyaan apakah setelah mobilio banyak yang dijadikan taksi membuat penggemarnya (konsumen mobil ini) menjadi surut? ternyata tidak, konsumen tidak mempermasalahkan hal ini toh nanti kalau harga jual kembali mobil turun kan yang turun mobil bekas taksi, sedangkan mobil tanpa bekas taksi juga gak akan turun, ujar salah satu pemakai honda mobilio.
Peminat mobilio memang paling banyak diantara jajaran produk honda lain, tercatat hampir 30% penjualan honda Indonesia bulan Juni 2015, disusul oleh Brio satya yang menempati posisi 2 penjualan terbanyak produk Honda.
Keuntungan  konsumen jika mobilio banyak dipakai sebagai taksi/ angkutan umum adalah spare part mobil makin banyak tersedia dipasaran, jaringan servicepun juga semakin banyak karena mobil yang ada dalam jumlah besar di pasaran. Hal ini mirip dengan Suzuki Carry yang sampai saat ini banyak dipakai untuk angkutan kota (angkot) sehingga pemilik mobil Suzuki Carry tidak mengalami kesulitan soal sparepart yang sangat banyak tersedia dipasaran mulai yang orisinal sampai yang murah meriah :-)
HRD Blue Bird Teguh Wijayanto mengatakan, Honda mobilio akan memberikan kami tambahan daya angkut penumpang, selain pada sisi operasional perawatan honda mobilio lebih mudah dirawat dengan dukungan suku cadang yang cukup terjangkau.
Bahkan kini banyak perusahaan taxi di daerah-daerah kota kecil memakai mobilio sebagai angkutan/ armada taxinya

1 komentar:

  1. Gak papa sah2 saja.. Terserah bos taxinya mau beli kendaraan merk apa buat taxinya..

    BalasHapus