Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah dengan Benar

Mencuci mobil di rumah memang selain menyenangkan karena merawat mobil sendiri juga lebih menghemat uang, benar bukan :-) selain juga tentunya bisa untuk olah raga buat pecinta otomotif yang kurang melakukan olahraga dalam pekerjaannya seperti saya sendiri hehehe....
Mencuci mobil menjadi keharusan jika mobil habis menerjang hujan karena pada dasarnya air hujan mengandung garam (dari air laut) dan air garam sangat efektif menimbulkan karat (jadi paling tidak pecinta otomotif mengguyur mobil dengan air bersih jika habis hujan-hujan)
yang dibutuhkan
Nah apa yang dibutuhkan untuk mencuci mobil sendiri di rumah? paling tidak pecinta otomotif menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut:
1. Sabun cuci mobil
hindari menggunakan sabun selain sabun cuci mobil apa lagi sabun untuk cuci piring karena sifatnya yang keras dapat melunturkan cat dan melunturkan lem/ karet pada mobil. Gunakan sabun cuci mobil atau kalau terpaksa pecinta otomotif bisa memakai shampo karena sifatnya yang tidak terlalu keras.
2. Lap pembersih mobil
Pecinta otomotif bisa membeli lap pembersih mobil yang terbuat dari bahan microfiber atau yang lain yang memang dihkususkan untuk menarik kotoran saat lap diusapkan, bedanya dengan lap/ kain biasa adalah lap biasa hanya mendorong kotoran saja tanpa mampu menyerap/ menarik/ mengikatnya
3. Ember dan slang, gunakan dua buah ember satu ember digunakan untuk mencuci dengan air sabun sedangkan satu ember dipakai untuk membersihkan lap dari air cucian sabun jika diperlukan. SSlang diperlukan saat pembilasan dan membasahi mobil yang kotor.
4. Lap pengering yang halus yang biasa digunakan untuk menarik air, semakin bagus lap pengering biasanya harga semakin mahal :-) lap pengering ini bisa dibeli di bengkel-bengkel perawatan mobil
5. Tempat yang teduh, selain tempat teduh dapat melindungi cat mobil dan suhu mobil kita tempat yang teduh juga membuat mencuci kita lebih menyenangkan dan tidak lekas lelah.
Langkah-langkah Mencuci Mobil
1. Semprot/ basahi kotoran yang bandel dengan air sabun, kotoran yang membandel ini misalnya; getah pohon, kotoran burung, serangga, debu yang mengering, cipratan air hujan yang menjadi bercak dan lain-lain. Tujuan membasahi dengan air sabun adalah agar kotoran rontok atau lebih mudah dicuci nantinya
2. langkah kedua adalah bersihkan ban mobil (bagian kaki-kaki), hal ini jika mobil terlihat kotor maka membersihkan bagian roda dahulu sangat disarankan. Akan tetapi hindari membersihkan roda saat kondisi mobil panas (habis dipakai jauh) karena bisa menimbulkan bercak, tunggu sebentar sampai dingin. Pembersihan roda/ ban ini bisa memakai sabun cuci biasa ataupun menggunakan semir ban (cairan khusus pembersih mobil model spray) dimana penggunaannya bisa dilihat pada artikel sebelumnya

3. Tutup semua jendela dan kap mobil lalu semprot mulai dari bagian atas ke bawah, dari atap mobil lanjut ke bagian kap depan lalu bagian belakang.
4. Setelah disemprot dengan air dari slang maka giliran mencucinya dengan air sabun, gunakan 2 ember dimana ember satunya untuk mencampur air dan sabun serta mencuci mobil sedangkan ember satunya digunakan untuk membilas/ membersihkan lap dari air sabun/ kotoran jika diperlukan.
Dalam melakukan pencucian dengan lap cuci mobil yang didahulukan adalah bagian atas dulu lanjut ke bagian bawah, sedangkan untuk penekanan jangan terlalu keras dan pastikan saat membersihkan kotoran cat dalam keadaan basah (cat yang basah dan dibersihkan tidak terlalu keras bertujuan untuk menghindari lecetnya mobil)
5. Setelah semua bagian eksterior mobil dibasuh/ dilumuri dengan air sabun kemudian lap bisa dibersihkan dengan air biasa yang ada pada ember satunya dan dilakukan pembilasan, semprot mobil yang sudah dibersihkan tersebut dengan air dari PDAM/ slang.
6. Pengeringan, setelah pembilasan selesai maka waktunya pengeringan. Gunakan lap pengering agar pengeringan berlangsung cepat, semakin cepat kering maka resiko bercak dari air (atau air sabun) juga semakin kecil. Tetap jaga mobil di tempat yang teduh agar cat/ karet tahan lama.
Sebisa mungkin bersihkan air yang tersisa karena air yang tersisa bisa menimbulkan karat, apa lagi pada mobil-mobil yang sudah berumur.
Waktu mencuci mobil
Waktu mencuci mobil yang paling baik adalah sebelum jam 8 pagi dan sesudah jam 4 sore, hal ini berfungsi untuk menghindari terik sinar matahari, karena saat mobil dalam keadaan basah ada bintik air maka bintik air bisa berfungsi seperti kaca pembesar yang bisa merusak cat apa lagi jika matahari terik.

1 komentar:

  1. Makasi atas artikel dan saran yg menarik....semoga bermanfaat bagi yg membacanya,,,,,

    BalasHapus